Bikin Cerdas! 6 Aplikasi Android yang Wajib Diinstall Pelajar Zaman Now

6 Aplikasi Android yang Wajib Diinstall Pelajar Agar Tambah Pintar


Para pelajar juga membutuhkan aplikasi untuk membantu proses belajarnya. Supaya belajar lebih menyenangkan dan meningkatkan produktivitas, maka beberapa 6 Aplikasi yang Wajib Diinstall Pelajar berikut ini harus terpasang di smartphone android kamu.

6 Aplikasi Android yang Wajib Diinstall Pelajar Zaman Now

Yang ada di menu ponsel kamu jangan cuma aplikasi game, edit foto cantik, aplikasi sosial media dan sebagainya. Cobalah kamu instal aplikasi berfaedah berikut ini.

1. Brainly

Brainly


Di aplikasi ini kamu bisa melempar tanya atau menjawab pertanyaan. Tanyakan apapun soalmu lalu dapatkan jawaban dari sumber yang terpercaya.

Apapun materinya, apapun permasalahan kamu, dengan Brainly, semua ada jawabannya.

Tapi ada satu dampak negatif bila kamu menggunakan aplikasi ini secara berlebihan. Kamu akan merasa tergantung, alhasil otak kamu terlalu lemah untuk berpikir mencari jawaban sendiri.
Akan menjadi menguntungkan saat kamu dan aplikasinya ada unsur timbal balik. Jika kamu dibantu dengan jawaban dari aplikasi ini, maka bantu juga mereka yang bertanya dengan jawabanmu melalui apikasi ini.

Tapi jangan memberikan jawaban sesat, kalian pasti tahu lah dampaknya seperti apa.

2. PhotoMath

Photomath

Aplikasi PhotoMath membantu kalian dalam urusan pelajaran matematika. Dengan aplikasi ini, untuk mendapatkan jawaban soal matematika tidak perlu lagi menggunakan rumus, kalkukator, kertas coretan yang banyak, atau perlu berpusing-pusing ria.

Semua itu tak akan kalian rasakan, sebab hanya dengan memfoto soal matematika kamu, maka jawaban pun datang sendiri.

Ada dampak buruk dari aplikasi ini. Yaitu akan membuatmu menjadi lebih malas. Mengandalkan teknologi sebagai jalan keluar, bukannya pertolongan.

Gunakan PhotoMath hanya dalam keadaan terdesak saja. Jika kalian benar-benar tak bisa mengerjakannya, maka tak ada salahnya meminta pertolongan. Tapi jangan terus-menerus meminta tolong, karena itu hal yang memalukan.

3. Google Translate


Aplilasi android ini membantu kamu menerjemahkan segala bahasa menjadi bahasa Indonesia. Apapun bahasanya, Google bisa memberikan terjemahan bahasa yang lebih mudah dimengerti.
Tapi Google Translate bukanlah aplikasi yang maha benar. Ada-ada saja waktu dimana terjemahan Google Translate cenderung ngawur. Untuk cari aman, terjemahkanlah kalimat dari kata per kata.

Selain memperoleh jawaban yang lebih tepat, kamu sekalian bisa menambah kosa kata bahasa asing kamu.

4. CamScanner

Cam Scanner

Ia mengubah hard file menjadi soft file. Dari yang bentuk buku fisik, diubah menjadi buku digital atau sebut saja dengan PDF. Cara menggunakannya mudah, cukup potret objek tulisan yang ingin kamu ubah.

Nantinya file tersebut bisa dibagikan ke teman-teman tanpa perlu menyalinnya. Tapi ngomong-ngomong, apakah ia bisa mengubah tulisan di papan tulis menjadi bentuk soft file?

Siapa yang tahu? Kalau ingin membuktikan, kalian bisa mencobanya sendiri.

5. WPS Office

WPS Office

Aplikasi Android yang Wajib Diinstall Pelajar ini ada hubungannya dengan perangkat yang ada di laptop.

Saya memilih WPS karena dia aplikasi yang lengkap. Di dalamnya ada Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point, hingga pembaca Ebook yang dapat membantu pekerjaan sekolah kamu.

Ada kalanya kita disuruh membuat makalah. Jika tidak punya laptop, gunakanlah aplikasi ini. Jadi kalian cukup mengetik di layar ponsel kalian. Setelah selesai, tinggal print ke jasa print. Mudah, simple, dan hemat tenaga.
Kemudian manfaat fitur pembaca ebook-nya juga dapat kita gunakan untuk membaca buku digital. Bukan novel ya, tapi mungkin seperti buku pelajaran.

Yang di dalamnya terkandung materi yang tak jauh-jauh dengan ilmu pengetahuan.

Atau Kamu yang memiliki tugas presentasi, dapat gunakan fitur Ms. Power Point yang ada di sana. Tapi fiturnya tidak begitu mirip dengan Power Point di laptop. Lebih sederhana, dan hasilnya pun juga sederhana.

6. Ruang Guru

RuangGuru

Iklan yang tayang serentak di beberapa stasiun televisi nasional setidaknya sudah menjelaskan kepada kamu seperti apa aplikasi ini.

Ia seperti guru kedua kalian. Jika tidak paham dengan guru yang ada di sekolah, bisa lari ke ruang guru. Atau yang membutuhkan bimbel, tapi dengan harga murah, maka larilah ke ruang guru.

Ruang Guru itu tidak mengajarkan hafalan, melainkan konsep. Pokoknya belajar di sini akan lebih menyenangkan. Fitur-fiturnya yang juga lengkap pun bisa dimanfaatkan untuk siswa-siswi, mahasiswa, guru, atau bahkan pekerja di luar sana.

Ia memberikan contoh soal dari jenjang SD sampai SMA, soal SBMPTN, les privat, latihan try out, latihan ujian, materi pelajaran, kamu juga bisa bertanya-tanya pada guru yang bersangkutan tentang soal yang kurang paham dan masih banyak lagi.

Di sana juga ada artikel yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Benar-benar surganya orang-orang yang haus akan ilmu.

Tapi sayangnya itu tidak gratis.

Penutup

Di lain kemudahannya yang begitu memanjakan kita, tolong jangan pernah terbuai dengan aplikasi itu. Jangan menjadikannya sebagai tempat kalian bergantung.

Karena apa?

Sebab saat kalian ujian, kalian tidak akan diperkenankan membawa ponsel. Bermimpilah kalau kalian bisa memfoto soal, bertanya pada orang lain, atau mentranslate semuanya dengan Google Translate.

Jadi jangan karena Aplikasi Android yang Wajib Diinstall Pelajar ini membuat kalian bergantung padanya. Ini hanyalah informasi, bahwa kecanggihan buatan manusia bisa membantu kalian sebagai para pelajar.

Jadilah pelajar yang bijak!

0 Response to "Bikin Cerdas! 6 Aplikasi Android yang Wajib Diinstall Pelajar Zaman Now"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel