8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar

8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Besar



Saat berencana kuliah, mungkin kamu bingung kira-kira masuk ke jurusan mana? Apalagi kalau kamu belum tahu passionmu di mana. Pun kalau berpatokan pada harapan kerja yang menjanjikan, kamu juga belum tahu jurusan apa saja itu. Karena itu lah kami beritahukan 8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar.

8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar

Siapa tahu dengan ini, kamu menjadi tidak kebingungan lagi untuk memilih jurusan kuliah. Dengan artikel ini juga semoga kamu nggak salah langkah untuk memilih jurusan.

Lalu apa saja? Berikut daftarnya untuk kalian.

1. Kimia

Jurusan Kimia

Sewaktu duduk di bangku SMA, seorang guru pernah mengatakan, kalau kalian mengambil jurusan Kimia saat kuliah nanti, masa depan kamu akan benar-benar terjamin.

Dan ternyata itu benar. Menurut Careecast, jurusan Kimia tidak hanya membawa prospek kerja menjanjikan, tapi juga gaji yang besar. Profesi yang bisa didapat dari jurusan ini di antaranya adalah chemical engineer (insinyur kimia) dan ahli medis.

2. Ilmu Komputer atau Teknik Informatika

Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika (IT)

Melihat betapa teknologi begitu dibutuhkan saat ini, peluang kerjanya pun semakin terbuka lebar. Banyak perusahaan yang memerlukan ahli IT. Apapun jenis perusahaan, selalu membutuhkan orang-orang seperti demikian untuk melancarkan pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi.

Jangan tanyakan soal gaji, bisa sampai puluhan juta rupiah. Maka dari itu, melihat betapa menggeliurkannya pekerjaan ini, Kamu jangan malas lagi mempelajari coding yang rumit itu.

3. Desain Komunikasi Visual  (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Dengan jurusan tersebut, harapan kerja menjanjikan bisa kamu buat sendiri (membuat peluang usaha sendiri) atau bisa juga kerja untuk orang lain.
Banyak hal yang dipelajari di sini, cangkupannya berhubungan dengan komunikasi visual.

Kerjanya juga kebanyakan ada yang di balik kamera, komputer, layar dan sebagainya.
Gaji juga sangat mahal, apalagi Kamu fokus pada desain grafis. Peluang kerja semakin terbuka lebar.

4. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar berikutnya adalah kebalikan dari jurusan Desain Komunikasi Visual.

Jika anak DKV kerjanya di balik layar, beda lagi dengan anak komunikasi ini.

Jurusan ini juga jauh dari yang namanya hitung-hitung. Cocok juga untuk otak pas-pasan atau cuma punya keahlian bicara.
Yang penting di jurusan ini Kamu punya public speaking yang bagus.

Prospek kerjanya juga banyak. Kamu bisa menjadi jurnalis, reporter, penyiar radio, dosen, dan masih banyak lagi.

Ah iya, yang tidak pandai bicara tapi pandai menulis juga bisa menikmati jurusan ini. Nanti Kamu masuk saja ke bagian jurnalis, ada hubungannya dengan tulis menulis.

5. Kedokteran

Jurusan Kedokteran

Untuk menempuh pendidikan di jurusan satu ini tergolong lama dan sulit. Butuh juga sejumlah dana agar Kamu bisa lulus dengan gelar dokter secara lancar.
Kuliah di jurusan ini sangat menguras isi dompet kalian. Tapi hasil dari menempuh pendidikan di jurusan tersebut tidaklah mengecewekan.

Ada banyak lowongan menjadi dokter mengingat setiap manusia pasti selalu bisa sakit di kehidupannya. Gaji yang diberikan pun tak main-main.

Dengan kuliah di kedokteran, kehidupan Kamu bisa makmur dari muda sampai tua nanti.

6. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional

Yang kalian pelajari di jurusan ini adalah tata cara berkomunikasi dengan orang asing, mempelajari budayanya, etika, kebiasaan negara lain dan sebagainya.
Peluang kerjanya Kamu bisa menjadi seorang diplomat, negosiator, ataupun dosen.

Yang pasti di sini Kamu bisa menguasai bahasa asing. Dan begitu terhormat sekali bila Kamu menjadi diplomat. Profesi tersebut sangat membanggakan, di lain sisi juga bergaji lumayan.

7. Bisnis dan Manajemen

Jurusan Manajemen Bisnis

Makin banyaknya perusahaan berdiri di tanah Indonesia, maka makin dibutuhkannya orang-orang yang dapat mengatur laju kerja perusahaan.

Manajemen bisnis ini juga bergerak di ranah Sumber Daya Alam, konsultasi juga penelitian.
Jurusan Bisnis dan Manajemen juga jurusan yang fleksibel. Setiap perusahaan pasti membutuhkan orang-orang yang menyandang gelar tersebut. Jadi kalian jangan takut kekurangan lowongan kerja.

Tapi melihat kenyataan sekarang, banyak yang memilih mengambil jurusan ini. Semakin banyak orang yang mengambil jurusan tersebut, maka semakin sempit pula lowongan kerja.

8. Akuntansi

Jurusan Akuntansi

Dan yang terakhir adalah Akuntansi. Kalian tak akan asing dengan jurusna ini. Karena mungkin tetangga Kamu yang kuliah juga masuk ke jurusan tersebut.

Akuntansi tidak pernah sepi peminat. Pasti selalu saja ada orang-orang yang masuk ke jurusan tersebut karena mereka sudah tahu, kalau peluang kerjanya begitu terbuka lebar.

Menurut Careecast, akuntansi adalah jurusan paling stabil, alias tidak akan kekurangan lowongan kerja. Banyak lowongan kerja di jurusan tersebut.

Tapi sadarkah kalian? Makin ke sini, karena terlalu banyak yang mengambil akuntansi, malah lebih banyak yang nganggur.

Tapi kita tidak bisa menyalahkan lowongan kerjanya. Sebenarnya ada banyak lowongan kerja, hanya saja persaingan yang memang ketat mengingat peminatnya saja banyak. Jadi jangan kaget kalau persaingan yang ketat itu malah membuat mereka menjadi pengangguran.

Penutup

8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan di atas hanyalah beberapa daftar yang semuanya belum tersebutkan. Yang pasti,setiap jurusan tetap memiliki lowongan kerjanya sendiri-sendiri.

Sebenarnya untuk mendapatkan pekerjaan itu tergantung diri masing-masing. Tinggal kamu saja, mau bergerak mencari kerja atau diam saja?

Sekian artikel kali ini. Kalau kamu punya rekomendasi jurusan kuliah yang lain, tulis di komentar ya.

Terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Response to "8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel