7 Kelebihan Seorang Introvert yang Tidak Boleh Diremehkan!

Apakah kamu seorang introvert? Jika iya, berarti kamu punya banyak kelebihan. Kelebihan seorang introvert memiliki pemikiran yang mendalam. Berpikir sebelum bertindak. Dia juga lebih selektif dalam memilih teman. Selain itu, pribadi introvert juga memiliki daya imajinatif yang baik.

Kelebihan Seorang Introvert

Apa Itu Introvert?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya kita mengenal dan memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud seorang introvert. 

Carl Jung, dalam bukunya yang berjudul "psycologische typen" membagi kepribadian manusia menjadi tiga. Ketiganya yaitu ekstrovert, introvert, dan ambivert. 

Di kesempatan ini saya hanya akan berfokus untuk membahas apa itu introvert saja. Wikipedia merumuskan bahwa seorang berkeperibadian introvert adalah mereka yang cenderung pendiam, suka merenung, mendapat gairah lewat kesendiriannya, dan lebih peduli tentang pemikiran dalam dunianya sendiri. 

Itu tadi adalah pengertian kepribadian introvert versi wikipedia. Kalau wikipedia saja bisa memberikan pengertian, kenapa saya tidak? HEHE

Aku adalah seorang introvert. Bagi saya introvert adalah seorang yang unik. Keunikan orang introvert yang paling menonjol adalah sifat cool-nya a.k.a pendiam. Ya,  kepribadian ini lebih suka diam daripada terlalu vokal untuk mengungkapkan sesuatu. Bukan tidak berani mengungkapkan, tetapi sebelum dia berbicara pasti dia pikirkan matang-matang dan akan mengungkapkannga di waktu yang dianggapnya tepat.

Introvert sebenarnya juga tidak pemalu. Dalam bertindak ia selalu memikirkan dampak-dampaknya. Tetapi yang lebih menonjol dalam pikirannya adalah dampak negatifnya. Karena pemikiran tentang dampak negatifnya mendominasi, maka seorang introvert cenderung akan menahan diri untuk melakukan sesuatu.

Kepribadian introvert tidak suka ngobrol tanpa substansi. Mereka tidak suka basa-basi. Karena apa ? Karena penyandang kepribadian ini tidak pandai untuk mencari bahan pembicaraan.

Oke, itulah sekilas tentang orang berkepribadian introvert. Selanjutnya mari kita masuk ke keunggulan seorang introvert.

Kelebihan Istimewa Kepribadian Introvert

Tuhan menciptakan dunia ini berpasang-pasangan. Ada hitam ada putih. Ada pintar ada bodoh. Ada naik ada turun. Ada kekurangan ada kelebihan. Semua diciptakanNya dengan proporsional.
Manusia introvert selain memiliki kekurangan juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh seorang ekstrovert dan ambivert. Apa saja kelebihan introvert ? Mari disimak.

1. Pribadi introvert memiliki pemikiran yang mendalam

Kelebihan pertama orang introvert adalah punya pemikiran yang mendalam. Orang introvert akan berpikir sampai ke "akar-akar"nya. Pribadi introvert akan berpikir dahulu sebelum bertindak atau berbicara. 

"Jika aku ngomong begini, kira-kira dia suka enggak ya ?"
"Kalau aku ngelakuin ini kira-kira hasilnya bagus enggak ya ?"
"Duh kalau penampilan saya begini, kira-kira mereka puas enggak ya?" 

Mereka dipenuhi dengan 'kekalauan'. Sehingga mereka dianggap sebagai orang yang lambat dalam mengambil keputusan. Terlalu banyak yang dipikirkannya.

Mereka susah untuk diajak spontan. Tetapi ketika suatu keputusan sudah diambil oleh orang introvert, maka keputusan itu adalah keputusan yang matang dan dapat dipertanggugjawabkan.

Dalam melihat suatu masalah, biasanya seorang introvert juga melihatnya dari berbagai sisi. Tidak terpatok pada satu sisi. Mereka akan berusaha memahami betul dan mendalami masalah tersebut supaya dapat ditemukan solusi yang paling tepat.

2. Mementingkan kualitas pertemanan daripada kuantitas

Introvert tidak punya teman? Kata siapa...

Memang pribadi ini hanya memiliki sedikit teman. Tetapi bisa dipastikan kalau teman-temannya adalah teman yang berkualitas. Baginya kuantitas tidaklah penting. Yang paling penting dari pertemanan adalah kualitasnya.

Tak perlu punya teman ribuan bahkan ratusan ribu, tapi kalau kebanyakan dari mereka adalah (maaf) berandalan. Tak perlu punga banyak teman kalau mereka kerjaannya nusuk dari belakang.

Begitulah prinsip dari orang introvert dalam berteman. Ketika ia bertemu orang baru, susah untuk langsung akrab dengannya. Karena dia bukanlah orang yang mudah nyaman. Orang introvert dalam memilih teman mempunyai banyak pertimbangan.

Pertimbangan memilih teman orang introvert yang paling utama adalah bagaimana seorang (calon teman) itu bisa nyambung dalam berkomunikasi. Orang introvert sangat mementingkan hal ini dalam berteman. 
Ketika orang yang baru dia kenal tidak nyambung saat berbicara dengannya, maka kemungkinan besar orang introvert akan membatasi pertemanannya. Namun, lain hal ketika ia bertemu dengan orang yang nyambung diajak berbicara. Dia akan mudah nyaman untuk memulai pertemanan dengan orang-orang tersebut. Menurutnya orang yang nyambung diajak berbicara adalah orang yang tepat untuk diajak berelasi karena akan memberikan hal-hal positif untuk dirinya.

3. Orang introvert suka "emas"

Pasti kalian bertanya-tanya, "kok bisa sih mereka suka emas?".

Jawabannya adalah memang benar manusia introvert itu suka emas. Orang bijak mengatakan kalau "diam itu emas" bukan? Nah, pribadi introvert itu adalah pribadi yang pendiam. Dia lebih suka diam daripada membuang tenaganya untuk berbicara hal yang tidak penting. 

Diamnya orang introvert bukan karena dia tidak tahu apa-apa. Diamnya introvert adalah untuk berpikiir dan berimajinasi. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang introvert suka menghabiskan waktu untuk merenung, membaca dan menulis.

Ya seperti aku ini. Aku introvert dan aku suka menulis. Bagiku menulis adalah sebuah cara untuk menuangkan segala pemikiranku. Banyak pemikiran yang tidak bisa aku ungkapkan, tetapi semua itu dapat dituangkan secara utuh dalam menulis. 
Jadi kami (pribadi introvert) bukan orang yang tidak tahu apa-apa, tapi diam kami adalah untuk berpikir dan berpikir!

4. Introvert itu sombong? Salah besar

"Eh dia anak sombong banget ya, gak pernah bergaul sama orang, ngomongnya irit banget."

"Itu siapa sih? Mukanya kaya orang yang ga punya kepedulian gitu!"

"Males ah gaul sama dia, sombong orangnya."

Mungkin orang-orang luaran sana banyak berpikiran demikian ketika bertemu seorang introvert. Itu adalah anggapan yang wajar. Wajar ketika baru pertama kali bertemu dan belum mengenal jauh. Tetapi kalau sudah mengenal lebih jauh, anggapan itu pasti luntur.

Sedikit cerita, saya tergabung dalam sebuah SSB di daerah saya. Dan ketika itu ada murid baru yang bergabung dengan SSB yang saya ikuti. Pertama kali dia melihat saya, dia berpikir kalau saya itu orang yang sombong. Ga asik dan sebagainya. Tetapi setelah dia mengenal lebih jauh, anggapan itu mulai berubah. Dan sampai sekarang ini, kami memiliki hubungan pertemanan yang baik.

Jadi orang introvert itu bukanlah orang yang sombong. Dia memang begitu. Seperti poin 2 tadi, dia memilih kualitas dibanding kuantitas pertemanan. Jadi ketika bertemu pertama kali, orang introvert akan menjaga jarak.

Namun, ketika sudah kenal jauh, orang introvert adalah orang yang asyik, memiliki kepedulian yang baik, dan bisa menjadi partner yang baik.

5. Memiliki waktu menyendiri yang berkualitas

Kelebihan pribadi introvert selanjutnya adalah memiliki 'me time' atau waktu menyendiri yang berkualitas. Selain teman berkualitas, kualitas menyendirinya juga berkualitas.

Bagi orang introvert, waktu menyendiri adalah suatu kenikmatan yang luar biasa. Diibaratkan sebuah handphone, waktu menyendiri ini adalah sebuah charge-nya. 
Bahkan orang introvert ingin sekali cepat pulang dari sebuah pesta hanya untuk menyendiri di rumahnya. Yap, menyendiri sudah menjadi kebutuhan introvert.

Waktu menyendiri introvert adalah waktu yang produktif. Tidak hanya duduk, diam, atau berbaring, tetapi dia memberi asupan bagi dirinya. Misalnya asupan religi dengan merenung, asupan kreatifitas dengan berimajinasi, dan asupan pengetahuan dengan membaca.

6. Tempat curhat yang baik

Kelebihan introvert dibanding extrovert atau tipe kepribadian lainnya yaitu dia bisa menjadi tempat curhat yang baik. Kenapa, karena dia lebih suma diam dan mendengarkan dibandingkan berbicara secara frontal. 

Tidak hanya mendengarkan, ketika curhat kepada seorang introvert, ia juga akan memberikan beberapa masukkan dan solusi yang sudah ia pikirkan matang-matang. 

Selain itu, orang introvert juga pandai untuk menyimpan rahasia. Itu karena tadi, dia suka diam. Tidak mudah untuk berbicara, dan berpikir matang sebelum berbicara.

7. Suka mengevaluasi diri

Orang inteovert memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Apabila ada sesuatu yang ia lakukan dirasanya kurang sesuai, maka ia selalu berinstrospeksi. 

Dia tidak pernah puas. Meskipun yang dia lakukan sudah bagus, dia selalu ingin memperbaiki. Itu semua bisa disebabkan karena orang introvert memiliki kemampuan analisa yang baik. Dia mampu menganalisa situasi dengan baik.

Karena sifat dasarnya yang pemikir, setiap apa yang telah ia lakukan juga selalu dipikirkannya. Bahkan sampai ke hal yanh paling sepele. Contoh, karena kondisi yang tidak memungkinkan, ia harus menerima dengan tangan kiri. Hal simpel itu akan selalu terpikirkan oleh orang introvert. Akan selalu di evaluasi. 

Karena hal tersebut, maka orang introvert adalah orang yang suka bervaluasi. Bukan berevolusi loh ya hehe.

Penutup

Demikianlah kelebihan yang dimiliki seorang introvert. Jadi jangan pernah remehkan orang dengan kepribadian introvert ya. 

Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

1 Response to "7 Kelebihan Seorang Introvert yang Tidak Boleh Diremehkan!"

  1. benar apa pun kepribadiannya itu pasti ada kelebihan, salam kenal

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel