8 Cara Mengendalikan Emosi yang Efektif dan Mudah Dilakukan

8 Cara Mengendalikan Emosi yang Efektif dan Paling Mudah Dilakukan - Harus diakui memang sulit untuk mengendalikan emosi. Kondisi tubuh, pikiran dan lingkungan seringkali membuat kita emosi.

Bagi saya pribadi, memiliki kemampuan cara mengendalikan emosi merupakan hal yang sangat penting.

Semua manusia pasti memiliki emosi dan amarah, setuju kan guys? Emosi yang berlebihan tentu harus dikendalikan. Jika tidak tahu cara mengendalikan emosi yang berlebihan maka dampaknya akan merugikan diri kita sendiri.

Misal...

Kamu adalah seorang ketua sebuah organisasi. Terjadi perbedaan pendapat antara kamu dengan anak buahmu. Karena tidak terima atas perbedaan pendapat itu, maka kamu marah-marah sama anak buahmu. Secara tidak langsung emosi itu akan sangat merugikan dirimu.

Ke depannya anak buahmu akan enggan untuk berdiskusi dan bekerja sama denganmu. Dan kalau anak buahmu yang lain tahu bisa-bisa mereka juga akan enggan bekerja sama lagi dengan kamu. Serem banget kan cuy?

Itu cuma contoh kecil dampak negatif dari emosi. Nah.. untuk menghindari dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari emosi, maka kita perlu tahu cara mengendalikan emosi yang efektif dan paling mudah dilakukan. Semuanya sudah saya ringkas di artikel ini.

8 Cara Mengendalikan Emosi yang Efektif dan Paling Mudah Dilakukan

Cara Mengendalikan Emosi Negatif


1. Jangan Alergi Dengan Perbedaan Pendapat

Banyak sekali konflik yang diakibatkan karena perbedaan sebuah pendapat. Sampai ada banyak korban lah, bentrok lah, bahkan sampai perang saudara. Saya yakin kalian semua sudah sering mendengar berita kaya gitu. 

Kembali ke konsep cara mengendalikan emosi. Kita harus sadar kalau cara seorang memandang sesuatu itu berbeda. Kita tidak boleh memaksakan orang lain harus sependapat dengan kita.
Jangan mudah marah dong kalau orang lain punya pendapat berbeda. Nggak keren kali ah...

Intinya pola pikir / mindset dalam menghadapi sebuah perbedaan harus diubah. Jadikanlah perbedaan pendapat sebagai sumber memperluas pandangan. Saring pendapat oposisi dan serap yang baik. Jangan malah saling adu tonjok kaya elite politik di Senayan *upsss...*

Intinya jangan cepat emosi jika beda pendapat. Ambil hal positif dari perbedaan itu. Inilah cara mengendalikan emosi yang efektif poin pertama.

2. Tenangkan Pikiran

Banyak orang langsung bereaksi ketika ada hal yang mengganggu. Termasuk saya sendiri juga gitu. Kuyakin kamu juga sih *wkwkw*.

Yang sudah saya pelajari, ternyata mudah bereaksi terhadap hal yang mengganggu itu salah. 

Duh maksudnya gimana ini sih, ga jelas amat ngomongnya. *saya yang nulis juga ga paham wkwk*

Mending kasih contoh aja ya biar mudah paham.

Pasti kita pernah kan lihat orang yang nggak mau ngantri? Bohong kalau nggak pernah, itu udah jadi kebiasaan di Indonesia. Melihat orang yang kaya gitu, baiknya kita jangan langsung bereaksi. 

Tenangkan pikiran, pejamkan mata dan berpikirlah hal yang positif. Mungkin orang itu lagi buru-buru banget. Mungkin orang itu memang butuh pelayanan segera. Atau mungkin orang itu lagi kebelet, bisa jadi.

Cara mengontrol emosi dengan menenangkan pikiran ini sangat mudah dipraktikan kok. Kalau nggak percaya coba saja.

3. Pikirkan Dampak Negatifnya

Emosi itu wajar selagi tidak berlebihan. Emosi yang berlebihan hanya akan mendorongmu melakukan hal-hal negatif seperti memukul, berucap kasar, bahkan *amit-amit* membunuh. 

Supaya bisa mengontrol emosi yang berlebihan, maka pikirkanlah dampak negatif yang akan terjadi.

Misal...

Kalau kamu seorang bos tapi ucapannya kotor ke bawahanmu, maka kamu akan dicap sebagai bos yang tidak tahu etika. 

Kamu beda pendapat soal warteg mana yang paling enak sama temanmu, terus kamu pukul dia. Pikirlah kalau temanmu bisa masuk RS dan kamu bisa masuk penjara.

Emang menahan emosi itu benar-benar susah. Tapi semoga cara mengontrol emosi yang ketiga ini bisa membantu ya.

4. Tuangkan Emosimu Pada "Tempat Sampah Emosi"

Bukan cuma sampah aja yang harus dibuang di tempatnya. Emosi juga harus dibuang di tempatnya supaya tidak merugikan orang lain..

Ketika kamu memendam amarah pada seseorang, jangan dilampiaskan kepada orang tersebut. Lebih baik dibuang saja di tempat sampah.

Tempat sampah emosi yang saya maksud di sini adalah sebuah sarana untuk melampiaskan emosi kita. 

Contohnya saya marah sama orang, karena saya nggak mau marahin dia langsung, maka saya melampiaskannya dengan cara mukul-mukul bantal guling. Maka bantal guling itu disebut sebagai tempat sampah emosi.
Dengan melampiaskan seluruh emosi dan membuangnya di tempat emosi, dampaknya adalah emosi kita terhadap sesuatu akan berkurang. Pikiran juga akan lebih terasa plong dan lega, karena sudah tidak lagi memendam emosi.

Setiap orang pasti punya tempat sampah emosi yang berbeda-beda. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Silakan mencoba cara mengendalikan emosi ini guys.

5. Membuka Pintu Maaf 

Saya yakin apapun agama kamu apapun kepercayaan kamu pasti semuanya mengajarkan tentang memaafkan kesalahan orang lain.

Dengan memaafkan berarti kita ikhlas untuk menerima kesalahan yang membuat kita emosi. Dengan memaafkan, rasa emosi dan rasa dendam tidak akan betah menempel dalam diri kita. 

Dampak lainnya adalah membuat pikiran kita selalu positif, karena tidak melulu memikirkan kesalahan orang lain. 

Cara ini menjadi cara bijak untuk menghilangkan emosi. 

6. Introspeksi Diri

Cara efektif mengontrol emosi selanjutnya adalah dengan instrospeksi diri. 

Jadi orang jangan egois. Jangan selalu merasa paling benar. Jangan selalu menganggap orang lain salah. *sebenarnya saya lagi ngomongin diri saya sendiri*

Terlalu egois dan menganggap dirinya paling benar akan membuatmu mudah emosi. 
Sadarlah, kalau kita juga sering melakukan kesalahan yang bisa membuat orang lain kesal dan emosi. Sadarlah kalau kita cuma manusia yang tak pernah lepas dari salah. 

Kesalahan itu wajar, jangan langsung direspon dengan emosi. Coba pikirkan jika kita melakukan kesalahan apakah mau kita dimarahin oleh orang lain? Enggak kan.

Instrospeksi diri mampu menjadi cara mengendalikan emosi dalam diri kita.

7. Mengambil Waktu Untuk Berolahraga

Olahraga itu penting. Sangat penting malahan.

Oahraga baik untuk kesehatan, selain itu juga baik untuk me-refresh pikiran kita. Maka setelah kita berolahraga biasanya tubuh terasa lebih bugar dan pikiran terasa lebih segar.

Dengan tubuh bugar dan pikiran yang segar, maka kita akan cenderung bahagia. Rasa bahagia itu membuat kita lebih bisa mengontrol emosi guys.

Misal...

Ada orang buru-buru dan nabrak kamu. Orang-orang biasa pasti akan marah kan, tetapi beda cerita kalau kondisi psikologi kamu sedang bahagia. Pasti kamu akan lebih mudah mengontrol emosi dan memahami "oh, mungkin dia sedang buru-buru".

Itulah gunanya olahraga cuy. Selain menyehatkan tubuh, bisa juga sebagai cara mengendalikan dan mengontrol emosi.

8. Minum Air Putih

Cara mengendalikan emosi yang mudah dilakukan selanjutnya adalah dengan minum air putih. 

Air putih memang memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya yaitu untuk mengontrol emosi. 

Masa? Emang bisa? Apa hubungannya emosi sama air putih?

Dengan meminum air putih kita akan merasakan lebih rileks dan segar dari sebelumnya. Dengan minum air putih juga membuat pikiran kita lebih fokus. 

Bisa jadi penyebab kita marah karena pikiran kita sedang tidak karuan. Sehingga sangat sensitif dan gampang marah. Nah.. dengan minum air putih maka pikiran akan lebih fokus, sehingga emosi negatif mudah untuk dikendalikan.

Kesimpulan

Setiap orang pasti memiliki rasa emosi. Emosi itu wajar selagi tidak berlebihan, Supaya emosi negatif tidak berlebihan maka dibutuhkan cara mengendalikan emosi yang efektif. Rujend punya delapan cara, yaitu: 
  1. Jangan alergi dengan perbedaan pendapat
  2. Tenangkan pikiran
  3. Pikirkan dampak negatif setelah emosi
  4. Menuangkan emosi pada sebuah benda/hal yang dijadikan sebagai tempat sampah emosi
  5. Membuka pintu maaf kepada orang lain
  6. Mengambil waktu untuk berolahraga\
  7. Instrospeksi diri
  8. Minum air putih
Dan itulah 8 cara mengendalikan emosi yang efektif dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat ya.

3 Responses to "8 Cara Mengendalikan Emosi yang Efektif dan Mudah Dilakukan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel