4 Cara Screenshot di Laptop ASUS Semua Tipe Dengan Mudah

Cara screenshot di laptop Asus

Bagaimana cara screenshot di laptop Asus? Tentu printscreen di laptop Asus sangat mudah untuk dilakukan, baik menggunakan aplikasi screenshot laptop maupun tanpa aplikasi. Ada banyak tampilan yang bisa kita screenshot menggunakan laptop diantaranya yaitu video, gambar, wallpaper, homescreen, dan lainnya. Namun sayangnya tidak semua pengguna laptop, terutama pengguna Asus mengerti bagaimana melakukan tangkapan layar untuk laptop tersebut.

Cara Screenshot / Printscreen di Laptop Asus Semua Tipe Dengan Mudah dan Cepat

Setidaknya ada 4 metode yang bisa anda lakukan guna menangkap layar tampilan laptop asus. Bagaimana caranya? Simak tutorialnya berikut ini :

1. Cara Screenshot di Laptop Asus dengan Kombinasi Tombol Win dan Print Screen

Pertama, silakan tentukan terlebih dahulu area yang akan di-screenshot pada layar laptop ASUS.

Kemudian, langkah kedua silakan kamu menekan tombol berlogo Windows + PrtScSysRq secara bersamaan dalam waktu beberapa detik

Hasilnya screenshot tersebut secara otomatis akan disimpan dalam folder Screenshots yang berada di dalam folder Pictures dan  bisa lihat dengan Windows Explorer.

Baca juga : Cara Menampilkan Layar Ponsel di Laptop

2. Cara Screenshot di Laptop Asus dengan Aplikasi Snipping Tools

Kamu bisa menggunakan software atau aplikasi tambahkan guna melakukan screenshot pada laptop Asus semua semua tipe dengan mudah dan cepat. Salah satu software yang bisa anda gunakan adalah Snipping Tools.

Namun sejatinya tools yang satu ini merupakan bawaan windows yang bisa langsung kamu gunakan. Untuk menemukan aplikasi yang satu ini langsung saja ketik Snipping Tool di search box pada menu Start atau cari melalui Cortana apabila kamu  menggunakan Windows 10.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan Snipping Tools .

Langkah pertama, silakan tentukan dulu area yang akan di-screenshot pada layar laptop ASUS.

Selanjutnya, silakan buka software Snipping Tool di Start Menu.

Setelah software tersebut kamu buka, kamu akan dihadapkan pada menu Snipping Tool.

Untuk melakukan screenshot, silakan memilih menu mode dan kamu akan dihadapkan pada 4 mode sekaligus yang terdiri dari Free-form Snip, Full-screen Snip, Rectangular Snip, dan Windows Snip.

Kamu bisa langsung memilih diantara keempat pilihan tersebut dan maka kamu dapat langsung melakukan screenshot.

Hasil tangkapan layar tersebut bisa kamu temukan di software Snipping Tool.

Untuk menyimpannya, kamu hanya tinggal memilih menu File > Save as dan hasil screenshot dapat langsung disimpan di folder yang anda inginkan. Mudah kan?

Baca juga : cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

3. Cara Secreenshot di Laptop Asus dengan Tombol Print Screen

Print screen merupakan tombol yang dapat anda pada keyboard yang berguna untuk mengcapture/mengambil gambar dari layar laptop atau komputer yang kita miliki. Adapun cara menerapkan screenshot menggunakan metode satu ini yakni sebagai berikut :

Sama seperti kedua metode diatas, untuk langkah pertama silakan tentukan terlebih dahulu bagian atau tampilan layar yang ingin discreenshot.

Selanjutnya, silakan tekan tombol PrtScSysRq yang berada di keyboard, maka hasil screenshot pun dapat langsung anda lihat.

Langkah berikutnya, kamu dapat membuka aplikasi Microsoft Paint atau Adobe Photoshop atau Microsoft Word.

Setelah aplikasi terbuka maka kamu tinggal melakukan paste dengan menggunakan kombinasi Ctrl + V di keyboard

Gambar hasil screenshot akan muncul dan dapat langsung disimpan dengan format jpg, png, bmp, dan masih banyak lagi di lokasi penyimpanan yang kamu inginkan. Namun jika ingin anda edit juga dipersilakan.

4. Cara Screenshot di Laptop Asus dengan Aplikasi Tambahan

Mungkin cara yang satu ini jarang dilakukan, mengingat dengan kombinasi tombol keyboard sudah menyediakan fitur yang berguna untuk menangkap layar di laptop ASUS. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga bagi anda untuk melakukan tutorial ini sebagai pilihan alternatif yang bisa digunakan suatu saat nanti.

Silakan download aplikasi PickPick dan install pada laptop Asus anda. Langsung saja aktifkan aplikasi kamu untuk melakukan screenshot. Bukan sekadar itu saja, dengan aplikasi PickPick kamu juga dapat mengedit langsung gambar yang di-capture melalui fitur Image Editor.

Penutup

Demikian keempat cara screenshot di laptop Asus yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Pertama, kamu bisa melakukan tangkapan layar menggunakan kombinasi tombol Win + PrtScSysRq. Kedua kamu bisa printscreen layar laptop Asus dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool. Cara yang ketiga adalah menggunakan tombol PrtScSysRq. Dan cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi screenshot yaitu PickPick.  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "4 Cara Screenshot di Laptop ASUS Semua Tipe Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel