Lebih dari Sekedar Nge-Blog: Perubahan Orientasi Dalam Blogging

Manfaat Mengelola Sebuah Blog


Tepat tanggal 22 Mei 2018 saya membuat blog ini. Sebenarnya ini bukan blog yang pertama aku buat, melainkan ini blog yang kedua. Blog pertama yang aku buat adalah blog download. Yas, i know that is one of prohibited niche.

Awal mula saya membuat blog download sebenarnya karena ikut-ikutan teman. Blog download dia ramai banget pengunjungnya, oleh karena itu saya berpikir, "hmm... sepertinya gampang banget ya nyari visitor dari sebuah blog download".

Dan kubuatlah blog download aplikasi. Baru satu bulan, visitor sudah membludag. Rata-rata 1k pv per hari. Bahkan pernah mencapai 3k pv sehari. Ya, saya tau itu ngga banyak-banyak amat. Tetapi untuk blog yang baru lahir 1 bulan saya rasa itu sudah sangat bagus.

Kira-kira dua bulan, aku memikirkan ulang tentang niche blog tersebut.

"Aduh, lama-lama males juga harus nyari-nyari link downloadnya, kadang linknya nyolong lagi..."

"Kayaknya ada yang salah deh... masa aku ngebagiin aplikasi yang seharusnya berbayar tapi dibagikan gratis... rugi dong developernya."

Pada intinya sih saya merasa sudah nggak ada rasa nyaman lagi untuk mengelola blog download tersebut. Meski visitornya semakin hari semakin banyak, tetapi kalau bukan passionnya memang kurang nyaman.

"Sesuatu yang dipaksakan hanya akan membuat kita tersiksa" mungkin quotes tersebut benar. Dan memang saya merasakannya sendiri. Hampir tiap hari aku membuat artikel download. Sampai akhirnya aku merasa malas dan capek. Dengan pv yang besar pun aku merasa nggak puas. Itu semua karena bukan passionku.

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk menghapus blog tersebut. Walaupun sebelumnya sempat ditawar 500k, tetapi saya tidak melepaskannya. Saya lebih memilih untuk menghapus.

Sampai akhirnya aku membuat blog lagi. Yaitu blog yang sedang kamu bacas ini.

Blog ini awalnya ingin mengusung genre pendidikan, karena memang posisi saya waktu itu sebagai mahasiswa, jadi saya rasa bakalan mudah untuk membuat artikel pendidikan. Tetapi seiring berjalannya waktu, blog ini menjadi gado-gado. Kenapa? Karena saya mengejar trafik...

Artikel pendidikan ada, tekno ada, motivasi ada, pengembangan diri ada. Itu semua saya buat semata-mata untuk mengejar sebuah trafik. Tetapi nyatanya semua itu nothing. Trafik blog ini masih sangat minim, hanya berkisar antara 400-800an.

SAMPAI AKHIRNYA SAYA SADAR...


Membangun sebuah blog itu bukan hanya sekedar sedikit atau banyaknya visitor. Mengelola sebuah blog itu bukan hanya soal earning, bukan hanya soal adsense atau monetisasi lainnya. Membangun sebuah blog itu butuh komitmen, konsistensi dan ketekunan. Dan untuk bisa berkomitmen, konsisten dan tekun, dibutuhkan yang namanya PASSION. 

Passion adalah hal yang paling penting dalam membangun dan mengelola sebuah blog. Jika mengelola sebuah blog tanpa disertai dengan gairah, saya yakin blog tersebut terasa kering dan layu. Sebanyak apapun yang dibikin, jika tanpa passion di dalamnya, semuanya nothing.

Ya, itulah yang saya lakukan setahun ini...

Saya hanya mencari visitor dan earning. Tapi akhirnya sia-sia, ngga ada artinya. Semakin aku berusaha untuk mendatangkan visitor, semakin malas juga aku ngeblog. Entah kenapa, mungkin kondisinya berbeda dengan kalian.

Dan mungkin sekarang aku udah menemukan passionku dalam blogging. Orientasiku mulai bergeser dalam mengelola blog. Dari yang semula ingin mendatangkan visitor melimpah supaya earning melimpah, lama kelamaan mulai terkikis.

Lalu, sekarang apa orientasiku dalam mengelola blog ?

1. Sharing is More Than Earning

Yap... orientasiku sekarang bergeser from earning to sharing. Butuh waktu memang untuk mengubah orientasi seperti ini. Awal saya membangun sebuah blog memang untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Bukan soal nominal, tapi soal kebanggaan.

Aku berpikir kalau aku bisa menghasilkan sejumlah uang dari blogging, itu adalah suatu hal yang sangat membanggakan. Sampai sekarang aku sangat menaruh respect sama orang-orang yang bisa dapat jutaan rupiah per bulan dari blogging. 

Tetapi setelah saya pikir-pikir ada hal yang lebih besar daripada sekedar earning. Yaitu ketika artikel yang saya buat bisa sedikit memberikan dampak positif bagi orang lain. Thats my goal right now.

Bukan... bukan berarti saya mengajak kamu buat nggak usah mentingin earning. Orientasi masing-masing orang berbeda-beda. Kalau kamu bisa mendapatkan earning dan artikel yang kamu buat bisa membawa dampak positif justru itu sangatlah luar biasa. 

Jadi intinya kita harus punya orientasi dalam nge-blogging ya cuy...

2. Ngeblog untuk Mengungkapkan Pendapat

Sampai sekarang, sudah ada 101 artikel yang saya coretkan di blog ini. Tetapi hampir 90%nya saya buat untuk google. Artinya apa? Artikel yang saya buat hanya mementingkan search volume, cpc, dan segala tetek bengek lainnya tentang SEO.

Memang artikel blog yang baik adalah artikel yang memenuhi unsur-unsur SEO. Tapi ya mau gimana lagi, sekarang orientasiku udah beda.

Sekarang aku lebih mengutamakan untuk membuat artikel yang berisi pendapat pribadiku. Walaupun masih dikit, tapi ke depannya aku akan lebih konsisten membuat artikel semacam ini. Perkara ada yang mau baca atau nggak, itu urusan lain deh. Yang penting menurutku, kalau ada satu aja orang yang baca, orang itu bisa memperoleh manfaat dan dampak positif dari artikel yang saya buat. As simple as that.

Dan mungkin mulai sekarang saya akan mengatakan, goodbye SEO.

3. Ngeblog untuk Menambah Kemampuan Diri.

Menurut aku, menurut aku loh yah... ada 3 kemampuan mainstream tapi istimewa yang jarang dimiliki orang. Yaitu, coding, writing, and speaking.

Nggak bisa membayangkan deh kalau ketiga kemampuan itu bisa kumiliki. Pasti aku udah jadi influencer wkwkwkw...

Ya meskipun aku nggak bisa mengembangkan ketiga kemampuan tersebut, setidaknya aku bisa untuk mengembangkan salah satunya. Betul... aku pengin ngembangin kemampuan menulisku. Dari dulu sih pengin banget bisa punya buku. Tapi bagaimana bisa punya buku kalau nulis artikel aja masih belepotan. 

Supaya tulisan saya semakin hari semakin rapi, maka blog ini menjadi sarana saya untuk melatih diri. Entah berapa lamanya semoga saya bisa tetap konsisten untuk berlatih sampai nanti akhirnya saya bisa menjadi penulis beneran... hehehe... doain ya...

Itu aja sih yang pengin aku sampein... Jadi sekarang aku punya tiga orientasi atau prioritas dalam mengelola sebuah blog. Yang pertama, blog ini akan lebih berfokus untuk berbagi. Berbagi informasi tentunya, kalau duit aku nggak punya... Yang kedua, artikel yang saya buat ke depannya akan lebih banyak berisi tentang opini pribadiku tentang fenomena yang ada dan berkembang dalam masyarakat. Yang ketiga, blogging ini aku bakalan manfaatin untuk mengembangkan skill menulisku.

Dan terimakasih ya sudah mampir dan rela menghabiskan waktu buat baca artikel ini. Pengin tahu juga dong, apa sih orientasi kamu dalam blogging? 

22 Responses to "Lebih dari Sekedar Nge-Blog: Perubahan Orientasi Dalam Blogging"

  1. Kalau menyatakan goodbye SEO sepertinya kurang bijak juga. Karena gimana-gimana SEO juga salah satu resep penting dalam blogging.

    Kalau saya pribadi, buat saya ngeblog lebih banyak ke arah jurnal pribadi, media berekspresi, dan sarana berkontribusi buat orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga gan. Mungkin yang dulu SEO itu aku pikirin2 bener2, sekarang udah mulai bodo amat sih gan hehehe.

      Mantap gan. Saya juga mau mengarah ke situ gan.

      Delete
  2. Wahh mantap nih goals ngeblognya untuk ke depan mas bro. Pertahankan.

    Kalau boleh cerita, saya sebenarnya eneg juga ngikutin blog orang yang terlalu berfokus pada SEO sampai-sampai saya gak ngerti lagi dia ngomong apa di blog. hahaha

    Postingan buat orang, bukan buat robot google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Lama-lama saya sapek buat bikin artikel SEO. Karena jadi ngga bebas aja nulisnya

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Top bgt deh alasannya... Kl sy mh msh br belajar aja.. Blom tau kedepannya sprti apa.. Kepinginnya bisa bermanfaat tp kyknya masih jauh... Yg ptg sy udh usaha.. Maslh SEO dan coding ato apalah sy gak phm blas.. Apalg gaya bahasanya yg kaku.. Nyerah deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwkwkw iya mba. Saya udah liat2 blognya mba, tulisannya bagus mba, lebih mentingin human friendly daripada seo friendly

      Delete
  5. Replies
    1. Iya gan, untuk saat ini lebih pengin ngeblog buat sharing pendapat aja

      Delete
    2. saya suka dengan langkah Anda yang Sharing is More Than Earning

      Delete
  6. Yang sangat disayangkan banyak diantara blogger" baru yang hanya mikirin Adsense, semoga aja dengan adanya artikel ini dapat mengubah persepsi mereka bahwa ngeblog bukan cuma soal uang tapi juga passion. Btw ane juga sependapat dengan agan, terus semangat ngeblog nya ganπŸ’ͺπŸ˜ŠπŸ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muakasih gan.... Semangat juga ngeblognya gan...

      Delete
  7. Yang sangat disayangkan banyak diantara blogger" baru yang hanya mikirin Adsense, semoga aja dengan adanya artikel ini dapat mengubah persepsi mereka bahwa ngeblog bukan cuma soal uang tapi juga passion. Btw ane juga sependapat dengan agan, terus semangat ngeblog nya ganπŸ’ͺπŸ˜ŠπŸ‘

    ReplyDelete
  8. nahh saya suka nih yg begini, nulis aja teruss yang penting tulisan bermanfaat buat org banyak. gak usah mikir earning, lambat laun earning yg bakal ngejar kamu. percaya deh.

    ReplyDelete
  9. Sama. Saya lebih ngutamain curhatnya. Hanya beberapa kali ikutan lomba. Sekarang vakum. Hanya ingin sekedar butuh teman curhat lewat blog

    ReplyDelete
  10. Mantap nih...sama kaya ane dulu mikirnya ke earning terus tapi sekarang dah berubah...tapi visitornya sedikit terus nih wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Ngeblog bukan hanya sekadar berorientasi pada penghasilan, konten berkualitas juga sangat penting. Bila konten kita berkualitas, hasilnyapun akan kita raih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel