Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran Supaya Tetap Mendapatkan Nilai yang Bagus

Cara mengejar ketinggalan pelajaran - Sehari tidak berangkat sekolah, maka kita sudah melewati banyak sekali pelajaran penting. Tapi ada pula yang setiap hari berangkat sekolah, tidak pernah absen tapi merasa tidak tahu dengan pelajaran yang didapatnya sehari-hari. Dan berikut ini kami sajikan Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran bagi Kamu yang merasakan kedua hal itu … atau!

Kamu merasa guru yang mengajar kurang ngena ajarannya. Hingga Kamu tidak paham dengan apa yang diterangkan. Dan berbagai alasan lain yang membuat kamu tertinggal.

Mana lagi ujian tinggal menghitung hari. Segala persiapan masih nol. Namun orang tua di rumah menyuruh kita mendapatkan nilai bagus.

Apakah bisa?

Rasanya seperti mustahil. Mana bisa kita mendapatkan nilai bagus di pelajaran yang tidak kita ketahui.

Tapi itu bisa diatasi karena berikut adalah cara-cara mengatasi ketertinggalan belajar kamu.
Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran

Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran Supaya Tetap Mendapatkan Nilai yang Bagus

1.Belajar Menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS)

Banyak pelajar yang melakukan cara ini. Ia belajar hanya di malam sebelum pagi ulangan. Katanya bia membuat nilai kita menjadi bagus.

Itu bukanlah mitos, karena faktanya memang begitu.

Saolanya di saat kita belajar di malam sebelum ulangan, di mana hanya ‘malam itu waktu kita belajar’, maka akan muncul adrenalin dalam otak kita yang membuat kamu atau aku lebih mudah paham dengan materi pelajaran.

Sistem kebut semalam juga menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang merasa tertinggal pelajarannya. Karena dengan mengejar ketertinggalan hanya dalam satu malam, itu membuat adrenalin terpacu, hingga kesempatan kamu mengejar lebih besar.

Begitukah?

2. Mempelajari Soal yang diprediksi Akan Keluar

Bahasa mudahnya itu hanya belajar pelajaran yang dianggap keluar. Mungkin cara ini cocok dilakukan oleh kamu yang duduk di bangku kelas 12. Saat sebentar lagi ujian, tidak mungkin kan kita mempelajari semua materi dari kelas satu sampai tiga.

Untuk itu kita hanya perlu mempelajari materi yang diprediksi akan muncul.

Cara ini bisa kamu praktekkan untuk soal-soal hitungan. Mengingat biasanya soal hitungan tak akan jauh-jauh soalnya dengan contoh. Paling yang berubah hanya angka. Sementara rumus tetap sama.

3. Mencari Kisi-Kisi Ulangan

Kalau yang ini cara kita mempersingkat waktu belajar untuk mapel bukan hitungan. Kamu dapat mencarinya di internet atau meminta kepada guru kalian.

Dengan begitu, waktu yang mepet bisa kamu kejar dengan mudah dengan ketertinggalan pelajaran kamu. 
Pelajaran sudah kita kuasai, nilai pun tentu saja hasilnya bagus.

TAPI!!!!

Apakah itu cara belajar yang baik?

Percaya atau tidak, karena kebiasaan belajar seperti itu, seorang profesor berkomentar kalau Indonesia itu negara yang memiliki ketertinggalan pelajaran selama 128 tahun.

128 tahun itu ada berapa hari? Banyak sekali. Kenapa kita bisa dianggap demikian?
Ya itu tadi, cara belajar kita yang hanya ingin nilai bagus, tanpa memedulikan ‘berhasilkah’ kita menyerap pengetahuan tersebut.

Contoh saja cara SKS seperti yang tersebut di atas. Cara itu memang efektif untuk membuat kita mendapat nilai bagus. Cara tersebut juga membuat aku dan kamu lebih mudah dalam mengingat.

Tapi apa kalian pikir ingatan itu akan berjangka lama? Tentu tidak.

Belajar cepat, memang membuat kita tahu dengan cepat. Tapi seperti kecepatannya itu, kita juga menjadi cepat lupa.

Kemudian belajar dengan hanya latihan soal juga sama tidak baik. Dengan hanya latihan soal, kita tidak bisa belajar ke tingkatan lebih tinggi.

Seperti contoh, yang ada di soal adalah pertanyaan ‘Kenapa besi itu keras?’

Yang kamu pelajari hanya kenapa besi itu keras. Tidak ada pengetahuan apakah besi itu masuk ke dalam golongan konduktor atau isolator? Apakah besi bisa mencair? Bisakah besi hancur? Apa reaksi besi ketika bertemu asam dan lain sebagianya.

Banyak pelajaran yang kalian langkahi. Sungguh disayangkan.

Lalu bagaimana Cara Mengatasi Ketertinggalan Pelajaran yang benar?

Di atas adalah cara instan yang tidak baik untuk nasib hidup kita di masa depan. Sementara cara di bawah ini, bukan cara instan tapi ia akan selalu berguna kapanpun waktunya kita membutuhkannya.

1. Kuasai Pelajaran Sebesar 90% Sebelum Pindah Ke Pelajaran Lain

Banyak yang melewati cara ini. Mereka terus belajar meski dasarnya belum paham. Sebelum melaju ke pembahasan berikutnya, pastikan Kamu paham. Kalau tidak paham, maka pahamkan diri kamu sampai benar-benar paham.

2. Belajar Sedikit-Sedikit Setiap Hari

Berbanding terbalik dengan sistem kebut semalam yang hanya membutuhkan waktu satu malam saja. Dan SKS pun yang dipelajari langsung seabreg.

Santai saja. Yang penting setiap hari kamu belajar. Besar kecilnya pelajaran yang kamu santap, itu tidak penting. Yang penting kalian dan otak bisa mencerna pelajaran dengan lembut.
Pengetahuan itu seperti pohon. Ada akar, batang, daun, dan buah. Kalau ingin memperoleh buah yang enak, maka kita memerlukan proses dari akar, batang, hingga daun. Tidak bisa jika kamu memaksa buah keluar begitu saja tanpa proses.

Ingat kawan, sekolah itu tidak untuk mencari nilai. Sekolah itu mencari ilmu pengetahuan.

Tapi salah Sekolah juga sih, kenapa di sekolah harus segala ada rangking? Kenapa harus ada daftar nilai? Kenapa siswa dengan nilai baik yang diperlakukan baik?

Apapun itu, ubah pola pikir kamu mulai dari sekarang. Pilihan ada di tangan kamu. Mau Cara Mengatasi Ketertinggalan Pelajaran dengan cara instan atau lama tapi abadi?

Penutup

Jadi kesimpulannya adalah sekolah itu tempat mencari ilmu bukan untuk mencari nilai. Sehingga lebih baiknya kamu belajar jauh-jauh hari sehingga tidak tertinggal dalam pelajaran. Jika kamu merasa ketinggalam pelajaran, maka dapat praktikan cara-cara di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, dan jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya ya. Terima kasih. 

0 Response to "Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran Supaya Tetap Mendapatkan Nilai yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel