5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan


Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan - Tiga tahun ke belakang dunia gaming sangat marak dan viral di masyarakat. Hampir seluruh anak muda memiliki game di ponsel pintarnya. Tak terkecuali seorang pelajar.

Banyak sekali pelajar yang kecanduan game, sehingga lupa untuk belajar. Hal itu karena mereka tidak paham cara mengatur waktu belajarnya.

Mengelola waktu belajar yang efektif dan efisien memang susah. Banyak sekali godaan yang menyebabkan seorang pelajar menjadi malas belajar. Misalnnya smartphone.

Menurut data yang dilansir daari id.priceprice.com, orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 8 jam 51 menit setiap harinya untuk selalu online di dunia maya. Angka yang begitu besar.

Satu hari 24 jam, dikurang 9 jam (dengan gadget) dan tidur 7 jam. Tinggal 8 jam.

Jadi untuk mengelola sisa waktu tersebut harus dilakukan dengan baik. Dalam konteks pelajar, maka manfaatkan untuk belajar.

"Gimana sih bang cara manajemen waktu belajar yang baik?"

Artikel ini akan memberikan panduan supaya kamu dapat memanfaatkan waktu untuk belajar dengan baik. Jadi simak sampai tuntas ya.

5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Kelima cara di bawah ini dapat kamu praktikan dengan mudah. Kamu hanya butuh niat yang kuat untuk melakukannya

1. Luangkan 15 Menit per Hari Untuk Membaca Materi

5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan


Tidak ada sesuatu di dunia ini yang muncul tiba-tiba. Semua hal besar di dunia ini bukan terjadi karena tiba-tiba. Semuanya terjadi karena adanya hal-hal kecil yang membuatnya menjadi hal besar.

Prinsip itulah yang saya taruh di poin pertama ini. Walaupun hanya belajar 15 tetapi itu akan lebih baik hasilnya dibanding yang tidak belajar sama sekali. 

Jadi usahakan kamu selalu membaca materi minimal 15 menit sehari. Waktu 15 menit dipilih karena waktu tersebut tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama. 


Sediakan waktu 15 menit untuk belajar materi-materi dan jangan sampai diganggu oleh hal yang lain. Harus benar-benar fokus untuk belajar.

Keunggulan dari cara ini adalah kamu tidak akan merasa terbebani oleh lamanya waktu belajar. Sehingga kamu tidak akan merasa capek dan bosan untuk belajar.

Kelemahan dari cara ini adalah memerlukan tingkat kefokusan yang tinggi. Jadi usahakan pikiranmu benar-benar tenang dan tidak memikirkan hal apapun sebelum belajar.

Cara ini sangat cocok bagi kamu seorang pelajar yang merasa cepat bosan ketika belajar. Selain itu cara ini juga cocok bagi kamu yang aktif dalam organisasi yang cukup menguras waktu sehari-hari kamu.

2. Belajar Pagi-Pagi Buta.

Belajar di Pagi Hari

Cara yang kedua adalah belajar saat pagi-pagi buta atau waktu subuh. Cara belajar ini merupakan cara belajar yang paling efektif dan banyak digemari oleh para pelajar.

Bangunlah pagi sekitar pukul 04.00. Cuci muka terlebih dahulu dan minumlah segelas air putih. Persiapkan hati dan pikiran dan mulailah belajar.

Di waktu pagi seperti ini suasana masih sangat kondusif dan sangat tenang. Belum banyak distraksi atau gangguan yang akan membuyarkan fokus belajar kamu.


Selain itu kondisi pikiran kita setelah bangun pagi bisa dibilang masih sangat kosong. Belum terisi dengan masalah-masalah yang lainnya. Sehingga otak kita akan lebih mudah untuk menyerap materi yang dipelajari.

Keunggulan dari cara ini adalah suasana yang sangat kondusif dan menunjang kegiatan belajar. Selain itu otak juga masih fresh sehingga akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari.

Tapi untuk kamu seorang yang mageran akan susah untuk melakukan kegiatan belajar di pagi hari buta sperti ini.

Cara belajar ini cocok buat kamu yang tidak bisa begadang. Cara ini juga cocok dipraktikan ketika kamu akan menghadapi sebuah ujian.

3. Belajar 2 Sesi Per Hari

5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Jika kedua caara di atas cuman satu sesi belajar aja, beda dengan cara berikut ini. Ya, belajar dua sesi perhari.

Sesi I = 04.00-05.00
Sesi II= 10.00-11.00
Sesi III= 14.00-15.00
Sesi IV= 20.00-21.00

Kamu bisa milih dua seksi dari keempat sesi tersebut. Sesuaikan dengan kesibukan dan keinginan kamu untuk belajar. Tapi harus disiplin ya, ketika sudah memilih dua sesi maka lakukan dengan tidak menunda-nunda.

Bekajar dua sesi seperti ini cocok sekali buat kamu yang ingin mempersiapkan kuis atau sekedar ingin memperdalam materi. Porsi waktu yang semakin banyak juga akan membantu kamuuntuk mempelajari materi lebih dalam lagi.

Kekurangan dari cara ini adalah adalah ketika ada hal mendadak yang harus dilakukan pada jam belajar yang sudah kita pilih. Misal sudah milih mau belajar jam 14.00 - 15.00. Ternyata ada keperluan mendadak buat nganterin ibu pergi kondangan. Otomatis jadwal harus dirubah lagi dan mood belajar juga tentu akan berubah.

4. Membuat Jadwal Belajar Kelompok Setiap Minggu

Belajar Kelompok

Ketika kita belajar sendiri pasti ada suatu materi yang kita belum pahami. Nah, sebaiknya materi-materi yang belum dipahami tersebut dicatat. Kemudian materi tersebut tanyakan kepada guru/dosen kamu.

Tetapi kalau kamu bukan tipe penanya di dalam kelas, maka bentuk dan buatlah jadwal belajar kelompok setiap minggunya. Tidak perlu setiap hari, cukup sediakan waktu satu hari dalam seminggu untuk belajar kelompok.

Dengan belajar kelompok tentunya kamu lebih leluasa untuk menanyakan hal-hal yang belum kamu pahami kepada teman-teman kamu. Dan dengan belajar kelompok, pasti kamu akan menemukan jawaban dari apa yang belum kamu ketahui.

Cara belajar ini cocok banget buat kamu yang kurang berani bertanya di dalam kelas kepada guru/dosen. Tetapi kekurangan dari cara mengatur waktu belajar seperti ini adalah untuk menentukan jadwalnya. Karena setiap orang memiliki kesibukan masing-masing, jadi untuk mencari jadwal belajar kelompok akan sedikit susah.

5. Belajar Setiap Hari dengan Intensitas Tinggi

Cara Mengatur Waktu Belajar

Nah bisa dibilang sih ini poin "gong"nya dari poin-poin di atas. Cara belajar yang satu ini menuntut kamu untuk bekerja keras dan membutuhkan waktu yang lama.

Bukan hanya 15 menit saja, tetapi berjam-jam untuk belajar. Cara ini sangat cocok dilakukan ketika H-7 sebelum ujian akhir semester atau ujian lainnya. 

Untuk menghadapi ujian memang dibutuhkan persiapan yang matang. Lalu bagaimana cara mempersiapkan diri menghadapi ujian agar hasilnya maksimal ? Sudah saya bahas di artikel dengan judul Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Agar Menghasilkan Hasil Maksimal? Ternyata Ini 7 Rahasianya...

Jadi belajar dengan intensitas tinggi butuh perjuangan lebih. Dituntut niat yang kuat dan sifat pantang menyerah sebelum materi dipahami dengan baik.

Kesimpulan

Jadi itulah kelima cara mengatur waktu belajar yang paling efektif. Caranya yaitu dengan belajar 15 menit per hari, studi saat pagi buta, dua sesi sehari, kelompokan, dan sinau dengan intensitas tinggi. Semuanya dapat kamu pilih sesuai dengan selera kamu masing-masing.

Apakah kamu punya pendapat yang lainnya? Silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih.

0 Response to "5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel