4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk / FD Dengan Mudah

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk / FD- Flashdisk adalah sebuah komponen komputer atau laptop untuk menyimpan file. Bisanya yang disimpan adalah file-file penting. Namun, apa jadinya kalau data di flashdisk tiba-tiba hilang dan terhapus bahkan terhapus permanen? Pasti rasanya kesal banget jika file di flashdisk terformat dan hilang begitu saja kan.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus / hilang di flashdisk? Nahdi artikel ini akan membahas beberapa cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk berikut antara lain mengunakan aplikasi Recuva, CMD, EaseUS Data Recovery Wizard, dan PC Inspector File Recovery.



Saya akan memberikan beberapa solusi untuk mengembalikan file yang terhapus dan hilang di flashdisk. Tapi sebelum masuk ke pembahasannya, saya mau memberi sedikit informasi kenapa data flashdisk bisa terhapus dan hilang.

Kemungkinan yang pertama adalah flashdisk kamu rusak atau corupt. Nah dengan flashdisk yang corrupt atau rusak maka penyimpanan juga tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan tidak bisa untuk dipakai untuk menyimpan file lagi. Dan file file yang ada pun biasanya hilang.

Baca Juga : Cara Mengatur Kamera OPPO A3S Agar Tidak Blur

Kemungkinan yang kedua adalah file di flashdisk terhapus atau hilang karena antivirus. Hal ini sering banget dialami. Biasanya di tiap-tiap komputer memiliki antivirus yang berbeda-beda. Ada antivirus yang meminta izin dulu untuk menghapus file-file yang dianggap sebagai virus. Ada juga yang langsung main hapus file begitu saja.

Saran saya untuk menghindari hal tersebut adalah memback up atau mencadangkan file file dalam flashdisk ke dalam komputer, laptop, flashdisk lain, atau diunggah di google drive.

Oke tak usah berlama-lama lagi, mari kita masuk ke Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Mudah. Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk berikut antara lain mengunakan aplikasi Recuva, CMD, EaseUS Data Recovery Wizard, dan PC Inspector File Recovery.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk / FD Dengan Mudah


1. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Software 

Cara memunculkan file yang hilang tanpa software atau aplikasi tambahan ini adalah dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Klik menu Start > Search / Pencarian > ketik CMD > Enter. 

Atau untuk lebih meringkas langkahnya bisa langsung tekan Windows+R > ketik CMD > Enter.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Software Dengan CMD

2. Setelah itu pastikan kamu tahu letak drive Flashdisknya. Sebagai contoh punya saya letaknya di Drive E. Maka ketik E: (huruf E titik dua) > Enter.

3. Lalu ketikan ATTRIB *.* -S -E /R /S /D

Catatan: Ganti huruf -E sesuai lokasi Drive Flashdisk kamu.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Software Dengan CMD


4. Selesai

Nah.. sekarang cek kembali flashdisk kamu, apakah file yang hilang sudah kembali atau belum. Jika kembali maka bersyukurlah. Dan jika belum normal atau belum kembali maka coba cara-cara mengembalikan file yang terhapus flashdisk selanjutnya.

2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Recuva

Kamu pasti tahu CCleaner kan? Yap benar, aplikasi pembersih file yang sampai sekarang masih dipercaya banyak orang. Lalu apa hubungannya dengan aplikasi Recuva?

Aplikasi Recuva dikembangkan oleh Piriform yang notabene adalah pengembang CCleaner. Jadi bisa dibilang aplikasi ini cukup dipercaya.

Baca Juga : Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik di Bawah 5 Jutaan 2019

Lalu gimana cara mengembalikan file yang hilang dengan Recuva? Berikut pembahasannya.

1. Download dan install aplikasi Recuva di laptop atau pc kamu. Ukurannya cuma 5.3MB kok, ringan banget. Kamu bisa langsung Download Aplikasi Recuva.

Mengembalikan File yang terhapus di Flashdisk dengan Recuva


2. Langkah selanjutnya setelah aplikasi Recuva terinstall dengan sempurna adalah tancapkan Flashdisk ke port USB yang ada di laptop atau PC kamu. Kemudian jalankan aplikasinya.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini.

Mengembalikan File yang terhapus di Flashdisk dengan Recuva


Pilih file tipe file yang ingin kamu recover atau pulihkan. Setelah itu tekan Next.

3. Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi file yang terhapus dan ingin dipulihkan. Caranya adalah dengan memilih In a specific location > Browse. Karena kamu ingin mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, maka pilih Drive USB Flashdisk seperti contoh pada gambar berikut.

Mengembalikan File yang terhapus di Flashdisk dengan Recuva


4. Langkah selanjutnya adalah melakukan scanning. Scanning ini disesuaikan dengan selera kamu. Kalau kamu ingin scanningnya lebih dalam maka centang Enable Deep Scan. Kalau nggak, berarti jangan dicentang.

Setelah itu adalah tekan Start untuk melakukan scanning file di flashdik kamu. Tunggu sampai proses scanning selesai.

Mengembalikan File yang terhapus di Flashdisk dengan Recuva


5. Setelah proses scanning selesai, maka akan muncul file file yang sudah terhapus. Jika file itu terdapat tanda bulatan berwarna merah, artinya file tersebut tidak bisa dikembalikan.

Sebaliknya apabila file tersebut terdapat tanda bulat warna hijau, maka file tersebut bisa dipulihkan.

Mengembalikan File yang terhapus di Flashdisk dengan Recuva


Cara memulihkannya adalah dengan mencentang kotak di sebelah nama file yang ingin kamu pulihkan > tekan Recover ... > Pilih Lokasi Penyimpanan.

6. Selesai. Silakan cek di lokasi penyimpanan yang sudah kamu pilih tadi.

3. Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk dengan PC Inspector File Recovery

Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memulihkan file yang terhapus permanen di flashdisk. 


Aplikasi ini dapat kamu dapatkan secara gratis. Mau tahu gimana langkah-langkahnya? Simak caranya berikut.

1. Download dan install aplikasinya. Kamu dapat langsung unduh PC Inspector File Recovery melalui situs-situs yang ada di google.

2. Lalu jika download sudah selesai, install aplikasinya dengan baik.. Setelah terinstall, run atau jalankan aplikasinya.

3. Kemudian pilih Recovery Deleted File, selanjutnya pilih drive yang ingin dikembalikan filenya (pilih drive flashdisk). Jika drive flashdisk kamu ada di F, maka pilih F:Nama Flashdisk. Lalu tekan dan centang warna hijau.

4. Selanjutnya adalah proses scanning. Sabar dan tunggu sampai prosesnya selesai. Jika filemu belum rusak parah, maka sangat mungkin untuk dikembalikan.

5. Lalu pilih file yang ingin kamu kembalikan. Selanjutnya Klik Kanan > Save To ... Pilihlah lokasi sesuai selera. 

6. Selesai. Silakan cek di lokasi yang telah kamu pilih.

4. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Pegel juga nulisnya gan wkwkwk. Akhirnya sampai di cara mengembalikan file yang terakhir. Yaitu pakai aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Caranya sebagai berikut.

1. Tentu kalau kamu belum punya aplikasinya, download dulu di situs resminya. Setelah itu install.

2. Jika aplikasi sudah terinstall sempurna, selanjutnya buka dan jalankan. Selanjutnya tampilannya akan seperti ini. Pilih atau centang saja semua jenis file yang ingin dipulihkan. Kemudian tekan Next.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan EaseUS Data Recovery Wizard

3. Eitss, jangan lupa tancap dulu flashdisknya. 

4. Pilih drive flashdisk kamu. Kemudian tekan Scan.

5. Tunggu sampai proses scanning selesai. Jika sudah selesai maka akan muncul file-file. Itu adalah file yang sudah terhapus di flashdisk kamu. 

Untuk mengembalikan file itu maka pilih dan centang data yang ingin dipulihkan. Setelah itu pilih Recover. Kemudian pilih lokasi penyimpanan datanya. 

6. Tunggu sampai prosesnya selesai. Dan cek hasilnya di lokasi yang sudah kamu pilih tadi.

Penutup

Dan akhirnya artikel tentang cara mengembalika file yang terhapus di flashdisk ini kelar juga. Jadi intinya ada 4 cara untuk memulihkan file yang hilang di flashdisk. Cara yang pertama adalah cara manual atau tanpa aplikasi tambahan, cukup menggunakan aplikasi CMD. Cara yang kedua adalah menggunakan Recuva. Cara ketiga menggunakan PC Inspector File Recovery. Dan cara terakhir menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard. Semoga bisa bermanfaat buat kalian. Terima kasih.

Referensi: Berakal.com, Dewailmu.id, dan Yatekno.com.

0 Response to "4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk / FD Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel