8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Hidup Makin Berseri

8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Hidup Makin Berseri - Diskusi tentang cara meningkatkan percaya diri menjadi soal penting bagi saya pribadi. Karena itu juga saya buat artikel berjudul 8 Cara Meningkatkan Percaya Diri ini.

Mengapa percaya diri menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari? Tiap orang pasti punya jawaban yang berbeda, ya kan? Kalau menurut saya percaya diri itu harus selalu ditumbuhkan supaya seseorang mampu menikmati hidupnya.

Maksud saya begini...

Setiap orang memiliki talentanya masing-masing, punya bakat, and they have special quality. Sampai di sini setuju kan guys? Dengan kelebihan dan kemampuan spesial yang dimiliki, seharusnya setiap orang itu mampu menjadi orang sukses. Tapi, faktanya bagaimana? Faktanya hanya ada sebagian orang yang sukses padahal ada banyak orang yang memiliki kelebihan yang sama.

Kenapa bisa begitu?

Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah soal percaya diri. Mereka yang sukses pasti punya kepercayaan diri yang tinggi. Mereka tahu cara meningkatkan kepercayaan dirinya hari-demi hari. Orang yang tidak sukses cenderung tidak percaya diri dan tidak tahu cara menumbuhkan kepercayaan dirinya.

Deddy Corbuzier adalah penyandang disleksia. Dia pernah tidak naik kelas karena memiliki ingatan yang buruk. Suatu saat dia ingin menjadi pesulap, impiannya menuai tentangan dari keluarganya. Dia nggak goyah tuh, tetap percaya diri dan akhirnya dia bisa menjadi pesulap terbaik dunia.

Intinya manfaat percaya diri itu banyak. Salah satunya membuat sukses. Dengan sukses maka kamu dapat menikmati hidup. Setuju kan guys?

Nah.. sekarang pertanyaan bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri akan kita jawab bersama-sama. Jadi simak sampai akhir artikel ini ya, yakin deh bakalan tahu langkah tepat untuk meningkatkan percaya diri.

8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Agar Hidup Makin Berseri


8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Hidup Makin Berseri


1. Jangan Pernah Bandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Masalah utama seorang menjadi tidak percaya diri adalah terlalu sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Saya nggak menjustifikasi juga sih kalau membandingkan diri dengan orang lain itu salah. 

Membandingkan diri dengan orang lain itu baik, jika itu dijadikan motivasi bagi kita. Tapi kebanyakan, orang yang membandingkan dirinya dengan orang lain justru akan membuat dirinya merasa nothing. Akhirnya ya jadi minder dan tidak percaya diri.

Memang ini soal mental sih.. ada yang mentalnya bagus dan berani membandingkan dirinya dengan orang lain untuk motivasi. Tapi tidak semua orang punya mental itu. 

Jadi stop banding-bandingkan dirimu sama orang lain ya. Itu hanya akan membuatmu minder dan tidak percaya diri. 

Syukuri saja apa yang ada. Manfaatkan itu sebaik mungkin dan jadikan itu sebuah kelebihan bagi dirimu.

2. Persiapan Matang Sebelum Melakukan Sesuatu

Meningkatkan percaya diri juga dapat dilakukan dengan melakukan persiapan yang baik. Suatu hal dapat dilakukan dengan baik karena adanya persiapan yang matang. 

Mustahil nasi goreng akan enak kalau bumbunya saja banyak yang kurang (tidak disiapkan), ya kan? Analogi simpelnya seperti itu.

Saya yakin kita semua pasti pernah gugup ketika mau presentasi, wawancara kerja, pidato, atau saat akan tampil di depan publik. Nggak percaya diri. Masalahnya bukan karena penontonnya banyak terus kamu jadi tidak percaya diri, bukan itu.

The key is preparation.

Dengan mempersiapkan apa yang akan dilakukan sebaik dan sematang mungkin bisa dipastikan akan meningkatkan kepercayaan dirimu. 

Ketika akan presentasi, persiapkanlah dengan matang mulai dari riset materi, bikin slide presentasi, sampai dengan latihan. Dengan demikian maka gugup ketika mau presentasi pasti berkurang karena kamu sudah menguasai materi yang akan kamu bawakan saat presentasi.

Intinya persiapan yang matang akan meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan sesuatu.

3. Hilangkan Pikiran Negatif!

Jujur, saya sering banget ngalamin hal ini. Sering banget kalau mau ngelakuin sesuatu sering banget mikir gini:

"Aku mampu nggak ya?"
"Kayaknya aku nggak bisa deh."
"Duh, kira-kira kalau aku kaya gini orang lain suka nggak ya?"
"Aku kan bukan siapa-siapa, apa mereka mau nerima aku ya?"

...dan masih banyak pikiran negatif lainnya.

Mungkin kamu juga sering merasakan hal yang sama seperti saya.

Itulah yang membuat saya sering tidak percaya diri. Pikiran negatif akan membuat jiwa dan mental jadi negatif juga.

Cara melawannya adalah dengan mengubah pikiran negatif itu menjadi positif. Beri motivasi pada diri sendiri.

"Saya mampu, saya pasti bisa"
"Ah, mereka sama-sama manusia kok, ngapain takut"
"Setiap orang punya kekurangan kok, lakuin aja yang terbaik jangan peduliin kata orang.

4. Berpenampilan Senyaman Mungkin

Hal lain yang menyebabkan tidak percaya diri adalah penampilan. Jadi untuk membangun rasa percaya diri dapat dilakukan dengan memperbaiki penampilanmu.

Pakaian nggak harus serba mahal, nggak harus serba bermerek, nggak harus serba kekinian, yang penting nyaman dengan penampilan sendiri. Kerapian dalam berpenampilan juga sangat membantu menumbuhkan percaya diri. 

 Selain penampilan dalam arti berpakaian, kebersihan diri juga sangat penting untuk membangun kepercayaan dirimu. Rapikanlah kumis, jenggot, dan rambutmu. Pakailah pewangi supaya orang disekitarmu nyaman. Ha-hal kecil seperti itu akan sangat membantu rasa percaya dirimu meningkat.

5. Perluas Wawasan 

Kualitas seseorang dapat dilihat dari seberapa luas wawasannya. Jika wawasanmu luas, maka kualitas dirimu bagus dan kepercayaan dirimu tentu akan meningkat.

Orang yang berwawasan luas juga cenderung akan mudah bergaul, karena memiliki pemahaman yang komprehensif. 

Ketika orang sedang berbicara soal utang negara, kamu paham. Bicara soal mafia sepak bola, kamu bisa mengikuti. Bicara soal film terbaru, kamu bisa nyambung. Dengan demikian tentu kepercayaan dirimu akan terbentuk.

6. Fokus Pada Hal yang Kamu Kuasai

Tadi saya udah sebutkan kalau setiap orang punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk menaikan rasa diri, maka fokuslah pada hal-hal yang kamu kuasai (kelebihanmu). 

Kamu nggak jago renang, nggak jago musik, nggak jago nyanyi, nggak jago berorganisasi. Tapi kamu jago main sepak bola. Maka fokuslah dalam sepak bolamu. 

Kuasai betul tentang sepak bola, sampai kamu benar-benar menjadi expert main bola.

Raihlah prestasi dari hal yang kamu kuasai. Dengan prestasi itu maka portofolio dirimu akan menjadi lebih berkualitas dan secara tidak langsung kepercayaan dirimu semakin meningkat.

7. Jadilah Dirimu Sendiri yang Apa Adanya

Menjadi diri sendiri yang apa adanya merupakan salah satu cara meningkatkan percaya diri. Dengan menjadi diri sendiri berarti kita hidup sesuai dengan kemampuan, niat, hati, dan pemikiran diri sendiri.

Hidup nggak mikirin apa kata orang, nggak perlu jadi orang lain, dan nggak mengikuti arus tentu akan membangun kepercayaan dirimu.

Saya sudah membahas tentang bagaimana cara menjadi diri sendiri di artikel Cara Menjadi Diri Sendiri Yang Natural Apa Adanya ini. Silakan disimak dan dipelajari, kemudian diterapkan. Niscaya kepedean dirimu akan terus bertambah.

8. Gunakan Metode Pengandaian (Kalau Saya-Pasti Akan)

Metode ini sangat mudah untuk dipraktikan. Selain mudah dipraktikan, hasilnya juga bisa dibilang sangat efektif. 

Dengan menggunakan perandaian ini maka secara psikologi kita akan digiring untuk tidak melakukan hal yang negatif lho guys. 

Contohnya gini nih...

"Kalau saya gugup saat kencan, pacar saya pasti akan ilfeel" Hasilnya saya nggak akan gugup.

"Kalau saya tidak mandi, teman-teman pasti akan menjauhi saya" Hasilnya saya pasti akan mandi.

"Kalau saya tidak baca materi, presentasinya pasti akan buruk" Hasilny saya akan membaca materi.

As simple as that bisa buat kamu makin percaya diri guys. Coba deh ya dipraktikan dalam keseharian kita.

Penutup

Itulah 8 cara meningkatkan percaya diri. Kepercayaan diri lahir bukan karena keturunan atau bakat, bukan. Kepercayaan diri lahir karena dilatih dan terus ditingkatkan. Semoga artikel ini mampu membantumu meningkatkan rasa percaya dirimu ya guys.

Baca Juga: 

0 Response to "8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Agar Hidup Makin Berseri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel