6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Cara Kuliah Gratis


6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba! - Era sekarang standar seorang menempuh pendidikan bukan hanya sampai tingkat SMP/SMA saja. Melainkan sudah tingkat perkuliahan. Tetapi sayangnya kuliah butuh biaya tinggi, sehingga tidak semua orang mampu. Sebenarnya ada banyak cara agar bisa kuliah gratis, lho.

Untuk bisa kuliah tanpa biaya tentunya harus bekerja keras dan memenuhi persyaratan yang ada. Seseorang yang terpilih untuk menempuh pendidikan secara cuma-cuma bisa dikatakan adalah orang-orang pilihan yang punya kelebihan daripada yang lainnya.

Banyak sekali cara supaya bisa kuliah tanpa biaya, diataranya melalui beasiswa, karena punya prestasi, dan lain-lain. Nah, cara-cara tersebut akan dibahas di artikel ini. Maka dari itu, simak baik-baik ulasan berikut ini ya.

Kuliah Gratis Melalui 6 Cara Berikut

Biaya kuliah yang mahal di Indonesia membuat hanya orang-orang tertentu sajalah yang mampu melanjutkan studinya. Dan saya memiliki pandangan kalau pendidikan itu sangat penting. Karena keresahan itulah saya membuat artikel ini. 

Diharapkan dengan artikel ini teman-teman yang memiliki kekurangan secara finansial seperti saya tetap memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan. Karena ternyata ada banyak langkah yang dapat ditempuh untuk melanjutkan pendidikan secara cuma-cuma. 

Berikut saya sudah rangkumkan keenam caranya.

1. Mencari Beasiswa

Cara Kuliah Gratis dengan Beasiswa

Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh para calon mahasiswa. Salah satu yang harus kamu butuhkan adalah rajin mencari informasi tentang beasiswa.

Sering-seringlah untuk bertanya kepada teman-teman terkait dengan beasiswa. Selain itu gabunglah ke forum-forum tentang beasiswa. Misalnya forum beasiswa di facebook, twitter, whatsapp atau apapun. Perkaya informasi diri kamu tentang beasiswa.

Selain itu kamu juga bisa menghubungi guru-guru kamu di sekolah. Guru yang baik pasti ingin melihat muridnya sukses bukan? Dengan  bertanya kepada guru kamu, pasti guru kamu akan mencarikan informasi juga kok.  Jadi kalau ada info terbaru tentang beasiswa, kamulah yang diberi informasi terlebih dahulu oleh guru kamu.

Oiya biasanya kalau kampus-kampus baru sering banget tuh nawarin beasiswa dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Jadi kamu harus benar-benar rajin caari info di sekolah ya.

Selain itu untuk mencari info beasiswa dapat kamu lakukan dengan cara mendatangi langsung ke kampus yang kamu incar. Tapi sebelum kamu datang, pastikan dulu kampus yang pengin kamu datangi dan tentukan jurusannya. Jangan sampai kamu salah pilih kampus dan salah pilih jurusan ya. Bisa-bisa nanti madesu lho. 

Supaya kamu nggak salah pilih jurusan kuliah, baca dulu 8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar.

Misal kamu pengin kuliah di Unpad. Cobalah untuk datang langsung ke kampusnya. Tanyakan kepada orang-orang di kampus ada nggak beasiswa yang dapat dimanfaatkan. Kalau ada tanyakan juga gimana caranya, apa saja persyaratannya. Selanjutnya persiapkan diri kamu supaya bisa dapat beasiswa itu.

2. Masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Cara Kuliah Gratis dengan Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Mengingat saya adalah orang yang finasialnya kurang baik, maka saya cari perguruan tinggi yang kuliahnya gratis. Setelah mencari info dari berbagai referensi, akhirnya saya nemu PTK.

PTK adalah perguruan tinggi yang memiliki program ikatan kedinasan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Orang-orang yang lulus dari sekolah ini biasanya akan diangkat menjadi PNS.

Nah, perguruan tinggi ini mempunyai kelebihan daripada perguruan tinggi lainnya. Karena pendidikannya diselenggarakan oleh pemerintah, maka rata-rata biaya kuliahnya digratiskan. Bahkan ada PTK yang memberi uang saku kepada mahasiswanya setiap bulan.

Contoh PTK adalah STMKG, STIS, STSN, STTD, dan yang paling populer adalah PKN STAN.

Puji Tuhan berkat saya bisa masuk PKN STAN. Kiat-kiat supaya kamu bisa kuliah di STAN bisa dibaca di 6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (based on true story).

Selama saya kuliah di STAN semua biaya pendidikannya gratis tanpa biaya. Kecuali biaya untuk makan dan tempat tinggal.

Keperluan seperti alat tulis dan sebagainya sudah difasilitasi oleh pemerintah. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Biasanya sekolah kedinasan memiliki standar IP yang harus dipenuhi untuk bisa terus kuliah. Di STAN, minimal IP-nya adalah 2,75. Di bawah itu maka secara absolut akan dikeluarkan atau dropout.
Jadi harus benar-benar rajin ya kalau sekolah di PTK.

3. Berprestasi di Sekolah

Cara Kuliah Gratis Menjadi Siswa Berprestasi

Masa sekolah adalah masa yang paling indah. Setuju kan?

Tapi jangan salah tafsir. Masa paling indah bukan karena percintaannya dan kenakalannya, tetapi karena ketika kita masih sekolah banyak sekali kesempatan untuk mencari prestasi. Baik itu prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Jadi belajarlah dengan tekun supaya kamu punya prestasi cemerlang ketika di sekolah. Tetapi kalau kamu sudah tekun dan rajin belajar tetapi prestasi biasa-biasa saja, berarti ada yang salah. Bisa jadi cara belajar kamu kurang efektif. Supaya belajar kamu efektif maka silakan dibaca 9 Cara Belajar Efektif Ini Bikin Prestasimu Semakin Impresif.

Nah, dengan kamu punya prestasi yang cemerlang maka biasanya penawaran-penawaran melanjutkan ke perguruan tinggi banyak berdatangan. Jadi kamu bisa pilah-pilah mana yang sesuai dengan passion kamu dan kamu terima tawaran itu. 

Intinya adalah manfaat masa sekolah untuk membuat diri kamu semakin bernilai. Salah satunya adalah dengan mengukir prestasi.

4. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris di Atas Rata-Rata

Cara Kuliah Gratis dengan Jago Bahasa Inggris

Kita tahu bersama kalau bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Jadi bisa dikatakan bahasa Inggris adalah bahasa wajib ketiga setelah bahasa Indonesia dan bahasa daerah. 

Tetapi banyak sekali siswa yang belum fasih bahasa Inggris. Sehingga bisa dikatakan kalau ada orang yang fasih bahasa Inggris, maka dia adalah orang yang istimewa.

Orang-orang yang jago bahasa inggris sering dilirik oleh pemerintah dan perusahaan swasta. Sehingga banyak sekali beasiswa kuliah gratis ke luar negeri yang tersedia.

Bisa dikatakan juga peluang kamu cukup besar untuk mendapatkan beasiswa ini. Karena orang yang jago bahasa Inggris kan sedikit, jadi saingannya dikit.

Buat kamu yang kurang jago bahasa inggris jangan minder. Semakin kamu belajar dan berlatih, maka akan cepat fasih berbahasa inggris. Sebagai panduan cara-caranya kamu bisa baca di 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Cepat Sukses dan Lancar.

5. Menang Lomba yang Diadakan Universitas

Cara Kuliah Gratis Dengan Juara Lomba di Kampus

Cara kelima adalah dengan ikut lomba yang diadakan di kampus. Nggak hanya ikutan doang dong, tapi jadilah juara di perlombaan tersebut.

Biasanya di setiap perlombaan, yang juara pasti dapat sertifikat. Itu penting banget sih menurut aku. Karena dengan sertifikat itu, maka ketika kamu mau daftar ke universitas tersebut setidaknya peluang kamu diterima akan menjadi sangat besar.

Kampus mana sih yang nggak mau punya murid yang prestasinya sudah jelas?

Biasanya perlombaan yang diadakan kampus tuh macam-macam. Seperti lomba debat, lomba pidato, karya tulis ilmiah, film, robotik dan banyak lagi.

Penting banget deh buat kamu cari-cari informasi tentang lomba-lomba yang diadakan di kampus.

6. Jalur Bidik Misi

Kuliah Gratis Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa bidik misi adalah bantuan pendidikan dari pemerintah bagi calon mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki potensi akademik yang bagus.

Bentuk daari beasiswa ini adalah pembebasan seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi. Selain itu mahasiswa bidik misi juga mendapatkan uang saku setiap 6 bulan sekali.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini tentu tidak mudah. Ada persyaratan yang wajib dipenuhi. Apa saja persyaratan tersebut dan bagaimana mekanismenya bisa kamu baca di sini

Penutup

Jadi intinya jangan pernah minder untuk melanjutkan sekolah. Tuntut ilmu setinggi mungkin. Kekurangan finansial bukan jadi masalah karena ada 6 cara agar kuliah gratis di atas.

Terima kasih telah berkunjung di Rujend. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel