Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change yang Sangat Penting

Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change

Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change yang Sangat Penting

Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change yang Sangat Penting - Menjadi mahasiswa berarti memiliki beban yang lebih dibandingkan sebelumnya. Salah satu beban itu adalah mahasiswa harus bisa menjadi agen perubahan atau agent of change. Perubahan yang positif untuk membangun bangsa ini lebih maju ke depannya.

Bangsa ini bisa merdeka tak lepas dari peran penting para mahasiswa. Perjuangan mulanya dilakukan dengan peperangan. Dan Indonesia selalu kalah, karena kurangnya persenjataan dan unsur pendukung lainnya.

Kita mengenal dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai penggagas Budi Utomo. Kita juga mengenal tokoh yang terkenal karena gagasan "Tut Wuri Handayani" yaitu Ki Hajar Dewantara. Mereka sadar betul bahwa untuk meraih kemerdekaan tidak akan berhasil jika dilakukan melalui perang saja. Harus ada jalur lain, salah satunya adalah melalui organisasi di mana para mahasiswa sebagai kaum intelektual menjadi "sopir" organisasi yang membawa Indonesia menuju kemerdekaan.

Mahasiswa Harus Berani Membawa Perubahan

Soeharto menurut saya pribadi merupakan seorang pemimpin yang powerful. Buktinya dia mampu menobatkan dirinya sebagai seorang yang menjabat Presiden terlama di negeri ini.Tak ada yang berani menentang dia. Semua kebijakan harus dilaksanakan. Sedikit menentang, nyawa melayang. 

Presiden yang identik dengan Penembak Misteriusnya ini akhirnya harus lengser setelah 32 tahun menjabat. 1998 terjadi krisis ekonomi yang membuat rakyat menjerit.

Mahasiswa tidak tinggal diam! Mereka mengutarakan pendapatnya sampai ke atap gedung MPR. Sampai akhirnya suara para pemuda mampu melengserkan pemerintahan yang penuh dengan ke-otoriter-annya.

Hebat! Mahasiswa hebat.

Kehebatan itu mari kita lanjutkan. Kita sudah merdeka, tapi perjuangan kita akan lebih berat dibandingkan dulu.

Mahasiswa sebagai agent of change harus mampu menjadi lilin dalam gulitanya malam. Harus mampu menjadi garam dalam hambarnya kangkung. Mahasiswa harus punya dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya.

Hal Apa yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Sebagai Agent of Change?

Saya yakin, semua mahasiswa adalah orang yang memiliki kemampuan berpikir yang baik. Mahasiswa bukanlah orang yang sekedar belajar membaca dan menulis. Mahasiswa bukan lagi orang yang sekedar mengejar nilai tinggi. Mahasiswa haruslah memiliki kepekaan yang baik terhadap lingkungannya.

Cari masalah-masalah yang terjadi pada lingkungan sekitar. Tapi jangan cuma cari masalahnya saja, cari juga solusinya. 

Untuk dapat menemukan solusi maka seorang mahasiswa harus memiliki pengetahuan yang luas. Untuk memiliki pengetahuan yang luas maka mahasiswa harus rajin belajar!

Jika kamu mahasiswa berperan sebagai agen perubahan maka buang jauh-jauh rasa malas. Ganti waktu main game-mu dengan hal-hal positif seperti membaca buku atau menulis, atau kegiatan positif lainnya. 

Dengan banyak belajar akan membawa kita pada suatu titik di mana menghadapi sebuah masalah itu harus dilihat dari berbagai sisi. Tidak terpusat pada satu sisi saja. Sehingga suatu permasalahan akan diselesaikan dengan baik.

Pernahkah kamu berpikir kenapa masih ada tetanggamu yang menjadi pengangguran? Pernahkah kamu berpikir kenapa para petani masih mengeluh tentang perairan untuk sawahnya?

Kamu mempunyai kemampuan intelektual lebih dibanding mereka. Carikan mereka solusi. Lihatlah dari berbagai sisi dan aspek lalu lakukan aksi dan buatlah perubahan.

Mahasiswa Harus Talk Less Do More!

Beras akan tetap menjadi beras jika tidak dimasak menjadi nasi. Kertas tetap menjadi kertas jika tidak digores menjadi lukisan indah...

...dan gagasan tetaplah gagasan tanpa mewujudkannya menjadi sebuah kenyataan.

Seperti tadi misal, kita punya masalah ketika melihat tetanggamu banyak yang menjadi pengangguran. Maka kita harus gerak mencari solusinya.

Contohnya adalah dengan mencari seorang trainer ataupun seorang pengusaha. Setelah menemukan orangnya, bujuk dia supaya mau melatih para tetangga kita dengan gratis. Lobi terus sampai kita dapat. Setelah dapat orangnya, maka buatlah acaranya. Dalam contoh ini adalah acara untuk mengedukasi para tetangga kita yang menganggur agar memiliki ide dan keberanian memulai usaha.

Usaha butuh dana, carikan solusinya. Bicarakan dengan pemerintah, saya yakin kamu mahasiswa punya kemampuan untuk itu.

Itu hanya contoh saja. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa untuk memberikan perubahan bagi lingkungan. Yang paling penting adalah aksi, bukan gagasan belaka.

Mahasiswa yang Mampu Menempatkan Diri

Era sekarang ini kalau boleh saya katakan adalah era di mana sebuah kebenaran sangat mudah dikalahkan dengan sebuah kepalsuan. Ya bisa dibilang hoax di Indonesia sudah merajalela saat ini. Kita semua tahu dan kita menyadari itu. Tetapi masih banyak juga mahasiswa yang terjebak dalam sebuah hoax.

Lagi, sebagai kaum intelektual sudah sepantasnya mahasiswa mampu menyaring dan memilah informasi-informasi yang tersebar di dunia maya. 

Untuk tidak terjebak dalam hoax, maka posisikan diri kita sebagai mahasiswa. Seorang mahasiswa ketika mendapat informasi haruslah melakukan cek dan ricek terhadap informasi yang diterima. Cari tahu kebenarannya dan jika dirasa info tersebut dirasa penting untuk disebarkan, maka sebarkanlah. 

Tetapi jangan menyebarkan berita hoax yang menurut kamu sesuai dengan kepentingan yang kamu bela. 

Kesimpulan

Seorang mahasiswa sebagai agent of change adalah seorang yang harus memiliki kemampuan berpikir yang baik. Mahasiswa juga harus memiliki tingkat kepekaan sosial yang tinggi. Setiap permasalahan yang ada di sekeliling, tugas seorang mahasiswa adalah mencari jalan keluarnya.

Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang mamapu beraksi, bukan sekedar beretorika saja. Dalam kehidupan bernegara seorang mahasiswa juga harus memiliki kemampuan untuk menempatkan dirinya dengan baik.

Jadi itulah peran mahasiswa sebagai agent of change versi Rujend. Apakah sependapat dengan saya ? Atau malah punya pendapat yang lainnya ? Silakan tulis di kolom komentar.

0 Response to "Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change yang Sangat Penting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel