7 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Natural dan Apa Adanya

7 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Natural dan Apa Adanya - Satu kesalahan orang-orang sekarang adalah terlalu memikirkan apa kata orang. Sehingga hidupnya ditentukan oleh apa kata orang.

Memiliki kehidupan yang demikian tentu lama-kelamaan akan menyiksa diri sendiri. Hidup terasa tertekan, tidak merasa bahagia, dan tidak bisa menikmati kehidupan sepenuhnya.

Hal tersebut akan berbeda jika kita mampu menjadi diri sendiri yang apa adanya. Dengan hidup yang apa adanya dan natural tentu membuat kita lebih menikmati hidup. Menjadi diri sendiri apa adanya berarti hidup sesuai dengan hati kita. Bukan sesuai dengan apa kata orang.


7 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Natural dan Apa Adanya


Saya sendiri mengakui memang susah untuk menjadi diri sendiri. Banyak kondisi di mana kita tidak mampu melawan untuk tidak mengikuti apa kata orang.

Misalnya ketika mau menghadiri pesta pernikahan si A, saya pengin pergi dengan tampilan sederhana, tanpa perhiasan yang berlebihan. Tapi teman saya bilang kalau pakaiannya biasa-biasa saja sama halnya tidak menghargai si A yang sedang menikah. Atau bisa juga dengan pakaian yang biasa-biasa saja nanti bakal dibilang kampungan dan segala macam. Akhirnya saya ikuti kata teman saya untuk tampil mewah saat pergi ke pernikahan si A.

Hal semacam ini sering kali kita alami dalam kehidupan sehari-hari, walaupun dalam kasus yang berbeda.

Artikel kali ini saya buat untuk membantu kita semua agar mampu menjadi diri sendiri tanpa mengikuti apa kata orang. 8 cara menjadi diri sendiri yang natural dan apa adanya ini semoga dapat membantu kamu yang pengin menjadi diri sendiri.

7 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Natural dan Apa Adanya


1. Bersyukur Atas Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri


Cara Menjadi Diri Sendiri : Bersyukur


Kunci utama untuk menjadi diri sendiri adalah dengan bersyukur atas kekurangan dan kelebihan diri. Caranya adalah dengan menyadari bahwa semua manusia yang diciptakan Tuhan adalah yang terbaik sesuai dengan kehendak-Nya.

Sadari kalau kamu memang punya kekurangan. Terima saja kekurangan itu, Tuhan sudah atur rencana indah dibalik kekuranganmu itu. Jangan pernah mengeluh akan kekuranganmu. 

Kamu mungkin tidak sepintar teman kelasmu dalam masalah akademik. Tapi kamu punya kemampuan lebih yang tidak dimiliki oleh temanmu dalam bidang olahraga. 

Jadi jangan pernah mengingini apa yang memang sudah ditentukan Tuhan untuk menjadi milik orang lain. Semakin kamu merasa ingin menjadi/memiliki apa yang orang lain punya, maka semakin susah kamu untuk menjadi diri sendiri.

Intinya adalah bersyukur. Dengan bersyukur kamu akan selalu merasa berkecukupan sehingga kamu akan merasa puas dengan apa yang ada pada dirimu. Tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain yang ujung-ujungnya hanya akan  membuatmu menderita.

2. Bersikap Jujur Terhadap Diri Sendiri


Cara Menjadi Diri Sendiri : Bersikap Jujur Terhadap Diri Sendiri


Banyak orang sekarang yang terlalu memikirkan gengsi tanpa melihat kemampuan yang dipunyai. Padahal gengsi hanya akan membuat kita selalu merasa kekurangan dan tidak menghargai diri sendiri.

Misal, Dena anak kuliah dan kondisi dia adalah anak kos. Saat itu dia akan kerja kelompok nih sama teman-temannya. Berhubunng Dena dan teman satu kelompoknya belum pada makan, maka rencana mereka mau makan bareng. Salah seorang menyarankan untuk makan di McD dan semuanya setuju. Dena sama sekali belum pernah makan di McD karena kondisi keuangannya yang minim. Tapi karena Dena lebih mementingkan gengsi, maka Dena ikut setuju walaupun uang Dena sangat pas-pasan.

Sikap tersebut adalah salah. Hiduplah sesuai dengan kemampuan yang kita punya. Jujurlah terhadap diri sendiri. Tidak perlu memaksakan untuk menuruti gengsi. Apakah dengan menuruti gengsi hidupmu akan nyaman? Tentunya tidak. Hidupmu akan nyaman jika kamu mampu jujur terhadap dirimu sendiri. Menjadi diri sendiri berarti memiliki kejujuran terhadap keadaan diri, bukan memaksa hidup seperti orang lain.

3. Bersikap Bodo Amat Terhadap Apa Kata Orang


Cara Menjadi Diri Sendiri : Bersikap Bodo Amat


Poin ketiga ini saya terinspirasi dari perkataan Raditya Dika. Dalam vlog youtubenya dia mengatakan kalau dia itu nggak suka mencampuri urusan orang lain dan dia nggak suka orang lain mencampuri urusan dia. Menurutku itu pemikiran brilian dari seorang Raditya Dika.

Hal tersebut dapat kita terapkan dalam usaha menjadi pribadi yang apa adanya. Bersikap bodo amat dengan perkataan orang itu sangat diperlukan. Biarkanlah orang lain berkomentar apapun tentang kamu. Jangan terpengaruh dengan apa kata orang.

Mereka mau bilang mukamu penampilanmu jelek, wajahmu jelek, kulitmu hitam bodo amat. Jangan baper. Jangan dimasukan ke hati. Perkataan mereka hanyalah untuk menjatuhkanmu. Jangan terlalu mengkhawatirkan apa yang orang kataka terhadap dirimu. Biarlah segala pikiran dan perilakumu sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

4. Percaya Terhadap Kemampuan yang Dimiliki


Cara Menjadi Diri Sendiri : Percaya Diri


Kita semua punya kekurangan, setuju kan ? Sebanyak apapun kekuranganmu, pasti kamu punya satu kelebihan. Walaupun kelebihan yang kita punya dianggap sepele oleh sebagian orang tapi jika kita percaya diri terhadap kemampuan kita, niscaya akan kelebihan itu akan membuat kita bangga. 

Untuk menjadi diri sendiri, kita harus memiliki kepercayaan diri yang kuat. Dalam menjalani hidup, diri kita harus berpedoman pada diri sendiri, bukan anggapan orang lain tentang kita. Menjadi pribadi sesuai dengan diri sendiri yang apa adanya berarti percaya diri terhadap segala kemampuan yang dipunyai.

5. Berdamailah Dengan Masa Lalu yang Kelam


Cara Menjadi Diri Sendiri : Berdamai Dengan Masa Lalu

Setiap manusia pasti memiliki masa lalu yang kelam. Sehebat apapun, seterkenal apapun, dan sekaya apapun orang itu pasti punya masa lalu yang kelam dalam hidupnya. Meskipun demikian mereka bisa bangkit dan menjadi manusia yang sukses. 

Kenapa bisa seperti itu?

Karena mereka mau berdamai dengan masa lalunya. Masa lalu yang kelam jangan menjadi alasan dirimu untuk menjadi seperti orang lain. Justru dengan berdamai dengan masa lalu maka kamu akan semakin kuat menemukan identitas dirimu yang apa adanya. Bangunlah jati dirimu, belajarlah dari masa lalu.

6. Kenali dan Gali Potensi Diri


Cara Menjadi Diri Sendiri : Kenali dan Gali Potensi Diri


Setiap orang tentu memiliki passion-nya masing-masing. Ada yang lebih bergairah untuk menyanyi, menulis, programing, desain grafis, bikin video, dan lain-lain. 

Bagaimana kita mengenali passion kita? Caranya gampang. Jika kamu melakukan sesuatu dengan nyaman, maka kemungkinan besar itu adalah passionmu. 

Namun, untuk passion kita tidak muncul begitu saja, harus digali. Cara untuk menggali passion kita adalah dengan ketekunan. Tekun untuk mengerjakan sesuatu, tekun untuk belajar seuatu, dan tekun untuk mengembangkannya. 

Potensi yang sudah kita kenal dan gali tersebut kemudian dikembangkan, sehingga akan membantu kita menjadi diri sendiri.

7. Do What You Love, and Love What You Do


Cara Menjadi Diri Sendiri : Do What You Love, and Love What You Do


Dalam hidup kita pasti punya sasaran dan tujuan yang hendak dicapai. Dalam proses untuk mencapai sasaran tersebut ada kalanya kita mendapat sebuah tantangan dan keraguan. Tantangan dan keraguan tersebut membuat kita tidak yakin untuk mencapainya. Akhirnya kita ingin kembali menjadi seperti orang lain. 

Keraguan tersebut dapat dihilangkan dengan cara mencintai apa yang dikerjakan, dan melakukan apa yang kita cintai. Banyak orang yang tidak mencintai pekerjaan mereka sehingga mempunyai pikiran untuk memiliki pekerjaan seperti orang lain. 

So, do what you love and love what you do akan sangat membantu kamu menjadi diri sendiri.

Kesimpulan

Hidup berpura-pura menjadi orang lain tidaklah menyenangkan. Semua tidak akan terasa bahagia. Hidup akan terasa bahagia jika kita mampu menjadi diri sendiri. Caranya adalah dengan bersyukur atas kekurangan dan kelebihan diri, bersikap jujur terhadap diri sendiri, bersikap bodo amat tentang apa kata orang, percaya terhadap kemampuan diri, berdamai dengan masa lalu, kenali potensi diri, dan melakukan apa yang kita cintai.

Itulah 7 cara menjadi diri sendiri yang natural dan apa adanya. Semoga membantu kamu yang ingin menjadi pribadi apa adanya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

0 Response to "7 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Natural dan Apa Adanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel