Cara Membuat Nomor Surat Resmi yang Benar

Cara Membuat Nomor Surat Resmi yang Benar - Sedari sekolah, kita sudah diajarkan oleh guru bagaimana cara membuat nomor surat resmi yang benar.

Materi ini, biasanya didapatkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Apakah kamu masih mengingatnya? Bila lupa tak perlu khawatir, karena saya akan menyampaikan sedikit tentang penomoran surat melalui artikel ini.

Tentu saja pengetahuan tentang cara membuat nomor surat resmi yang benar ini sangat penting untuk diketahui mengingat manfaatnya sangat terasa ketika kalian membuat surat resmi yang digunakan untuk mengadakan acara-acara formal.

Cara Membuat Surat Resmi yang Benar

Apa itu Surat Resmi?

Sebelum membahas cara membuat nomor surat resmi yang benar, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu surat resmi. Surat resmi merupakan surat dibuat dan digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. Jenis surat yang satu ini memiliki beberapa bagian-bagian dalam sistem penulisannya.

Adapun bagian-bagian tersebut adalah kop atau kepala surat, tempat dan tanggal surat, nomor surat, lampiran (jika diperlukan),  perihal, alamat tujuan, salam pembuka, isi, salam penutup, nama pengirim dan tanda tangan, serta tembusan.

Namun tidak akan saya bahas semuanya, tetapi untuk nomor suratnya saja yang letaknya ada di pojok kiri atas di bawah kop surat.

Cara Membuat Nomor Surat Resmi yang Benar 

Menulis nomor surat resmi tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Pasalnya setiap nomor surat resmi tersebut mengandung makna dan arti khusus tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui tentang penulisan nomor pada surat resmi, berarti kamu harus memahami bagaimana sistem penomorannya. Belum tau? Tenang saya akan memberikan informasinya kepada kamu.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa surat resmi ada banyak macam-macamnya. Ada surat keputusan, surat undangan, surat permohonan, surat mandat, surat tugas, surat pernyataan, surat keterangan, surat rekomendasi, dan masih banyak lagi.

Setiap surat tersebut memiliki angka unik tersendiri yang berhubungan dengan sistem penomoran surat resmi.

Sebagai contoh surat keputusan dengan nomor 01, surat undangan kode nomor suratnya 02, surat permohonan (03), Surat Pemberitahuan (04), surat peminjaman (05), surat pernyataan (06), surat mandat (07), surat tugas (08) dan lainnya yang masing-masing mempunyai kode tersendiri. Kode nomor tersebut silakan kamu tulis di bagian paling kiri

Nomor : 01.

Langkah berikutnya adalah tambahkan Nomor urutan surat yang dikeluarkan tersebut. Tulis di sebelah angka 01. Jadinya seperti ini :

Nomor : 01.001

Setelah nomor 001 sudah kamu cantumkan, langkah selanjutnya adalah dengan menuliskan kode nomor yang berisi nama lembaga yang mengeluarkan surat. Contoh, jika SMA Negeri 4 Jakarta yang mengeluarkan surat tersebut maka bisa ditulis dengan SMA-4. Maka nomor surat sekarang menjadi :

Nomor : 01.001/SMA-4/

Jika kode nomor untuk lembaga sudah ditulis maka selanjutnya kamu harus menuliskan kode bulan dan juga tahun. Khusus untuk bulan ditulis dalam bentuk Romawi. Jadinya seperti ini :

Nomor : 01.001/SMA-4/X/2019

Nah sampai saat ini, kamu sudah bisa menulis surat dengan cara sederhana. Setiap lembaga atau perusahaan terkadang memiliki kode unik tersendiri dalam penomoran surat resmi yang biasa mereka buat.

Dan yang paling penting adalah sebuah nomor pada surat resmi harus mengandung 5 komponen yakni : kode jenis surat, kode urutan surat, kode lembaga, bulan pembuatan, dan tahun pembuatan. Itu adalah komponen yang wajib ada pada nomor surat resmi. Oke?

Nah, sampai saat ini paham bukan? Jika kamu masih bingung mengenai cara membuat surat resmi yang benar jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar ya. Terima kasih.

1 Response to "Cara Membuat Nomor Surat Resmi yang Benar"

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel