Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode PINTAR

Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode Belajar PINTAR - Setiap pelajar pasti nggak jauh dari kegiatan belajar. Mereka belajar untuk memahami materi dengan harapan mendapat nilai bagus saat ujian. Sehingga banyak para pelajar yang mencari cara belajar yang paling efektif.

Menemukan cara belajar efektif bukanlah hal yang mudah. Butuh kebiasaan dan selalu mencoba-coba cara belajar yang baru. Artikel ini akan mengenalkan kamu dengan sebuah metode belajar efektif dan efisien yang diberi nama PINTAR.

Cara Belajar Efektif


Metode ini tentu bisa kamu lakukan dalam kegiatan belajar kamu. Dengan metode ini hasil dari kegiatan belajarmu akan semakin efektif dan bagus tentunya. Nah.. daripada penasaran langsung aja disimak pembahasannya ya.

Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode PINTAR

Oke jadi metode PINTAR ini merupakan buah hasil dari pengalaman saya belajar selama ini. Dan saya mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan metode ini. Metode ini sangat cocok dipakai menurut saya pribadi.

PINTAR yang dimaksud nanti bukan yang memiliki arti cerdas atau pandai ya. PINTAR yang dimaksud berarti cara belajar efektif ini terdiri dari 6 metode. Yaitu metode P, I, N, T, A, dan R. 

Baik berikut adalah penjelasan keenam metode tersebut.

Metode P

Metode yang pertama adalah P atau Pengin. 

Ini adalah sebuah dasar yang harus kamu miliki ketika akan belajar. Bisa dikatakan ini adalah sebuah fondasi yang harus kamu miliki.

Pengin berarti niat. Selama kamu belajar dengan keinginan dan niat yang kuat bahwa memang kamu sangat membutuhkan belajar, maka kamu akan belajar dengan tekun, rajin, dan merasa belajar itu menyenangkan.

Percaya, jika kamu belajar tidak dilandasi dengan niat yang kuat maka hasil belajarmu tidak maksimal. Contoh, mata kamu sedang mengarah pada buku pelajaran tetapi pikiran kamu kemana-mana. Nggak fokus jadinya.

Belajar yang demikian tentu harus dihindari. Jangan belajar ketika kamu sedang malas. Hasilnya tidak akan maksimal. Supaya kamu bisa mengatasi rasa malas dalam hidupmu silakan baca 5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas.

Intinya adalah niat menjadi hal utama dan yang paling penting ketika kamu akan memulai untuk belajar. 

Metode I

Selanjutnya metode yang kedua adalah metode I atau Intensitas.

Seseorang bisa menulis dengan baik karena dia biasa menulis. Seorang mampu berlari 10 Km karena dia biasa berlari. Jadi semua akan berhasil jika memang hal tersebut biasa kita lakukan.

Sama halnya dengan belajar. Belajar yang baik adalah belajar yang memiliki intensitas teratur. Jadi belajar bukan hanya sekali seminggu, sebulan atau menjelang ujian saja. Tetapi belajar itu harus intens dilakukan setiap hari secara rutin. 


Manfaat ketika kamu belajar rutin adalah otak kamu akan selalu bekerja. Dengan demikian otak kamu akan semakin terasah dan mudah untuk memahami materi. 

Semakin terbiasa kita dengan materi pelajaran yang dibaca, maka semakin mudah juga kita menyimpannya dalam memori. 

Jadi cara belajar yang efektif adalah yang dilakukan secara rutin dan berulang.

Metode N

Metode ketiga yaitu N atau Nugas.

Setelah kamu belajar dengan rutin pasti kamu sudah memiliki bekal materi yang baik. Coba uji pemahamanmu itu dengan nugas. 

Cobalah untuk selalu mengerjakan sendiri tugas-tugas yang diberikan. Nah.. kalau sedang tidak ada tugas, buatlah tugas sendiri untuk selalu melatih pemahamanmu.

"Practice makes perfect" 

Kata bijak di atas memang benar. Dengan sering-sering berlatih maka kamu akan mudah dalam mengerjakan soal-soal ujian nantinya. 

Metode T

Metode T atau Time Management.

Banyak pelajar zaman now yang tidak pandai untuk mengatur waktunya. Mereka lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain game, scroll time line sosmed, atau nongkrong dengan temannya.

Tentu pelajar yang baik tidak seperti itu. Pelajar yang baik mampu menempatkan belajar sebagai prioritas yang utama. Nah.. untuk itu maka kamu harus tahu betul porsi waktu untuk masing-masing kegiatanmu sehari-hari. Buatlah perencanaan untuk masing-masing kegiatan sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan porsinya masing-masing.

Untuk lebih mudah dalam mengatur waktu untuk belajar, kamu bisa baca 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan ini.

Metode A

Metode kelima adalah metode A atau Analisa.

Ini sangat penting, lho. Maksudnya adalah kamu harus tahu dan menganalisa tingkat kesulitan masing-masing mata pelajaran. Dengan analisa tersebut nantinya kamu dapat menentukan perencanaan belajar kamu.

Pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan tinggi maka porsi untuk mempelajarinya juga lebih banyak dibanding yang tingkat kesulitannya rendah. 

Dengan demikian tentu belajar akan semakin efektif dan hasilnya juga maksimal.

Metode R

Metode terakhir adalah metode R atau Refresh.

Belajar penting, bahkan sangat penting bagi pelajar. Tetapi ada hal lain yang juga sangat penting, yaitu refreshing atau penyegaran.


Otak yang dipakai secara terus menerus tanpa henti lama kelamaan akan capek. Ketika otak capek maka daya serapnya kurang maksimal.

Nah.. ketika kamu merasa capek saat belajar maka lakukanlah penyegaran. Caranya sederhana. Misal dengan menonton video lucu, makan cemilan, berolahraga, atau tidur.

Setelah kamu melakukan refreshing maka tubuh dan otak kamu akan segar kembali dan siap untuk menerima materi-materi yang baru.

Kesimpulan

Itulah cara belajar efektif menggunakan metode PINTAR. Jadi untuk belajar efektif yang pertama kita butuh Pengin atau niat yang kuat. Yang kedua adalah Intensitas atau dilakukan berulang-ulang. Yang ketiga adalah Nugas atau latihan. Yang keempat adalah Time Management atau manajemen waktu belajar yang baik. Yang kelima adalah mampu melakukan Analisa tingkat kesulitan masing-masing mata pelajaran. Dan yang terakhir adalah Refresh atau penyegaran tubuh dan pikiran.

Sekian artikel kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode PINTAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel