7 Tips Menghadapi Ujian Semester Agar Menghasilkan Nilai Maksimal

Tips menghadapi ujian semester - Sampai hari ini, jam ini, detik ini juga nih, ujian adalah sebuah hal yang mengerikan bagi seorang siswa. Bahkan lebih mengerikan dari hantu Valak *lebay amat sih *plak.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri, rata-rata orang yang akan menghadapi ujian pasti akan merasakan nervous, takut, khawatir, dan segala bentuk turunannya... Benar nggak sih? Benar aja deh ya wkwwk...

Sebenarnya itu hal yang wajar. Saya juga begitu ketika mau menghadapi ujian. Tapi semua rasa tersebut akan berkurang jika kita melakukan persiapan menghadapi ujian dengan baik. Nah, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian semester agar menghasilkan nilai yang memuaskan?

Tips Menghadapi Ujian


Tunggu... Di sini saya bukanlah seorang yang pro di bidang belajar lho ya... Saya cuma mau sedikit berbagi pengalaman belajar saya.

Mau mulai dari mana nih ? Maaf ya kalau pertanyaannya ngawur.

Iya ngawur, orang yang nulis saya, kok malah nanya gitu.

Nggak lucu ya ? Nggak apa-apa, itu bagian dari usaha. Usaha biar tulisan ini kelihatan panjang hehehe...

Bukan, bukan itu maksudnya. Menurut saya nih, belajar itu harus dengan pikiran yang senang supaya apa yang dipelajari bisa benar-benar diserap otak. Makanya saya ngasih sedikit intermezo kaya tadi.

Sudah cukup bertele-telenya...

Mari kita mulai dari sini. Iya, dari sini. Dari saya yang akan mencoba meyakinkan kamu bahwa belajar itu memang butuh persiapan matang supaya hasilnya maksimal dan memuaskan.

Ceritanya saya adalah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi kedinasan (sebut saja PKN STAN). Puji Tuhan tahun ini saya udah lulus.

Belagu amat sih, kuliah di STAN aja sombong pake dikasih tahu segala...

Santai dong, gak usah ngegas!!! *Kok malah jadi aku yang ngegas

Salah, bukan maksudku sombong... tapi saya mau membagikan tips ini berdasarkan pengalaman terbaru terupdate terkece terkeren... *bukanAHHA

Ya intinya begitu. Semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman terbaru saya, jadi saya harap tips ini benar-benar bisa relate dan membantu kamu.

Kenapa tidak dari SD sampai sekarang? Jujur saja, pola belajar saya selalu berubah-ubah. Dan aku yakin pola belajar kamu juga begitu kan, makanya aku sajikan yang paling hot.

Cara saya mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian di STAN bisa dibilang berhasil. Kenapa berhasil? Karena saya bisa meraih IPK Cumlaud yaitu 3,84. Dan saya tahu, itu belumlah yang terbaik. Bahkan satu angkatanku ada yang IPK-nya hampir sempurna. Tapi kembali lagi sesuai dengan judul ini, "nilai maksimal" yang saya maksud bukan berarti harus yang terbaik, tetapi maksimal sesuai dengan usaha kita ya...

NB: Aku tahu kalian butuh bukti (data/file IPK) bukan sekedar omongan. Silakan langsung PM saya saja untuk membuktikannya (karena ini file penting, takut disalahgunakan). Kontak saya ada di kolom contact paling bawah postingan ini.

Disclaimer: Sekali lagi, aku bukan pengin pamer, sombong, etc. Aku menaruh angka IPK agar menjadi penyemangat dan bukti kalau persiapan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik.

Untuk meraih hasil yang maksimal tentu juga butuh usaha maksimal. Memang benar orang bijak mengatakan kalau usaha tidak akan menghianati hasil. Usaha kita sepuluh ya hasilnya maksimal sepuluh. Usaha kita lima puluh ya hasil maksimalnya lima puluh. Usaha seratus ya maksimal dapat seratus. Analoginya seperti itu. Benar kan ya?

Maka dari itu, supaya nilai ujian semester baik, usahanya harus baik. Persiapannya harus baik. Nah, terkadang kita suka meremehkan yang namanya persiapan.

Ah, ujian masih sebulan lagi... santai
Ujian palingan ya gitu-gitu aja, ribet amat sih harus persiapin ini itu segala...

Stop! Jangan berpikir seperti itu kalau kamu pengin punya nilai maksimal. Kamu harus punya persiapan matang. Bingung apa saja yang harus dipersiapkan? Bingung juga bagaimana cara mempersiapkan ujian? Selowww... artikel ini akan coba menjawab pertanyaan tersebut...

7 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian

Buah mangga namanya manalagi *cakep...
Makan mangga sambil naik permadani *cakep...

Tidak usah pakai lama lagi...
Langsung sikat saja ketujuh tips di bawah ini *eakkk

1. Sadari, Sadari, dan Renungkan

Tips Menghadapi Ujian


Sadari...

Sebagai manusia kita semua pasti bakal ketemu sama yang namanya ujian. Ya, sebut saja ujian hidup. Setiap ujian yang kita terima adalah pemberian Tuhan. Semua itu kehendak Tuhan. Ia memberi ujian itu supaya kita menjadi manusia yang lebih kuat. Masih setuju kan ya sampai di sini?

Nah, sebagai seorang pelajar juga pasti bakalan ketemu sama ujian. Salah satunya ujian semester. Ujian tersebut tujuannya ya buat evaluasi kegiatan belajar-mengajar kamu. Apakah kamu sudah memahami materi atau belum. Kalau kamu bisa melewati ujian berarti kamu layak naik level. Maksudnya kalau kamu mampu melewati ujian, itu tandanya kamu layak untuk menikmati materi baru yang lebih mantap tentunya.

Sadari...

Saya, kamu, dan kita *kita...loe aja kali* sekolah di negara Indonesia. Sistem pendidikan Indonesia nggak seperti di Finlandia. Simak penjelasan sistem pendidikan di Finlandia di sini.
Indonesia masih menganut ujian semester sebagai faktor kamu naik tingkat atau lulus pendidikan. Jadi mau nggak mau ya kita harus melewati ujian ya kan.

Renungkan...

Lihat deh banyak anak-anak usia sekolah di luaran sana harus mencari uang. Padahal seusia mereka tuh harusnya sekolah, main bareng sama teman-temannya. Tetapi mereka harus menelan ludah untuk memakai seragam sekolah, menikmati empuknya bangku sekolah, suasana berisik dalam kelas dan lainnya. Kita beruntung bisa sekolah, dapat ilmu setiap hari, berkumpul sama teman-teman. Senang kan... Tapi mereka?

Mulai sekarang ayo kita ngeh sama mereka. Ayo kita semangat buat terus belajar dan belajar supaya kita bisa membuat mereka merasakan nikmatnya sekolah. Dengan belajar kita bisa! Kita bisa jadi pemimpin negeri ini dan membuat kebijakan yang baik. Di tangan kita, kita mampu membuat tidak ada lagi anak-anak yang tidak/putus sekolah lagi. Ayo sob...

2. Belajar Ringan

Semua yang besar itu berasal dari yang kecil. 

That is true. Saya setuju banget sama kata-kata di atas. Bayangkan saja sebuah rumah, eh jangan, istana aja deh biar lebih gede. Istana yang gede itu pasti terbuat dari elemen penyusun yang keci... gampangannya batu bata.

Batu bata yang kecil mampu membuat istana yang megah. 

Ya sama konsepnya dengan belajar. Mulailah dengan belajar ringan-ringan aja dulu. Jangan langsung belajar yang berat. Karena tidak efektif. Simak juga cara belajar efektif ini.

Biasanya saya mulai belajar ringan setelah saya mendapat bahan materi pelajaran. Baik itu buku, soft file, atau rencana pembelajaran semester.

Biasanya sih minggu-minggu awal sekolah belum dapat tuh kaya gitu. Karena itu biasanya minggu-minggu awal saya masih santai. Masih menikmati transisi dari liburan ke sekolah lagi. Pasti kamu juga gitu kan? Ngaku deh ngaku...

Nah tapi kalau udah 2 minggu awal belum dapat juga materi pelajaran, rasa di hatiku berkecamuk *lebay.

Biasanya saya langsung nyari-nyari info ke teman-teman yang lain apakah mereka sudah ada bahan materi pelajaran atau belum. Nyari sampai dapat. Setelah dapat, langsung deh... ya baca-baca dikit lah biar keliatan siswa.

Belajar dua - tiga halaman udah lumayan cukup sih buat saya, daripada tidak sama sekali. Lakukan itu setiap hari. Ya bayangin aja kalau materi pelajaran itu kaya makanan ringan. Kriuk kriuk kress gurih gitu. 

Intinya setelah 2 minggu awal kamu masuk sekolah/kuliah, usahakan kamu punya bahan materi pelajaran. Setelah kamu punya, maka baca-baca materi tersebut. Ringan-ringan aja. Selagi ada waktu kosong maka manfaatkan itu untuk membaca materi.

Manfaat belajar ringan jauh-jauh hari apa sih? Yang saya rasain sih dengan belajar ringan seperti itu menjadi mudah memahami materi. Karena kan yang dibaca cuma sedikit. Efeknya nanti ketika mau ujian, beban hafalan menjadi berkurang karena sudah dicicil jauh-jauh hari. 

Selain itu, ada rasa nyaman dalam hati juga sih. Serasa hati tenang kalau udah belajar walaupun sedikit. Dan sebenarnya masih banyak sih manfaatnya. Makanya kamu cobain sendiri aja deh tips yang ini ya...

3. Kenali Tingkat Kesulitan Setiap Mata pelajaran

Tips Menghadapi Ujian


Tips yang ini punya hubungan erat sama tips nomor. Kalau kita sudah baca-baca materi, lama kelamaan bakalan tahu tuh, mata pelajaran mana aja sih yang susah dan yang mudah.

Nah kalau kita sudah mengenali tingkat kesusahan setiap mata pelajaran, maka buatlah strategi.

Misal ada pelajaran materinya banyak dan tipenya hafalan. Berarti yang tadinya belajar ringan cuman baca aja, sekarang coba ditambah. Sambil dihafal. Sama, nggak perlu banyak-banyak juga asalkan rutin setiap hari pasti akan sangat berguna.

Terus ada mata pelajaran yang butuh hitungan. Kaya matematika atau statistika. Tipe-tipe mapel gini harusnya sering latihan. Berarti setelah belajar ringan materinya, lanjut dengan satu - dua latihan soal.

Begitu juga tipe-tipe mapel lainnya. Kenali dan tentukan strategi untuk menghadapinya.

4. Persiapan H-7 Ujian

Hayo ujian udah semakin dekat nih. Biasanya kalau udah H-7 itu udah mulai kerasa dag dig dugnya. Terus apa dong yang harus dipersiapin kalau udah H-7 ujian? 

Belajar berat. Tenang masih beratan rindu kok...*krik krik

Jadi gini, biasanya kan kalau H-7 jadwal ujian udah dibagi tuh. Udah tahu kan hari senin ujian ini, selasa ini, rabu ini dan seterusnya. Kalau udah tahu begitu saatnya kamu gas belajar lebih berat. Intensitas materi yang dipelajari harus ditambah. 

Tipsnya begini. Ujian hari senin adalah Matematika. Maka H-7nya kamu pelajarin materi Matematika. Semuanya. Mulai dari materi pertama sampai akhir. Usahakan kamu benar-benar merasa kalau besok adalah ujian sesungguhnya (padahal masih H-7). Buatlah atmosfer yang serupa dengan H-1 ujian. Jadi kamu punya tekanan. Manusia itu lebih suka dipressure. Adanya tekanan bukan untuk membuat kita tertekan, tetapi untuk memaksimalkan usaha kita. Agar tidak loyo dan seenaknya sendiri dalam belajar.

Dengan belajar seperti ini menurut saya cukup efektif. Karena sebelum ujian, kita udah merasakan atmosfer ujian. Jadi ketika H-1 sudah tidak kaget lagi dan mental sudah benar-benar siap. 

5. Persiapan H-1 Ujian

Oke, kita kenal yang namanya SKS. Sistem Kebut Semalam yang sangat tidak dianjurkan orang . Tetapi tidak dengan saya. Saya pakai sistem SKS ini...

Meskipun sudah belajar dari jauh-jauh hari, saya tetap SKS. Bahkan pernah waktu itu tidur hanya 1 jam... jangan ditiru ya.

Sistem SKS yang saya gunakan berbeda. Karena pada umumnya sistem SKS ini dipakai bagi mereka yang belum belajar jauh-jauh hari. Sistem ini saya gunakan untuk mereview semua apa yang sudah saya pahami dan hafalkan. Apakah pemahaman saya masih kurang, masih ada yang belum hafal atau tidak. Saya melakukannya sampai benar-benar semuanya saya pahami dan hafalkan. Makanya butuh waktu yang lama dan harus ngebut semalaman.

Tapi itu tergantung sama kamu. Saran saya, belajar di H-1 bukanlah secukupnya. Tapi sepuasnya. Sampai benar-benar kamu puas dengan materi yang kamu pelajari. Berapa lamanya juga tergantung kamu, mau sampai begadang itu juga cuma kamu yang tahu. Intinya belajar sampai puas di H-1.

Tips lain di H-1 adalah belajar sama teman seperjuangan. Dulu saya juga belajar sama teman. Sampai tidur di satu kamar kosan. 

Manfaatnya apa ? Dengan belajar bareng biasanya ada hal-hal yang belum kita tahu tapi teman kita sudah tahu. Jadi kekosongtahuan *ngawurpedia* saya bisa terisi dengan informasi dari teman saya. Bekal pemahaman kita bertambah kan jadinya. Iya nggak ?

Selain itu dengan belajar sama teman juga dapat menambah motivasi. Kalau belajar sendiri pasti ada satu saat di mana kita lelah *tapi coy, ini H-1 masa kalah sama rasa lelah*. Saat belajar bareng kita merasa lelah terus lihat teman kita yang masih menggebu-gebu untuk memahami materi, pasti kita juga akan terbawa. Kembali semangat untuk lanjut belajar. 

Jadi itu sih, intinya di H-1 adalah belajar sepuasnya dan cobalah belajar bareng teman kamu.

6. Ini Mainstream Sih, Jaga Kesehatan

Ya biarpun dibilang ini tips yang gitu-gitu aja, tapi memang tips ini sangat penting. 

Gimana mau belajar coba kalau kamu masuk angin? Gimana belajar coba kalau kamu radang tenggorokan? Gimana mau belajar coba kalau kamu sakit maag akut? 

Jadi meskipun intensitas belajar tinggi, tetap harus memikirkan kesehatan. 

Jangan telat makan. Minum air putih yang cukup. Makan makanan yang sehat dan bergizi. Dan tidur yang cu..... STOP!

Jangan bilang tidur yang cukup! Kalau bilang itu, berarti ironi dong sama apa yang sudah saya lakukan di poin ke lima. Saya kan pakai SKS. Gimana mau tidur cukup.

Iya memang saya belajar SKS. Tetapi saya biasa mengakalinya dengan tidur setelah ujian. Bahasanya sih buat membayar hutang tidur. Padahal itu sangat salah secara medis. Tidak ada yang namanya membayar utang tidur. 

Tapi bersyukur banget, selama ujian meski pakai SKS, saya tidak pernah merasakan sakit. 

Tapi untuk kamu, sebisa mungkin tidur yang cukup ya... Dengan tidur cukup maka kamu bakalan ngerasa segar badan dan pikiran saat ujian. 

Ya intinya gitu aja sih, jaga pola makan, pola istirahat, dan oiya olahraga. Olahraga juga perlu ya buat bikin fresh otak kita. Sip... itu aja sih tips yang keenam.

7. Work Hard, Pray Hard

Tips Menghadapi Ujian


Hasil nggak akan menghianati usaha. Benar banget dah...

Sekeras apapun usahamu, kalau Tuhan tidak merestui, bisa apa ?

Maka serahkan semua usaha yang kamu lakukan ke dalam kuasa Tuhan. Dan percaya saja, apapun hasilnya itu adalah yang terbaik buat kamu. 

Jangan sombong sama Tuhan. Mentang-mentang usahanya udah keras banget jadi nyepelein, nggak berdoa. Jangan ya sob... Rencana Tuhan kita tidak tahu, tapi Tuhan sudah tahu rencana yang terbaik buat kita.

Kesimpulan

Capek juga ternyata ngetik tips ini. Akhirnya sampai juga di kesimpulan.

Intinya untuk menghasilkan nilai ujian yang maksimal maka persiapan juga harus maksimal. Persiapan tersebut di antaranya adalah dengan menyiapkan mental, belajar ringan jauh-jauh hari, mengenali tingkat kesulitan tiap mapel, belajar dengan intensitas tinggi saat H-7, dan menyerahkan semua usaha dealam doa.

Demikianlah tips mempersiapkan diri sebelum ujian semester agar mendapatkan hasil maksimal. Semoga bermanfaat bagi kamu ya. Kalau dirasa bermanfaat, silakan share artikel ini. Terima kasih. 

0 Response to "7 Tips Menghadapi Ujian Semester Agar Menghasilkan Nilai Maksimal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel