Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari

Resensi novel perahu kertas

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit resensi novel Perahu Kertas yang merupakan karya ciptaan seorang penulis wanita cantik bernama Dee Lestari atau yang lebih dikenal dengan nama "Dewi Lestari". Dalam resensi novel Perahu Kertas ini, saya akan menyinggung kelebihan, kekurangan, dan menyampaikan saran berkaitan dengan novel tersebut. Tetapi sebelum itu bagi kamu yang belum tau, berikut ini

Resensi Novel Perahu Kertas by Dewi Lestari


Identitas Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari

Judul : Perahu Kertas
Karya : Dewi Lestari / Dee Lestari
ISBN : ISBN 978-979-1227-78-0
Penerbit : Bentang Pustaka Yogyakarta
Editor : Hermawan Aksan
Tebal Novel : XII + 444 halaman ; 20 cm
Cetakan : 2009
Tahun Terbit : 2010
Jumlah Halaman : 444 Halaman

Tentang Penulis Perahu Kertas

Dewi Lestari merupakan seorang penulis sekaligus penyanyi wanita kelahiran Bandung, 20 Januari 1976. Ia adalah alumnus dari SMA Negeri 2 Bandung dan lulusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan. Dewi Lestari mulai akrab disapa "Dee" sejak dirinya tergabung dalam anggota Trio Vokal "Rida Sita Dewi". Perahu Kertas bukanlah novel pertama yang dia buat. Tetapi hanya salah satu dari novel-novel yang laris di pasaran.

Adapun novel pertama yang Dee Lestari buat adalah "Supernova" yang menjadi titik mula awal karirnya sebagai seorang novelis. Sedangkan novel Perahu Kertas merupakan karya keenam yang dia ciptakan dan juga menjadi karya sastra yang membuat karirnya semakin melejit. Seperti apakah sinopsis novel Perahu Kertas? Dan apa kelebihan dan kekurangannya?

Sinopsis / Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari

Kisah dari novel Perahu Kertas ini merupakan cerita tentang Kenaan dan juga Kuggy. Kenaan adalah seorang remaja yang banyak menghabiskan waktunya di Belanda dan hidup selama 6 tahun di sana. Namun setelah enam tahun, ia harus kembali ke Indonesia karena permintaan dari ayahnya. Di Indonesia Kenaan kuliah di Fakultas Ekonomi salah satu perguruan tinggi di kota Bandung.

Hal tersebut sejatinya bukanlah harapan dan cita-cita yang sesungguhnya dari Kenaan. Sedari kecil, ia sudah mempunyai mimpi menjadi seorang pelukis. Akan tetapi ayahnya tak setuju dan memaksanya untuk kembali di Indonesia dan terpaksa harus berkuliah di jurusan yang sama sekali tidak ia minati.

Sementara itu, Kuggy merupakan gadis yang sangat lucu. Selain itu ia juga selalu terlihat riang dan ceria. Ia sangat suka dongeng dan kisah klasik dan sedari kecil bercita-cita menjadi penulis dongeng. Kuggy memiliki banyak sekali buku bacaan dongeng yang terdapat di Taman Bacaan yang ia miliki. Kuggy yang bercita-cita menjadi pendongeng mulai berpikir bahwa pekerjaan tersebut bukan hal yang realistis.

Kuggy juga menempuh pendidikan tinggi yang sama dengan Kenaan. Hanya saja mereka tidak 1 fakultas. Jika Kenaan kuliah di fakultas ekonomi, sedangkan Kuggy kuliah di fakultas sastra. Boleh dikata, keduanya adalah dua orang sahabat yang sangat dekat, bahkan ada banyak persamaan diantara mereka.

Awal pertemuan antara Kuggy dan Kenaan tidak bisa terlepas dari peran 2 sahabat mereka yaitu Eko yang merupakan kerabat jauh Kenaan dan Noni yang merupakan sahabat baik Kuggy. Bahkan keempat tokoh tersebut menjadi sahabat yang begitu dekat satu sama lainnya. Terutama Keggy dan Kenaan yang selalu bersama hingga menimbulkan benih-benih cinta diantara mereka berdua.

Kuggy ataupun Keenan walaupun saling Mencintai, tetapi mereka tidak memiliki keberanian untuk menyatakan perasaan masing-masing. Alasannya hati  Keenan telah dimiliki lelah seorang pria yang kini telah menjadi kekasihnya. Kenaan memanggilnya dengan sebutan "Ojos". Tentu saja, itu bukanlah nama sebenarnya, hanya panggilan sayang untuk kekasihnya.

BACA JUGA : Resensi Novel Hujan Tere Liye

Sedangkan Keenan masih belum memiliki tambatan hati, akan dijodohkan dengan tokoh yang bernama Wanda. Wanda ini merupakan seorang yang berprofesi sebagai kurator. Eko dan Noni begitu giat dan semangat untuk mendekatkan Wanda dan Kenaan yang sangat jago melukis. Wanda juga merupakan gadis cantik yang juga merupakan sepupu dari Noni.

Kedekatan Keenan dan Wanda tidak berlangsung lama, pasalnya mereka berdua harus berpisah kerena hubungan keduanya yang sudah merenggang. Kandasnya hubungan tersebut juga diikuti dengan kesedihan dan kekecewaannya yang teramat dalam berkaitan dengan karir seni lukisnya.

Dengan hati dan perasaan yang hancur, Keenan terpaksa harus meninggalkan kota Bandung untuk pergi menuju daerah Ubud, Bali. Adapun tujuan kepergiannya pergi ke Ubud adalah untuk menemui pak Wayan, seorang seniman terkemuka di Bali yang tak lain merupakan sahabat dari ibundanya sendiri.

Hari-hari Keenan bersama Pak Wayan dan juga seniman Bali lainnya setidaknya sedikit banyak bisa mengobati luka dihatinya. Salah seorang tokoh yang juga sangat berpengaruh dalam hal ini adalah Ludhe Laksmi. Dia adalah seorang gadis Bali yang cantik, baik hati, lemah lembut, dan juga merupakan keponakan dari Pak Wayan. Lambat laun perasaan Kenaan mulai membaik dan ia pun sudah mulai tenang. Ia juga memutuskan untuk kembali melukis.

Keenan berhasil menciptakan sebuah karya lukisan yang terinspirasi dari kisah Jenderal Pilok dan Pasukan Alit yang tidak lain merupakan judul dongeng hasil karangan Kuggy. Dan saat itu juga, Keenan berhasil menciptakan lukisan-lukisan bernilai seni tinggi. Bahkan lukisannya semakin terkenal dan banyak kolektor benda seni yang membutuhkan lukisannya.

BACA JUGA: Download Novel Dilan 1991

Sementara itu, Kuggy merasa kesepian dan harus kehilangan sahabat-sahabatnya yang telah pergi meninggalkannya dari kota Bandung. Akan tetapi kesedihan tersebut tak berlangsung dalam waktu yang lama. Kugy mulai menata kembali kehidupannya dan kembali melanjutkan kuliahnya untuk diselesaikan. Selepas lulus kuliah, Kuggy bekerja sebagai copywriter di sebuah perusahaan jasa biro iklan ternama di Jakarta.

Beberapa waktu semenjak Kuggy mulai bekerja di perusahaan jasa tersebut, dirinya mampu untuk membuktikan kualitas diri dengan menjadi talenta berkualitas. Hal tersebut membuat dirinya cepat terkenal dan naik daun. Kuggy pun menjadi orang yang cukup diperhitungkan di perusahaan.

Remi yang merupakan atasan Kuggy di perusahaan tersebut diam-diam mulai mengaguminya dan menaruh hati. Remi bukannya menyukai kecerdasan Kuggy, tetapi lebih dari hal itu yang membuat Reni semakin tertarik kepada Kuggy. Dan hingga akhirnya Remi pun memberanikan diri mengungkapkan perasaannya dengan jujur kepada Kuggy bahwa dia begitu mencintainya. Kuggy pun ternyata mempunyai perasaan yang sama dan menanggapi perasaan Remi dengan sepenuh hati.

BACA JUGA : Download Novel Komet PDF Tere Liye

Remi dan Kuggy menjalani hubungan secara diam-diam, namun Kuggy ternyata masih sering memikirkan dan mengenang Keenan. Hingga suatu saat, Kuggy kembali bertemu dengan Keenan yang terpaksa pergi dari Bali karena ayahnya terserang penyakit stroke. Keenan harus  mengambil alih perusahaan ayahnya. Pertemuan mereka berdua membuat keduanya tidak bisa menahan perasaan masing-masing. Konflik batin terjadi disini dan menguji hati mereka.

Keunggulan Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari

Novel Perahu Kertas mengangkat tema tentang cinta dan persahabatan. Jalan ceritanya disajikan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Bukan sekadar itu saja, kisah dalam alur cerita novel Perahu Kertas by Dewi lestari ini juga menyajikan nilai-nilai edukasi yang mendidik pembacanya. Mulai dari semangat meraih cita-cita, persahabatan, pemahaman tentang jati diri, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Download Novel Peter by Risa Saraswati

Novel ini tak hanya mengisahkan problematika remaja yang itu-itu saja. Tetapi lebih daripada itu. Deskripsi tentang tokoh, alur, dan latar dalam novel juga disajikan dengan cara yang menarik, unik, dan tak biasa. Hal ini tentunya membuat banyak orang tertarik membacanya hingga akhir cerita tersebut.

Kekurangan Novel Perahu Kertas

Sementara itu, dari sisi kekurangannya novel ini sedikit membingungkan pembacanya karena latar atau setting tempat yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebaiknya penulis juga memperhatikan hal-hal kecil seperti ini. Tujuannya agar novel tersebut bisa dipahami pembaca dengan mudah tanpa membutuhkan konsentrasi tinggi. Utamanya untuk pembaca awam.

Penutup

Demikian sedikit resensi Novel Perahu Kertas karya Dee Lestari, semoga bermanfaat dan bisa memberikan sedikit gambaran alur cerita bagi kamu yang belum membaca novel ini. Selain itu, dengan adanya resensi ini bisa memberi masukan kepada para novelis supaya bisa membuat karya-karya sastra yang lebih baik lagi. Ini resensiku, mana resensimu?

0 Response to "Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel