Pengalaman Mengesankan Kuliah di PKN STAN

Pengalaman kuliah di pkn stan - Siapa sih yang tidak pengin kuliah di PKN STAN ? Hampir semua siswa SMA/SMK sederajat pengin melanjutkan kuliah di Politeknik Keuangan Negara STAN. Kalian juga pasti penasaran kan pengalaman rasanya kuliah di PKN STAN. Melalui artikel ini saya mau berbagi pengalaman saya ketika kuliah di STAN.

Pengalaman Kuliah di PKN STAN


Politeknik Keuangan Negara STAN adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kemenkeu yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang keuangan negara. Jadi kalau masuk kampus ini, kamu bakalan sering ketemu sama mata kuliah yang mempelajari tentang keuangan negara.

Nah.. kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan terfavorit. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar PKN STAN tahun kemarin (2018).

sumber: kedinasan.com
Jumlah pendaftar di kampus Ali Wardhana (julukan kampus ini) hampir setiap tahunnya mencapai ratusan ribu. Sedangkan yang diterima sangat sedikit. Bisa dilihat dari gambar di atas, pendaftar tahun 2018 sebanyak 147.702 dan jumlah yang diterima hanya sebesar 7.301. Sehingga hampir dipastikan kalau yang masuk kampus ini adalah orang-orang terpilih ya  *bukan sombong, tapi emang nyatanya begitu hehehe*.

Oiya ada satu hal yang harus banget kamu tahu. Masuk stan itu nggak ada yang namanya pakai sogok-sogokan ya. Dan juga nggak ada KKN.

Jadi sekaya apapun kamu, mau kamu anaknya lurah, anaknya pejabat, anaknya menteri, bahkan anaknya presiden sekalipun kalau tidak lulus ujian saringan masuk stan tidak akan diterima. Kenapa aku bilang gini, karena aku masih sering mendapati orang-orang yang nanya "masuk stan bayar berapa mas?"

Kesel kan mau ngejawabnya. Nah.. kamu udah tahu kan sekarang kalau masuk stan itu murni karena ujian, tolong kasih tahu juga ya ke temen-temen yang lainnya.

Kok jadi melebar gini ya pembicaraanya )):

Baiklah inilah pengalamanku kuliah di PKN STAN. Tapi mulai dari mana ya? Dari sini aja deh...

Gimana Cara Bisa Masuk PKN STAN?

Tak kenal maka tak sayang. Jadi izinkan aku untuk perkenalan terlebih dahulu.

Namaku Ginting. Lengkapnya Ginting Praba Waluyo. Jadi aku ini lulusan stan tahun 2018 (baru banget lulus). Aku dulu mahasiswa D I Kepabeanan dan Cukai. Puji Tuhan sekarang sudah bekerja di KPU Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok (masih dalam masa OJT).

Itu perkenalan singkat dari saya. 

***
Ya dulu aku juga sama kaya kamu, pengin banget bisa masuk stan. Sering nanya ke kakak kelas gimana sih caranya biar bisa masuk stan. Dan jawaban masing-masing orang itu pasti berbeda-beda.

Sekarang aku mau ngasih cara masuk stan versiku sendiri ya.

Berdasarkan pengalaman aku pribadi, ada 4 hal yang harus kamu punya biar bisa kuliah di stan.

Pertama adalah niat. Jadi niat itu pondasi utama buat kamu melangkah ke step berikutnya. pastikan niat kamu benar-benar untuk kuliah di stan. Jangan masuk stan karena terpaksa. Apapun yang dilakukan dengan terpaksa itu rasanya nggak enak.

Pokonya jangan setengah-setengah deh. Kalau mau di univ yang lain ya jangan kuliah di stan.
Kedua adalah sering-sering latihan soal ujian saringan masuk stan. Pelajari betul soal-soal dari tahun ke tahun. Karena sebenarnya tipe usm stan itu nggak jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya. Nah.. semakin sering berlatih kamu bakalan semakin enjoy mengerjakan soal. Sehingga saat ujian nanti kamu tuh kaya udah hafal gitu cara ngerjainnya. 

O soal ini caranya gini. Ini gini jawabannya. Soalnya aku juga ngerasain gitu sih dulu.

Terus ketiga adalah restu orang tua. Aku yakin banget kalau restu orang tua itu sangat penting. Apapun yang kita cita-citakan tanpa restu orang tua itu kurang baik.

Orang tua itu ibarat tangan panjang Tuhan untuk kita. Jadi kalau nggak ada restu orang tua sama halnya Tuhan tidak menghendaki kita melakukan hal itu. Benar nggak sih?

Intinya restu orang tua itu penting.

Yang terakhir itu fakote luck atau bejo. 

Bejo yang aku maksud bukan berarti ngerjain soal asal-asalan terus tiba-tiba lulus. Bukan, bukan itu.

Bejo itu maksudnya ketika dapat soal itu kamu ngerasa mudah. Biasanya ketika latihan kamu ngerjainnya susah, tapi waktu ujian ternyata kerasa mudah ngerjainnya. Lebih condong ke itu sih arti bejonya.

Oiya, bejo ini bukan kebetulan ya. Bejo ini ada karena emang kamu seing latihan dan karena campur tangan Tuhan. Jadi selalu doakan usahamu sama Tuhan ya biar cita-citamu masuk stan bisa tercapai.

Untuk tips masuk stan lainnya bisa kamu baca di 6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (Based on True Story).

Perkuliahan di PKN STAN

Tadi udah cerita sedikit gimana cara saya bisa masuk stan. Sekarang saya mau cerita tentang seperti apa perkuliahan di PKN STAN.

Di stan itu ada 4 jurusan, yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, dan Kebendaharaan Negara. Kebetulan saya masuk Bea Cukai jadi aku mau menceritakan pengalamanku dari sudut pandang seorang mahasiswa bea cukai stan.

***
Karena aku dapat D I, jadi aku hanya kuliah satu tahun. Selama satu tahun saya mempelajari tentang keuangan negara khususnya di bidang kepabeanan dan cukai.

Perkuliahan di stan itu hampir seperti orang sekolah deh. Masih pakai seragam, masih ngatur jadwal, masih ada upacara, dan masih-masih yang lain.

Mahasiswa stan itu harus pakai seragam kuliahnya. Hari senin-rabu seragam hitam-putih, selasa kemeja cerah, kamis batik, dan jumat-sabtu baju bebas tapi sopan. Ya kalau kamu pengin kuliah yang pakai seragam seenaknya jangan masuk stan deh ya.

Terus masalah jadwal kuliah itu udah ada default yang diberikan oleh bagian akademik stan. Biasanya satu hari itu rata-ratanya 6 SKS per hari. 

Oiya total SKS selama 2 semester aku kuliah di stan ada 48 SKS. Semester satu 23 SKS dan semester dua 25 SKS. Nggak tahu sih kalau jurusan yang lain sama atau nggak.

Kegiatan belajar mengajar di stan hampir mirip lah kaya di SMA. Bedanya cuma kita harus lebih aktif dan rajin belajar aja sih menurutku.

Selama KBM kamu bakalan sering-sering presentasi sih. Emang harus gitu sih ya, namanya udah mahasiswa kan harus lebih aktif ya dibanding dosennya. Di kampus lain juga saya yakin seperti itu. 
Nggak ada yang beda banget sih KBM di stan sama kampus lain.

Bedanya mungkin di pagu IP yang harus dipenuhi. IP per tiap semester yang harus dicapai itu 2,75. Di bawah itu sudah dipastikan di drop out. Kalau kamu belajar serius IP segitu gampang kok.

***
Aku mau cerita ketika ujian di stan nih. Setiap ujian di stan, mau ujian tengah semester maupun ujian semester biasanya mahasiswanya bakalan stres tuh. *tergantung orangnya juga sih*.

Suasana di sekitar kampus juga jadi sepi banget. Jalan-jalan lengang karena mahasiswa sedang sibuk mempersiapkan ujian. Tak sedikit yang rela begadang sampai pagi buat ngejar materi ujian. 

Kalau ada yang bilang kuliah di stan itu ibarat berjuang tapi tak berdarah itu menurutku benar sih. 

Nah.. saat ujian di stan itu harus benar-benar steril ya. Artinya kamu nggak boleh ngantongin hape, kertas, atau apapun di dalam kantong pakaian kamu. Karena di stan itu benar-benar ketat banget soal integritas. 

Ketahuan nyontek, sudah bisa dipastikan orang itu akan didrop out. Pokoknya bukan anak stan deh kalo nyontek.

Kegiatan di PKN STAN

Kegiatan di stan itu bisa dibilang sedikit ya. Atau mungkin karena aku jarang mengikuti kegiatan :))

Ya hampir sama sih kaya kampus lain. Di stan ada sekitar 40an unit kegiatan mahasiswa. Ada ukm olahraga, seni, sastra, agama, pecinta alam, dan sebagainya. Jadi kamu bisa menyibukan dirimu dengan ikut unit kegiatan mahasiswa yang ada di stan.

Biasanya juga tiap jurusan juga punya event sendiri-sendiri. Ya sebenarnya nggak sedikit juga sih kegiatannya ya. Tapi ya gimana ya, mungkin aku aja deh yang kurang ngikutin kegiatan di stan :))

Lingkungan Kampus PKN STAN

Ini nih menarik banget. Kamu harus kenal sama lingkungan kampus stan. 

Jadi di sekeliling stan itu ada 5 titik yang paling banyak dihuni oleh mahasiswa stan. Ada Pondok jaya, Kalimongso, Ceger, Sarmili, dan Pondok Jurang Mangu Indah.

Kalau di Pondok Jaya itu serba mahal. Kosan mahal, makan juga mahal kalau di sini. Biasanya anak-anak di sini beli makan di sekitaran PJMI atau Kalimongso. 

Kalimongso bisa dibilang kawasan kumuh. Lokasinya di belakang kampus stan. Kosan di sini murah, makan juga murah, cuman lingkungannya kumuh dan kurang bersih.

Kalau lokasi Ceger itu lumayan enak sih katanya. Dekat jalan besar, dan lokasinya berada di belakang stan juga.
Sarmili kalau menurut pandanganku sih hampir mirip lah sama Kalimongso, cuman lebih mendingan dikit.

PJMI ini mirip Pondok Jaya. Kosan di sini bagus-bagus dan masih lebih murah dibanding Pondok Jaya. Cuman di sini rawan maling.

Harga kosan di stan itu bisa dibilang mahal. Waktu aku masuk stan (2017) kosanku untuk 1 tahun harganya 6,5 juta. Sedangkan sekarang harganya naik hampir 2x lipat jadi 13 juta. Gila emang ya ibu kos itu :(

Kalau di rata-rata biaya kosan satu tahun di stan itu 10-12 juta.

Terus gimana soal makanan. Makan di sekitaran stan sih masih wajar. Makan nasi, sayur, telur harganya masih 10 ribuan lah. Masih terjangkau kok. 

Intinya ya kita harus pintar-pintar beradaptasi aja sih sama lingkungan stan.

Penutup

Itu aja dulu mungkin ya yang bisa aku bagikan soal pengalaman kuliah di PKN STAN. Semoga bermanfaat bagi kamu ya. Aku doain juga semoga kamu bisa menjadi mahasiswa PKN STAN tahun ini. Selalu semangat ya. Kalau ada yang mau ditanyakan terkait stan, boleh ditulis di kolom komentar atau bisa langsung kontak saya.

Oiya, jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya ya. Terima kasih.

0 Response to "Pengalaman Mengesankan Kuliah di PKN STAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel