8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Tidak Kelaparan di Akhir Bulan

Terasa lebih mudah mengatur uang saat kita tinggal bersama orang tua. Sebab dengan mereka,  kita tidak perlu lagi memikirkan biaya tempat tinggal, makan, dan kehidupan sehari-hari lainnya.

Banyak lho anak kos yang setiap bulan gagal mengatur keuangannya. Baik kamu mahasiswa ataupun seorang perantau, kudu banget bisa mengatur keuangan kamu.

8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Tidak Kelaparan di Akhir Bulan


Hidup jauh dari orang tua itu tanggung jawabnya banyak. Iya nggak? Misal nij kalau uang bulanan kamu habis, apa yang akan kamu lakukan?

Kalau kamu anak orang kaya, mungkin tidak sulit meminta uang kiriman dari rumah. Tapi bagaimana jika keluarga kamu hidup dengan sederhana?

Belum lagi jika kamu adalah anak rantauan yang kerja di kota orang lain. Mana mungkin meminta uang kepada keluarga saat kamu sendiri di sana sedang mencari uang. Harusnya kalian yang mengirimu uang, bukan malah sebaliknya.

Untuk itu, perhatikan 8 tips mengatur keuangan anak kos berikut ini.

8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos

Tapi sebelum itu, ketahui penyebab kenapa Anda bisa boros. Tanamkan sikap hidup minimalis juga. Hanya beli apa yang menjadi kebutuhanmu.

Hindari sikap hidup hedonis. Entah itu di awal bulan atau akhir bulan. Karena kalau ingin hidup kamu stabil selama satu bulan, maka jangan lakukan hal-hal nyeleneh di tengah satu bulan survival kamu.

Setelah tahu apa penyebabnya, mari kita menuju tips pertama.

1. Jangan menunda melakukan pembayaran

Jangan suka menunda. Menunda itu nggak baik. Apalagi menunda melakukan pembayaran, nggak banget deh pokoknya.

Anak kos itu biasanya banyak tanggungan yang harus dibayar kan? Misal loundry bulanan, listrik, ketring, dan biaya lainnya. Tapi kamu harus punya prioritas. Bayarlah yang paling penting dahulu dan jangan ditunda-tunda.

Dalam hal ini bisa jadi uang sewa kos atau biaya kuliah. Kedua hal ini harus selalu diutamakan.

Jika baru dapat gaji atau transferan, maka langsung bayarkan uang itu untuk memenuhi biaya tersebut. Hal itu juga membantu kita menghindari kejadian buruk seperti uang habis duluan untuk menutupi kebutuhan tak penting lain, atau nasib sial seperti uang hilang.

Nomor satukan uang tempat tinggal, karena dengan telat bayar bisa membuat kamu kehilangan tempat bernaungmu di kota orang lain.

2. Catat semua keperluan bulanan

8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos

Melakukan pencatatan terhadap setiap pengeluaran itu sangat penting. Sama halnya dengan mencatat keperluan bulanan.

Buatlah list keperluan yang kamu butuhkan. Setelah itu buatlah anggarannya. Jika anggaran melebihi uang kamu, maka urutkan lagi berdasarkan prioritas. Coret yang dirasa kurang penting.

Jangan sampai kejadian kamu kelaparan di akhir bulan gara-gara semuanya dibeli tanpa menghitung anggarannya ya.

Dengan mencatat seperti ini juga bisa menjadi evaluasi keuangan kamu di akhir bulan, lho. Jadi ke depannya kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dengan uang kamu.

3. Setelah mencatat dan menghitung anggaran, jangan lupa menabung

Jangan bikin kebutuhan kalian membuat uang lenyap tanpa sisa. Usahakan kamu tetap menyisihkan uang untuk ditabung.
Tidak besar, cukup dengan 5 sampai 10 persen saja.

Dengan keteraturan menabung seperti itu, suatu hari kalau terjadi hal yang tidak menyenangkan, kalian bisa mengatasinya dengan uang simpanan.

4. Belanja satu kali dalam sebulan

Cara ini lebih efektif menghemat daripada belanja setiap hari. Dengan belanja satu kali sebulan, mata kamu bisa lebih terjaga melihat apapun yang ada di supermarket.

Sebelum belanja bulanan, catat juga apa yang kamu beli. Jadi di supermarket, kalian bisa dengan sadar membeli barang yang memang ada di catatan itu.

Tapi namanya juga manusia, pasti ada kalanya kalian khilaf.

Itu wajar, yang penting kekhilafan itu terjadi satu bulan sekali. Tidak setiap hari.

5. Belanja online

8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos

Tips mengatur keuangan anak kos berikutnya ini memanfaatkan situs-situs online di luaran sana.

Kalian sadar atau tidak, kalau barang yang terjual online sejatinya lebih murah dibanding barang yang dijual offline.

Belanja online ini bertujuan bukan untuk mengikuti tren zaman sekarang ya. Tapi memburu barang murah maupun promo yang sering diberikan.

Tapi semoga di situs online seperti ini, kamu tidak gelap mata dengan semua barang murah yang ada di sana. Tetap ingat mana yang kamu butuhkan dan tidak kamu butuhkan!

6. Masak Sendiri

Lebih murah kalau kamu memasak sendiri daripada beli. Masak satu kali dan itu untuk 24 jam, kenapa tidak?

Biasanya di tempat kos kan ada kompor tuh, jangan dianggurin. Manfaatin buat masak. Belilah telor, sayur, atau nuget untuk dimasak. Pasti akan terasa lebih irit dibanding kalau kamu makan di warteg.
Bukan apa-apa, kalau ingin hemat memang harus menderita seperti ini. Toh dengan membuat lidah minim kenikmatan tidak akan membunuhmu kan? Yang penting masih ada makanan masuk.

Tapi tetaplah makan-makanan sehat. Jangan makan mie instan terus.

7. Membawa uang pas saat bepergian

Dengan membawa uang lebih, dapat memicu kemunculan rasa ingin membelanjakan uang itu. Maka hindari membawan uang lebih.

Bisa-bisa belum sampai satu bulan kamu hidup, uang sudah mau habis.

Buat kamu yang ke kuliah atau kerjanya pakai ojek online, jangan malu untuk ngasih uang pas. Pengalaman saya pribadi nih, misal uang ojeknya cuma 13ribu. Duit di dompet adanya 15ribu. Mau minta kembalian nggak enak, akhirnya dikasih semua tuh 15ribu. Ini jangan diterusin ya.

Bayangin kalau kamu harus tiap hari ngojek. Meskipun hanya 2ribu, kalau berkali-kali kan udah banyak tuh. Sayang kan, uang yang harusnya buat keperluan lain malah harus terbuang gara-gara rasa nggak enak kita.

Jadi untuk menghindari kejadian tersebut, selalu bawa uang pas di dompet kamu ya.

8. Manfaatkan wifi gratis

8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos

Harga paketan kuota sekarang ini masih mahal-mahal. Apalagi kalau kamu pengguna setia telkomsul, bisa tekor tiap bulan hanya buat beli paketan saja kan.

Dan orang zaman now itu nggak bisa lepas dari gadget. Tiap hari sekrol instagram, facebook, youtube, dan lainnya. Boros kuota, otomatis boros duit dong.
Ada tips nih buat ngakalin hal tersebut. Sebelum mengaktifkan ponsel, tanamkan pendirian kuat kalau kamu hanya akan membuka apa yang sekiranya kamu butuhkan. Misal membuka email, grup chat, tugas, atau referensi tugas.

Dan satu lagi yang tidak boleh dilewatkan. Yakni wifi gratis yang ada di kampus atau tempat kerja.

Bohong sekali jika di tempat itu tidak ada wifi gratis!

Manfaatkan wifi gratis itu untuk kegiatan kamu berselancar di dunia maya dengan baik.

Penutup

Hidup di kota orang dan jauh dari orang tua itu berat. 8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos ini semoga bisa membantu agar kamu tidak kelaparan di akhir bulan. 

Semuanya mudah diterapkan, tinggal bagaimana kalian mau melakukannya atau tidak.

Menurut kamu ada tips lain nggak buat mengatur keuangan anak kos? Kalau ada boleh tuh dibagikan di kolom komentar.

Terima kasih sudah mampir di mari...

0 Response to "8 Tips Cermat Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Tidak Kelaparan di Akhir Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel