8 Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa

8 Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa - Jadwal perkuliahan memang tidak selalu penuh setiap harinya. Banyak waktu luang mahasiswa di tengah-tengah kesibukan kuliah. Mengisi waktu luang dengan hal positif dan bermanfaat tentu harus dilakukan oleh seorang mahasiswa.

Tetapi banyak mahasiswa yang tidak bisa mengisi waktu luangnya dengan baik. Waktu luang harusnya diisi dengan kegiatan produktif, tetapi hanya dibiarkan berlalu begitu saja.

Nah.. di artikel ini, saya pengin berbagi 8 Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa. Semoga setelah membaca ini kamu bisa memilih kegiatan yang cocok untuk mengisi waktu luang seorang mahasiswa.

8 Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa


8 cara Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa


1. Membaca Buku 

Cara mengisi waktu luang yang paling saya suka adalah membaca buku. Kita semua tahu kalau membaca adalah sumber ilmu. Dengan membaca kita jadi tahu akan segala sesuatu.

Manfaat membaca buku juga banyak sekali loh. Seperti menambah pengetahuan, mengurangi stres, mencegah kepikunan dini, dan lain-lain.

Bagi saya sendiri, membaca itu ibarat menabung. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pengetahuan yang didapat. Pengetahuan-pengetahuan yang didapat dari membaca pasti akan berguna di kemudian hari.

Tidak harus baca buku pengetahuan kok, kamu juga bisa baca-baca artikel, novel, atau bacaan apapun yang memberikan pengetahuan baru bagi kamu. Karena prinsipnya semua bacaan itu bermanfaat, tinggal bagaimana kita menyaring informasi yang diberikan dari sebuah bacaan. Yang positif diambil, yang negatif dibuang.

Intinya membaca buku sangat cocok untuk mengisi waktu luang kamu sebagai mahasiswa.

2. Membuat Sebuah Tulisan

Bagi seorang introvert kaya saya ini, menulis menjadi sebuah cara mengisi waktu luang yang menyenangkan. Kenapa? Karena dengan menulis bisa menyuarakan pendapat dengan bebas. 

Seorang penulis terkenal bernama Fiersa Besari pernah mengatakan kalau menulis adalah sebuah cara untuk menuju keabadian. Maksudnya, sebuah tulisan tidak akan lekang oleh waktu. Bisa dibaca kapanpun dan di manapun. 

Hal itu juga yang menginspirasi saya menulis untuk mengisi waktu luang ketika kuliah.

Selain itu manfaat menulis juga banyak banget. Kamu bisa lihat di sini 6 Manfaat Menulis yang Bakal Bikin Kamu Pengin Jadi Penulis.

Media buat menulis itu banyak. Bisa di sosial media, ms. word, dan yang paling populer adalah di blog. Seperti saya ini, menulis di blog.

Dengan menulis juga bisa menghasilkan uang loh. Yaitu dengan membangun sebuah blog, kemudian dimonetisasi. Selain itu juga bisa dengan membuka jasa penulisan artikel.

3. Berolahraga

Mahasiswa sekarang lebih milih olahraga di HP (main game) daripada olaharaga di dunia nyata. Benar nggak cuy? Hehehe

Makanya sekarang viral yang namanya e-sport. Bukan mau melarang kamu main game kok, cuman kebiasaanmu bermain game harus diimbangi dengan berolahraga. Minimal 2x dalam seminggu lah, waktu luang diisi untuk berolahraga.

Nggak harus olahraga yang mahal dan ribet, cukup dengan berlari atau naik turun tangga saja sudah sangat bermanfaat untuk kesehatanmu.

Cara mengisi waktu luang yang bermanfaat dengan berolahraga juga bisa membuatmu merasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa lho.

4. Membersihkan Kosan atau Tempat Tinggal

Rata-rata mahasiswa adalah perantau. Biasanya mereka tinggal di sebuah kosan atau kontrakan.

Mahasiswa harus mampu mengurus kebutuhannya sendiri, misalnya adalah kebersihan kos atau tempat tinggal. 

Ketika di rumah, memang masih ada ibu yang mengurus rumah. Tetapi saat menjadi mahasiswa, semuanya harus dilakukan sendiri.

Pengalaman saya dulu malas banget buat bersih-bersih kamar kosan. Mungkin 3 minggu sekali baru saya bersih-bersih kosan. Padahal banyak banget waktu luang yang saya punya.

Nah.. kamu jangan jadi seperti saya ya. Manfaatkan waktu luang di sela-sela kesibukan kuliahmu untuk membersihkan kosan. Karena jika kosan rapi dan bersih, maka secara tidak langsung pikiranmu akan semakin fresh dan akan lebih nyaman untuk belajar. 

5. Mengikuti Kursus Bahasa Asing

Tips mengisi waktu luang bagi mahasiswa anak kos selanjutnya yaitu dengan ikut kursus bahasa asing. Kemampuan bahasa asing itu sangat diperlukan di era modern sekarang ini lho cuy. Terutama bahasa Inggris ya.

Seorang yang jago bahasa asing tentu akan punya nilai plus. Dalam dunia kerja misalnya, yang jago bahasa Inggris tentu akan mudah diterima kerja dibanding yang tidak. 

Buat kamu yang bingung cara mengisi waktu luang yang produktif, coba deh ikut kursus bahasa asing. Nggak ada ruginya, malahan akan banyak manfaat yang kamu dapat. 

Kalau udah jago bahasa asing, kamu bisa juga tuh kerja sampingan jadi seorang penerjemah. Tentu lumayan kan buat seorang mahasiswa.

6. Mencari Peluang Bisnis

Tipe seorang mahasiswa di kampus itu sangat beragam. Salah satunya adalah tipe mahasiswa yang suka bisnis.

Jika kamu termasuk tipe mahasiswa tersebut, maka cara mengisi waktu luang yang cocok adalah dengan mencari peluang bisnis. 

Zaman sekarang banyak banget peluang bisnis yang bisa dijalankan seorang mahasiswa. Salah satunya adalah dengan bisnis online.

Saya sudah buatkan artikel khusus tentang bisnis online yang cocok bagi mahasiswa dan tanpa modal tentunya. Kamu bisa baca lengkapnya artikel ini 5 Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok Untuk Mahasiswa.

7. Melakukan Evaluasi Diri

Melakukan evaluasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan, tak terkecuali untuk seorang mahasiswa. Cara mengisi waktu luang yang bermanfaat dengan melakukan evaluasi kehidupan ini akan sangat besar dampaknya bagi kehidupan selanjutnya.

Kamu bisa melakukan evaluasi dengan menanyakan pertanyaan berikut:
  • Apa saja yang sudah saya capai?
  • Apa saja yang perlu diperbaikai?
  • Apa rencana saya 5 tahun ke depan?
  • Apa hal yang harus saya tinggalkan?
  • Apa hal yang harus saya tingkatkan?
Dan masih banyak pertanyaan lain untuk mengevaluasi diri kita. Dengan melakukan evaluasi seperti itu, diharapkan hidup kita bisa menjadi lebih baik dibanding sebelumnya.

8. Berkumpul Dengan Sahabat

Sahabat bisa menjadi pengganti keluarga saat kita merantau sebagai mahasiswa. Maka dari itu, penting untuk kita menyempatkan waktu berkumpul dengan sahabat.  

Dengan sahabat kita bisa curhat, mengungkapkan keluh kesah, berdiskusi, dan lain-lain. Cara mengisi waktu luang bagi mahasiswa dengan berkumpul dengan sahabat sangat saya rekomendasikan.

Kesimpulan

Sebagai seorang mahasiswa harus mampu mengisi waktu luang yang bermanfaat dengan baik. Cara mengisi waktu luang bagi mahasiswa anak kos di antaranya adalah dengan membaca buku, berolahraga, bersih-bersih, berkumpul dengan sahabat, mencari peluang bisnis, ikut kursus, menulis dan melakukan evaluasi diri.

0 Response to "8 Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel