6 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Kamu Pengin Jadi Penulis

6 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Pengin Jadi Penulis


Manfaat menulis - Kebanyakan orang (termasuk saya) bilang kalau menulis itu susah-susah gampang. Gampang untuk memikirkan apa yang akan ditulis, tetapi susah untuk menuangkannya ke dalam kata demi kata.

Sedikit curhat, pertama kali saya menulis sebuah artikel, rasanya susah sekali untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran menjadi sebuah kalimat. Butuh waktu berjam-jam hanya untuk menulis beberapa kalimat (dapat dihitung dengan jari). 

6 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Kamu Pengin Jadi Penulis

Awalnya saya cuma ikut-ikutan teman, nulis biar kelihatan seperti orang-orang pintar (padahal enggak), sekarang saya malah jadi ketagihan menulis. Ada kepuasan batin ketika selesai menulis. Selain kepuasan batin, ternyata masih banyak manfaat dari menulis yang saya rasakan. 

Nah, pada kesempatan kali ini RUJEND akan merangkum tentang 6 manfaat menulis yang bakalan bikin kamu pengin jadi penulis. Simak baik-baik penjelasannya ya...

1. Memiliki Daya Imajinasi yang Baik.

Dengan menulis kita dapat meningkatkan daya imajinasi kita. Ketika kita menulis maka apa yang kita tuliskan secara tidak langsung akan tergambarkan dalam pikiran kita. Terlebih lagi jika kita suka menulis sebuah cerpen/fiksi/novel dan sebagainya, daya imajinasi kita akan semakin baik. Misalkan kita akan membuat cerpen bertema percintaan. Maka kita akan menggambarkan dalam pikiran kita watak tokohnya seperti apa, latar ceritanya bagaimana, alur yang baik seperti apa dan sebagainya. Selanjutnya menuangkan pemikiran tersebut menjadi sebuah cerita.

2. Membuat Hati dan Pikiran Tenang.

Terkadang suatu hal tidak bisa diungkapkan dengan berbicara. Tetapi dengan menulis semuanya dapat diungkapkan. Di saat sedih, senang, susah, gelisah, galau, bahagia apapun itu dapat tertuang dalam sebuah tulisan. Dengan menulis kita bebas untuk berekspresi.

Baca Juga : 20 Manfaat Membaca Buku Yang Wajib Kamu Ketahui

Dengan menuangkan segala sesuatu ke dalam sebuah tulisan akan membuat hati dan pikiran kita lebih tenang.

3. Membuat Waktu Luang Lebih Berarti.

Berapa lama kamu menghabiskan waktu di depan televisi? Berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk mantengin sosmed? Berapa lama kamu menghabiskan waktu untuk main game ? Atau berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk hal yang tidak bermanfaat ?

STOP...
Jangan sia-siakan waktumu. Isilah dengan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya dengan menulis.

Dengan menulis maka wawasan kita akan terus bertambah. Karena kita secara tidak langsung akan mencari referensi sebagai bahan rujukan dalam menulis. Dengan demikian maka kita akan mendapat ilmu baru, pengetahuan baru, dan wawasan baru.

Dengan menulis bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Apa yang kita tuliskan bisa menjadi sumber informasi bagi para pembaca tulisan kita. Dengan demikian maka waktu luang kita akan lebih bermakna.

4. Menjadi Pandai Berbicara.

Dengan menulis otomatis kita berlatih untuk berbicara. Meskipun tidak secara langsung berhadapan dengan orang banyak, tetapi menulis akan membuat kita menjadi pandai dalam berbicara.

Ketika kita memiliki sebuah ide dan ingin menuangkannya ke dalam sebuah tulisan, pasti kita akan berpikir untuk menyusun kata-kata yang cocok. Selain itu, kita juga akan berusaha merangkai kata demi kata supaya mudah untuk dipahami. 
Dengan menulis maka kosakata juga akan bertambah. Setelah membaca referensi (bahan menulis) maka akan mendapatkan kosakata baru. Tetapi kosakata tersebut tidak akan terspan dengan baik jika tidak digunakan. Maka dengan menulis kita dapat langsung menggunakan kosakata baru tersebut. Dengan demikian maka memori kita akan lebih mudah menyimpan kosakata yang baru.

Kesimpulannya dengan menulis kita akan lebih pintar dalam merangkai kata dan memiliki kosakata yang luas sehingga membantu kita menjadi pandai berbicara.

5. Perekam Sejarah Terbaik.

Ada suatu pepatah mengatakan kalau tulisan itu tidak akan lekang oleh waktu. Menurutku itu benar. 

Kalian semua pasti pernah belajar sejarah kan? Nah, darimana kalian belajar ? Dari buku, majalah, internet, koran, atau apapun itu. Saya hampir yakin 100% semua itu berbentuk tulisan. 

Betapa luar biasanya sebuah tulisan, mampu merekam ratusan juta tahun yang lampau dan masih dapat kita nikmati bersama-sama sekarang ini. 

Maka dari itu, mulailah menulis. Mungkin apa yang kita tuliskan sekarang terasa tidak berguna. Tapi berpuluh-puluh tahun mendatang tulisan kita akan terasa berharga sekali karena di dalamnya terkandung momen-momen yang berharga.

6. Mengasah Otak dan Mencegah Kepikunan.

Menulis sangat erat hubungannya dengan berpikir. Dengan demikian maka otak akan bekerja. 
Seperti halnya tumbuhan membutuhkan air, manusia butuh makan, maka otakpun butuh asupan agar tetap terjaga kualitasnya. Salah satunya adalah dengan menulis.
Baca Juga: 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris
Dengan menulis maka otak akan terlatih untuk berpikir positif. Otak akan selalu bekerja sehingga ibarat pedang, semakin diasah maka semakin tajam. Sama halnya dengan otak, semakin sering bekerja maka semakin tajam daya pikirnya. 
Jika kita sudah terbiasa untuk menulis, maka otak kita akan semakin terasah sehingga tidak mengalami kepikunan yang dini. 

Nah, itu tadi 6 manfaat menulis yang tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Yakin masih ogah-ogahan buat nulis ???

Kalau kalian suka artikel ini, silakan dibagikan ke teman-teman kalian supaya lebih banyak yang tahu tentang manfaat dari menulis yaaa.... Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di postingan selanjutnya...

3 Responses to "6 Manfaat Menulis Yang Bakalan Bikin Kamu Pengin Jadi Penulis"

  1. Menurut saya tambah satu lagi, yakni menambah kebijaksanaan.

    Penulis yang baik akan sampai kepada kebijaksanaan berpikir dan berperilaku. Penulis sedikit banyak pasti memikirkan dan memperkirakan bagaimana respon pembacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul sekali mas Aliyul Murtadlo. Terima kasih atas masukannya mas. Akan jadi bahan perbaikan lagi buat saya ke depannya, supaya bisa menyajikan konten yang lebih lengkap.

      Delete
  2. Mantap betul artikelnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel