5 Tipe Mahasiswa yang Pasti Dijumpai di Kampus, Kamu yang Mana?

5 Tipe mahasiswa yang pasti dijumpai di kampus - Mahasiswa merupakan sosok terpelajar yang menghuni sebuah pergururan tinggi. Biasanya mereka berasal dari beragam daerah. Sehingga kebiasaan dan pemikiran mereka juga berbeda-beda.

Perbedaan inilah yang mengakibatkan banyak sekali tipe mahasiswa di kampus. Dan artikel ini akan membahas tentang 5 tipe mahasiswa yang pasti dijumpai di kampus. Selamat menikmati.

7 Mahasiswa yang Pasti Dijumpai di Kampus

7 Tipe Mahasiswa yang Pasti Dijumpai di Kampus, Kamu yang Mana?


1. Mahasiswa Kupu-Kupu

Mahasiswa Kupu-Kupu adalah singkatan dari Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang. Jadi kerjaannya cuma kuliah aja, habis itu pulang ke rumah/kosan. 

Tipe mahasiswa ini lebih suka menghabiskan waktunya di kosan/rumahnya dibandingkan kumpul bersama teman-temannya. Tapi bukan berarti tipe mahasiswa ini nggak ada kerjaan, justru biasanya mahasiswa seperti ini memiliki banyak kerjaan yang lebih nyaman untuk dikerjakan di rumah/kosannya.

Sepengalaman saya sih, tipe mahasiswa ini biasanya adalah mereka orang-orang introvert. Mereka yang lebih suka untuk menghabiskan waktu sendiri dibandingkan untuk berkumpul dengan teman-temannya.

Bukan anti sosial ya, tapi memang biasanya tipe mahasiswa ini kurang nyaman bila berada di keramaian. 

2. Mahasiswa Kura-Kura

Kura-Kura adalah singkatan dari Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat. Ya, tipe mahasiswa ini biasanya sibuk banget. Mereka nggak hanya mikirin pelajaran kuliah saja, tetapi banyak hal lain yang harus mereka kerjakan.

Biasanya tipe mahasiswa jenis ini adalah orang-orang yang tergabung dalam sebuah organisasi, event, kegiatan sosial, proyek, ataupun unit kegiatan mahasiswa. 

Mahasiswa tipe ini biasanya memang sudah memiliki basic kegemaran untuk ikut organisasi. Tak heran kalau tipe mahasiswa kura-kura ini dikenal banyak orang dan para dosen karena keaktifannya dalam organisasi, event, atau yang lainnya. 

Meskipun sibuk dengan hal di luar akademik, kebanyakan mereka juga tetap memikirkan nilai-nilai akademik mereka. Tetap prioritas nomor satu adalah akademiknya. Tapi ada juga yang gara-gara terlalu sibuk organisasi, akademik mereka menjadi terbengkelai. Tinggal pintar-pintar membagi waktu saja.

3. Mahasiswa Kuda-Kuda

Jenis mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang kerjaannya Kuliah-Dagang-Kuliah-Dagang. Saya pribadi suka sih sama jenis mahasiswa yang satu ini. Karena mereka benar-benar ingin mandiri dan meringankan beban orang tua.

Mahasiswa jenis ini juga kreatif. Mereka bisa melihat peluang usaha dengan jeli. Ada yang menjadi reseller makanan, penjual pulsa, jual pakaian, jual souvenir, sampai jual produk digital misalnya game dan aplikasi.


Kalau kamu termasuk tipe mahasiswa seperti ini jangan malu, harusnya kamu bangga. Di saat yang lain masih minta duit orang tua, kamu sudah bisa mandiri dengan penghasilanmu sendiri.

4. Mahasiswa Kuman-Kuman

Mahasiswa kuliah-main-kuliah-main. Keliatannya enak banget ya jadi mahasiswa seperti ini. Mereka tidak terlalu memusingkan soal kuliah dan tetap enjoy bermain dengan teman-temannya. 

Biasanya tipe mahasiswa ini akan dengan cepat mengenali tempat-tempat di sekitar tempat tinggalnya. Sekalipun mereka berada di perantauan, mahasiswa tipe ini akan sangat mudah untuk beradaptasi dengan sekitarnya.

Suka main bukan berarti jelek ya. Justru mereka akan memiliki banyak jaringan yang nantinya akan bermanfaat dalam proses pencarian kerja. Mereka juga seakan mengajarkan kalau hidup ini tidak perlu dibawa ribet, tinggal ikuti alurnya dan tetap happy dalam menjalankannya.

5. Mahasiswa Kue-Kue

Mahasiswa kue-kue adalah kependekan dari kuliah-gawe-kuliah-gawe. Tipe jenis ini adalah mahasiswa yang bekerja sambil kuliah.

Mahasiswa jenis ini adalah mahasiswa pekerja keras dan pandai membagi waktu. Pagi sampai sore mereka harus bekerja, sedangkan malam untuk kuliah dan mengerjakan tugas kuliah. Tentu hal tersebut butuh sebuah skill untuk membagi waktu dengan baik.


Tak heran juga, kalau orang-orang seperti ini memiliki nilai plus. Karena memang mereka pandai untuk mengatur waktu dan memiliki semangat yang kuat.

Penutup

Demikianlah pembahasan Rujend seputar tipe-tipe mahasiswa saat perkuliahan. Semoga bermanfaat bagi kalian. Terima kasih sudah mampir, jangan lupa juga untuk kunjungi artikel menarik lainnya.

0 Response to "5 Tipe Mahasiswa yang Pasti Dijumpai di Kampus, Kamu yang Mana?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel