Pengertian dan Jenis Bisnis Waralaba / Franchise

Pengertian dan jenis waralaba atau franchise - Saat ini bisnis waralaba sudah cukup berkembang pesat. Banyak sekali jenis bisnis waralaba baru yang bermunculan. Seperti waralaba minuman, makanan, laundry, bahan bakar, sampai waralaba pendidikan.

Berkembangnya bisnis waralaba ini juga dipengaruhi oleh tingkat kesadaran masyarakat. Banyak masyarakat sekarang yang ingin berwirausaha. Bisnis waralaba ini menjadi pilihan bagi mereka karena untuk menjalankan usaha, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Rata-rata hanya butuh modal sekitar 5-50 juta rupiah.

Pengertian dan Jenis Waralaba atau Franchise


Sebelum pembahasan yang lebih dalam tentang waralaba, tahukah kamu apa pengertian waralaba? Apa juga jenis-jenis waralaba? Nah.. bagi kamu yang belum tahu silakan baca artikel ini.

Pengertian Waralaba

Secara harfiah, waralaba dapat diartikan sebagai hak untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis di daerah yang telah ditentukan. Sedangkan secara historis, waralaba didefinisikan sebagai penjualan khusus suatu produk di daerah tertentu dengan produsen memberikan pelatihan kepada perwakilan penjualan serta menyediakan produk informasi dan iklan, dan ia juga mengontrol perwakilan yang menjual produk di daerah yang telah ditentukan. 


Dalam bahasa Inggris, waralaba artinya sama dengan franchise. Kadang kedua kata itu digunakan secara bersama-sama. Hal ini disebabkan keduanya tidak memiliki perbedaan yang berati, kecuali dari segi bahasa saja. Kata franchise pertama kali digunakan pada 1851 oleh Isaac Singer, seorang seniman dan pengusaha dari Amerika. Tetapi istilah franchise itu sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti kejujuran atau kebebasan. 

Terdapat dua elemen penting yang menjadi bagian utama sistem bisnis waralaba.

Franchisor

Yaitu pemilik atau produsen barang atau jasa yang telah memiliki merek tertentu serta memberikan atau melisensikan hak eksklusif kepada pihak lain sebagai bagian dari strategi pemasaran barang dan jasa yang diproduksi. Dalam bahasa Indonesia, kata franchisor sama artinya dengan kata pewaralaba.

Franchisee

Yaitu pihak yang menerima hak eksklusif dari franchisor untuk mengembangkan merek usahanya di beberapa wilayah. Dalam bahasa Indonesia, franchisee sama artinya dengan terwaralaba.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Sejumlah pakar juga ikut memberikan definisi terhadap waralaba. 

Henry Campbell Black 

Dalam bukunya yang berjudul Black's Law Dict, menjelaskan bahwa waralaba merupakan sebuah lisensi merek dari pemilik yang mengizinkan orang lain untuk menjual produk atau jasa atas nama merk tersebut.

David J. Kaufmann

Seorang pengacara terkemuka dari New York, mendefinisikan waralaba sebagai sebuah sistem pemasaran dan distribusi yang dijalankan oleh institusi kecil yang digaransi dengan membayar sejumlah fee, dengan standar operasi yang mapan di bawah franchisor.

Reitzel, Lyden, dan Robert & Severance

Waralaba diartikan sebagai sebuah kontrak atas barang intangible atau tidak dapat diraba yang dimiliki oleh franchisor, seperti merk yang diberikan kepada orang lain untuk digunakan dan dimanfaatkan dalam sebuah usaha sesuai dengan teritori yang telah disepakati.

Dr. Martin Mendelssohn

Pakar waralaba dari USA mengatakan format bisnis waralaba adalah modal izin dari suatu pihak kepada pihak lain dan biasanya mensyaratkan franchisee (terwaralaba) untuk mengadakan bisnis di bawah nama dagang franchisor.

V. Winarto 

Waralaba adalah hubungan kemitraan pengusaha yang usahanya kuat dan sukses dengan pengusaha yang relatif baru dan belum memiliki posisi yang kuat. Dengan saling menguntungkan satu sama lain khususnya dalam bidang usaha penyediaan produk dan jasa langsung kepada konsumen.

Jenis-Jenis Franchise atau Waralaba 

Saat ini, sistem waralaba yang berkembang pesat di negara-negara industri maju adalah waralaba ritel maupun waralaba rumah makan siap saji. Begitu pula yang terjadi di negara berkembang seperti Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis waralaba yang dibedakan dalam beberapa kategori. 


Berdasarkan kriteria yang digunakan, kita bisa mengategorikan waralaba ke dalam bidang-bidang tertentu. Secara umum, kita bisa membedakan antara waralaba industrial dan waralaba komersial.

1. Waralaba Industrial

Waralaba industrial adalah suatu bentuk kerja sama wirausaha antarpengusaha (manufacturer). Jadi franchisor adalah pemilik sistem manufacture dan/atau brevet eksklusif. Di sini pewaralaba memberikan hak kepada pengusaha lainnya untuk mengeksploitasi sistem manufacture dan/atau brevet eksklusif untuk dioperasikan di wilayah terbatas. 

Semua sarana yang diberikan pewaralaba akan memungkinkan terwaralaba melakukan bisnis usaha yang sama dengan pewaralaba, yaitu dengan mengopi formula dan metodologi yang tentunya sudah teruji. Namun, peawaralaba tidak menyerahkan intergalitas prosedur produksi secara menyeluruh.

2. Waralaba Komersial

Warlaba komersial dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu waralaba distribusi produk, distribusi jasa, dan waralaba mix. 

Waralaba distribusi produk bertujuan untuk mengomersialisasikan stau atau beberapa produk yang biasanya diproduksi atau didistribusikan oleh pewaralaba secara eksklusif.

Waralaba distribusi jasa memiliki objek perusahaan yang terdiri dari satu atau kesatuan jasa, yang dikomersialkan oleh terwaralaba berdasarkan metodologi yang dia terimadari pewaralaba. Jenis waralaba ini membutuhkan kontrol yang cukup ketat dari pewaralaba supaya kualitas servis yang memuaskan tercapai dan terjaga. 

Sedangkan waralaba mix merupakan franchise yang memiliki objek komersialisasi berupa gabungan antara produk dan jasa.

Berdasarkan formatnya, waralaba terbagi menjadi dua macam berikut ini.

1. Waralaba Produk dan Merek Dagang

Waralaba jenis ini adalah pemberian hak izin dan pengelolaan dari franchisor kepada penerima waralaba untuk menjual produk dengan menggunakan merek dagang dalam bentuk keagenan, distributor, atau lisensi penjualan. Franchisor membantu franchisee dalam memilih lokasi yang baik dan aman, serta menyediakan jasa untuk membantu mengambil keputusan antara 'jadi' atau "tidak jadi".

2. Waralaba Format Bisnis

Waralaba jenis ini adalah sistem waralaba yang tidak hanya menawarkan merek dagang dan logo, tetapi juga sistem yang lengkap dan komprehensif tentang tata cara menjalankan bisnis. Jenis waralaba yang banyak berkembang di Indonesia saat ini adalah jenis waralaba format bisnis.

Selain jenis-jenis waralaba di atas, kita bisa membagi lagi waralab menjadi beberapa maca berdasarkan macam produk dan jasa yang ditawarkan.

  • Waralaba bidang properti dan produk
  • Waralaba bidang hiburan
  • Waralaba bidang makanan dan minuman
  • Waralaba bidang teknologi informasi
  • Waralaba bidang kesehatan dan kecantikan
  • Waralaba bidang kurir
  • Waralaba bidang konsultan dan pelatihan
  • Waralaba bidang laundry
  • Waralaba bidang otomotif
  • Waralaba bidang pendidikan
  • Waralaba bidang printing
  • Waralaba bidang ritel
  • dan lainnya...

Kesimpulan

Waralaba adalah hubungan kemitraan pengusaha yang usahanya kuat dan sukses dengan pengusaha yang relatif baru dan belum memiliki posisi yang kuat. Dengan saling menguntungkan satu sama lain khususnya dalam bidang usaha penyediaan produk dan jasa langsung kepada konsumen.

Jenis-jenis waralaba berdasarkan kriteria yang digunakan dibedakan menjadi dua yaitu waralaba industrial dan waralaba komersial. Sedangkan waralaba berdasarkan formatnya dibagi menjadi waralaba produk dan merek dagang dan waralaba format bisnis. 

Jadi itulah pembahasan tentang pengertian waralaba atau franchise dan jenis-jenis waralaba atau franchise. Terima kasih sudah berkunjung. Kunjungi juga artikel menarik lainnya ya...

0 Response to "Pengertian dan Jenis Bisnis Waralaba / Franchise"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel