8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now

8 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi


8 Soft Skill Keahlian yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi - Untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi, tidak hanya dilihat dari kepintarannya dalam menghafal materi atau mengerjakan soal. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Apalagi di zaman now ini teknologi berkembang semakin pesat. Maka dari itu kriteria menjadi mahasiswa berprestasi juga sedikit bergeser.

Mahasiswa sekarang selain dituntut memiliki hard skill yang baik, juga harus memiliki soft skill yang baik juga. Setidaknya ada 8 keahlian yang harus dimiliki seorang mahasiswa zaman now. Mulai dari pandai berbicara di depan publik, memiliki jiwa leadership, sampai dengan pandai memanajemen waktu. Semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Jadi pastikan kamu benar-benar menyimak dengan baik.

8 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Zaman Now

Oke langsung saja berikut adalah 8 soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa tangguh. Selamat menikmati.

1. Soft Skill Berbicara di Depan Publik Dengan Baik


Public Speaking

Soft skill pertama yang harus banget mahasiswa punya adalah ngomong. Iya ngomong. Ngomong di depan banyak orang maksudnya. Kalau ngomong biasa mah gampang.

Kenapa sih harus bisa ngomong di depan banyak orang?

Oke, good question.

Kuliah itu beda dengan masa SMA, SMP, apalagi SD. Bukan hanya tingkatan ya, tuntutan juga.

Maksudnya, sewaktu masih SD, SMP, SMA pembelajaran cenderung sering "disuapin" oleh guru. Benar kan ya?

Guru ngomong di depan, kita duduk manis mendengarkan *kalo nggak tidur ehe*.

Ya ada lah sesekali disuruh presentasi, tapi pengalaman saya sendiri sih jarang ya.

Dan kalau maju presentasi pun, seringnya cuma baca slide aja, nggak improvisasi. Kamu gitu juga nggak? Atau cuma saya aja ya.

Sistem "disuapin" tadi jangan kamu harap akan ditemukan lagi semasa kuliah. Posisi dosen bukan lagi pemberi materi utama. Tapi lebih tepatnya sebagai fasilitator para mahasiswa buat mengembangkan pengetahuan dan skill.

Dosen lebih sedikit bicara. Mahasiswa yang lebih banyak. Maka dari itu para dosen sering menugasi mahasiswanya untuk presentasi.

Untuk bisa presentasi dengan baik bukanlah hal gampang. Apalagi kalo kamu nggak terbiasa ngomong di depan orang banyak. Percaya  sama saya deh.

(Simak juga ya 8 Cara Presentasi yang Baik dan Tidak Membosankan berikut ini).

Soalnya waktu pertama kali saya ngomong depan banyak orang, lidah terasa kaku gitu. Keringet juga deres banget ngucurnya.

Nah, mulai sekarang kamu wajib banget buat latihan ngomong di hadapan banyak orang. Selain dibutuhkan untuk kegiatan belajar di dalam kelas, skill ini juga penting untuk bekal di masa depan.

Di masa kerja, seringkali karyawan disuruh presentasi sebuah proyek di depan bos dan karyawan lainnya. Kalau nggak bisa ngomong, bagaimana proyek itu akan didukung oleh bos dan karyawan lainnya? Gimana kamu bisa dipercaya orang kalau ngomong aja nggak lancar?

Dengan pintar ngomong kita bakalan punya nilai plus tersendiri cuy... Mahasiswa yang pintar ngomong biasanya juga disukai oleh dosen. Apalagi di dunia kerja, orang yang pintar ngomong sangat dicari misalnya dijadikan sebagai utusan pimpinan menghadiri pertemuan dan sebagainya.

2. Punya Kemampuan Bekerja Sama yang Bagus

Bekerja Sama Dengan Baik

Egois itu nggak bagus. Setuju kan?

Sikap egois ini harus kamu buang ketika kamu menjadi mahasiswa. Ganti dengan sifat sinergi yang baik. Bekerja sama yang baik.

Kenapa sih mahasiswa butuh sifat kerja sama?

Gini bro and sis, kuliah itu banyak tugas, banyak acara, banyak organisasi, dan banyak hal tetekbengek lainnya.

Sekarang kita ambil contoh aja. Misal dosen ngasih tugas pembuatan laporan analisa keuangan sebuah perusahaan. Tugas itu disuruh kerja kelompok. Deadline cuma 7 hari nih.
Nah misal juga, kamu satu kelompok sama saya dan dua orang lain. 

Pertama, kita nentuin perusahaan mana yang mau dianalisa. Kamu dan tiga orang yang lain milih PT. Toyoti buat dianalisa. Karena saya orangnya egois, saya nggak setuju. Saya milih PT. Yamahi.

Setelah berdebat, voting saya kalah. Dipilihlah PT. Toyoti.

Saya dongkol dong, males ngerjain laporan. Yang lain pada mikir keras, saya cuma kerja kelompok seenaknya. Finally, hasil jadi nggak maksimal. Nilai jelek gara-gara saya egois.

Jadi mahasiswa tuh harus punya jiwa kerja sama yang bagus. Karena banyak sekali kerjaan yang memerlukan kerja sama ketika kuliah. Soft skill ini wajib dimiliki mahasiswa.

Apalagi kalau kamu seorang pengurus organisasi atau menjadi panitia suatu acara. Butuh banget kerja sama yang baik agar organisasi dan acara tersebut berjalan dengan baik sesuai tujuan.

3. Mempunyai Jiwa Leadership

Leadership atau Jiwa Kepemimpinan

Next, soft skill yang harus dimiliki mahasiswa berprestasi selanjutnya adalah leadership. Ya, jiwa kepemimpinan.

Kalau udah menjadi mahasiswa, langkah menuju dunia kerja berarti semakin dekat. Betul tidak? 

Untuk masuk dunia kerja, IPK tinggi aja nggak cukup. Ya mungkin sih itu bakalan menunjang saat kamu melamar pekerjaan. 

Tapi ...

Ketika kamu sudah masuk dunia kerja, IPK sudah nggak ada gunanya. Percaya deh.

Siapa yang menonjol, dia yang bakalan banyak dilirik atasan. Dia yang dianggap memiliki kerja yang baik. 

Salah satu cara untuk kalian terlihat menonjol adalah dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Ya, dimulai dari saat kuliah. 

Kamu harus punya jiwa pemimpin. 

Kak gimana sih caranya biar punya jiwa pemimpin?

Sebenarnya untuk punya jiwa pemimpin bisa melalui banyak hal. Salah satunya adalah menjadi pengurus suatu organisasi. Di kuliah kan banyak banget tuh organisasi baik internal maupun eksternal kampus, ambilah bagian di dalamnya. 
Dengan menjadi pengurus kamu bakalan dilatih untuk memimpin orang lain. Ya, lebih tepatnya memimpin anggota di organisasi kamu. Semakin banyak kepengurusan, maka semakin terlatihlah jiwa kepemimpinanmu. 

Oiya, tipe manusia itu beda-beda kan ya. Ada yang introvert dan ekstrovert. 

Buat kamu yang introvert dan nggak mahir memimpin orang dalam jumlah besar, jadilah pemimpin di kelasmu. Nggak harus jadi ketua kelas, ketua kelompok tugas pun nggak masalah. Dari situ kamu dapat memanfaatkan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinanmu.

Atau nggak usah muluk-muluk deh. Jadilah pemimpin bagi dirimu sendiri. Yaitu dengan cara menjadi diri sendiri. Oke?

4. Em eme en u nu el i lis, Menulis

Ahli Menulis

Yuhu, menulis udah menjadi soft skill wajib berikutnya.

Emang harus banget bisa nulis gitu? *mata sinis*

Duh duh duh, sebelumnya baca dulu deh 6 Manfaat Menulis ini. 

Udah dibaca? Gimana masih nggak mau nulis? Keren kan manfaatnya?

Makanya kamu harus punya skill nulis deh. Masih berhubungan sama tugas kuliah nih, banyak banget tugas yang nuntut kamu buat nulis.

Misal buat laporan, buat esai, buat makalah, buat ppt, buat paper, karya tulis ilmiah dan buat skripsi. Semuanya butuh kemampuan menulis yang baik. 

Nah buat kamu yang pengin skripsinya cepat kelar, skill ini penting banget untuk dimiliki deh ...

Menulis itu kedengerannya gampang, tapi aslinya susah! Ide di otak sudah ada, tapi cara menuangkannya ke bentuk tulisan itu yang susah. Maka dari itu mulailah berlatih sejak dini. 

5. Mandiri Dengan Merintis Usaha

Start Up

Kita semuanya tahu dan sadar kalau kuliah itu butuh biaya yang nggak sedikit. Buat uang UKT dan kos aja udah butuh uang jutaan. Belum lagi ditambah uang bulanan, uang jajan, uang kuota, laundry dan keperluan lainnya.

Sebagai orang yang sudah berpikiran dewasa, nggak enak dong kalau nge-bebanin orang tua terus. Dan saya juga yakin setiap mahasiswa pasti punya pemikiran demikian.

Nah, buat kamu yang pengin membantu finansial orang tua saat kuliah, bisa dicoba dulu deh 9 Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa. Atau buat yang pengin nyoba bisnis online, bisa dicoba juga 5 Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok Untuk Pelajar ini.

"Kuliah aja capek apalagi ketambahan nyari duit!"

Santai dong, kalem jangan ngegas...

Kalau udah begitu sih kembali tergantung pribadi masing-masing ya. Jika kondisi keuangan keluarga kamu berlebih sih point yang ini boleh di-skip.

Nah buat yang pengin kuliah sambil usaha, hal yang penting banget buat kalian pegang adalah niat. Niat adalah fondasi. Jadi diniatin dulu yang baik, yaitu pengin membantu meringankan beban orang tua. Kalau niatnya udah kuat, usahanya juga bakalan jalan deh.

Dengan merintis usaha seperti ini akan memberikan pengalaman berharga buat kamu. Kamu bisa merasakan betapa susahnya nyari uang. Selain itu kamu juga bisa belajar tentang strategi bisnis dan pemasaran. Berharga banget deh buat bekal lulus kuliah nanti.

6. Manajemen Waktu

Cara Manajemen Waktu

Yap, manajemen waktu adalah skill. Meskipun kedengarannya simpel, tapi kenyataannya susah lho buat membagi waktu. Jadi soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa ini harus kamu kuasai.

Zaman sekarang lagi musim-musimnya tuh anak gaming. Game merajalela. Sifatnya bukan hanya menghibur saja, tapi sudah aditif. Bikin candu cuy...

Nah, buat kamu mahasiswa kece jangan sampai game membunuhmu ya. Boleh nge-game asal kegiatan kuliah tidak terganggu.

Kamu harus bisa membagi waktu tiap harinya. Kapan harus mandi, makan, nugas, istirahat, dan sebagainya harus kamu atur. Susunlah berdasarkan prioritas. 

Kalau pengalaman saya, semua kegiatan saya persiapkan dan saya catat di hari sebelumnya. Jadi saya buat ceklis gitu deh... Biasanya saya buatnya malam. Jadi malam hari saya harus mencatat apa-apa saja yang harus saya lakukan besok. 

Misal ada hal mendadak yang dapat merombak rencana kegiatan saya, maka saya akan lakukan berdasarkan prioritas mana yang sangat penting untuk dilakukan. 

Mungkin kamu juga bisa lakukan tips ini. Saya ngerasa hari-hari saya menjadi lebih produktif dan bisa memanajemen waktu dengan baik. 

Waktu nggak terbuang sia-sia buat hal yang nggak jelas deh pokoknya.

7. Manajemen Keuangan

Cara Manajemen Keuangan

Rata-rata mahasiswa itu kan jauh dari orang tua ya. Orang tua cuma bisa ngasih uang bulanan aja buat anaknya.

Nah, uang bulanan yang dikasih orang tua harus kamu atur dengan baik deh. Jangan sampai deh kamu kelaparan di akhir bulan gara-gara nggak bisa mengatur keuangan.

Buat kamu yang bingung gimana cara mengatur keuangan anak kos dengan baik, silakan dibaca artikel 8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Tidak Kelaparan di Akhir Bulan ini.

Di situ sudah dijelaskan gimana caranya menghemat juga cuy.

Skill ini pokoknya penting banget kalau kamu masih mahasiswa. Kalau kamu bisa ngatur uang dengan baik, maka kamu akan nyaman deh dan tidak akan kekurangan uang di perantauan.

8. Tidak Gaptek!

Kemajuan IPTEK

Malu nggak sih kalau zaman sekarang nggak bisa pakai komputer? Nggak millennial banget kan ya.

Mahasiswa zaman now harus menguasai teknologi. Kalau tidak kamu akan kalah saing dengan mahasiswa lainnya. 

Selama masa kuliah juga bakalan banyak banget tugas yang mau nggak mau harus diselesaikan menggunakan komputer. Contohnya tugas membuat PPT, bikin laporan pakai Word, terus juga pakai Excel dan lainnya.

Kalau kamu gaptek, susah dong ngerjain tugasnya. Mau nulis aja masih nyari hurufnya satu-satu. Nggak banget deh ya pokoknya.

Nah, selain word, excel, dan ppt, ada juga nih skill lain yang layak kamu kuasai. Yaitu skill coding dan desain grafis.

Udah, kalau kamu punya skill dua itu, bakalan gampang deh buat nyari kerja. Hampir semua intansi di Indonesia butuh kedua skill itu.

So, jangan gaptek ya...

Penutup

Intinya kedelapan soft skill keahlian di atas harus kamu punya untuk menjadi mahasiswa berprestasi zaman now. Jika kamu punya kedelapan soft skill tersebut, niscaya kamu juga akan menjadi mahasiswa berprestasi.

Cukup sekian dulu untuk artikel dengan judul 8 Soft Skill Yang Wajib Banget Dimiliki Untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi Zaman Now. Kalau kamu mau menambahkan soft skill yang lainnya, silakan tulis di komentar ya.

Terima kasih dan sampai jumpa.

0 Response to "8 Soft Skill Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Berprestasi Zaman Now"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel