8 Cara Supaya Selalu Semangat Setiap Hari


Pada dasarnya manusia bukanlah sebuah robot. Setiap orang pasti memiliki rasa bosan, jenuh, dan capek. Setelah menjalani rutinitas yang begitu padat dan menguras tenaga serta pikiran, manusia perlu untuk me-recharge dirinya. Contohnya dengan mengambil cuti untuk berlibur, mengasingkan diri sejenak dari segala pernak-pernik dunia pekerjaan yang digelutinya.

Lain halnya dengan sebuah robot, dia tak pernah merasa lelah dan bosan. Robot hanya akan berhenti bekerja kalau memang dihentikan oleh operatornya.

Apabila kita sudah merasa bosan, capek, dan jenuh, dampak lanjutnya pasti kita akan merasa tidak semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Padahal sebuah kehidupan akan berjalan lebih indah jika kita menjalaninya dengan penuh semangat.

Berdasarkan pengamatan dan analisa saya (diambil dari pengalaman sendiri), saya menyimpulkan ada 3 komponen utama yang mempengaruhi sebuah semangat seseorang.

Tiga komponen tersebut yaitu:

  1. Beban pikiran.
  2. Kondisi fisik.
  3. Motivasi 
Saya mengibaratkan ketiga komponen tersebut sebagai sebuah smartphone. Di mana beban pikiran disamakan dengan RAM, kondisi fisik disamakan dengan baterai, dan motivasi disamakan dengan aplikasi/software. 

Ketiga komponen ini saling mempengaruhi satu sama lain. Gambarannya begini.
Kelancaran sebuah smartphone dalam menjalankan aplikasi sangat dipengaruhi oleh RAMnya. Apabila RAM terlalu diforsir untuk mengerjakan banyak pekerjaan, maka smartphone akan terasa lemot. Sebuah smartphone tanpa didukung dengan baterai yang memadai juga akan sia-sia, cepat loyo. Sebuah smartphone tanpa aplikasi juga terasa hampa.

Intinya jika terlalu banyak pikiran otomatis otak akan terforsir dan capek. Apabila otak capek otomatis bagian tubuh yang lain juga tidak akan berfungsi dengan optimal, sehingga rasa tidak semangat itu timbul.

Misalkan otak sudah penuh rancangan dan semangat membara untuk mengerjakan suatu pekerjaan tapi apabila kondisi fisik tidak memungkinkan, sama saja bohong.

Pikiran fresh, kondisi fisik prima, tapi hidupnya tidak ada motivasi tidak ada tujuan, maka semangat itu juga tidak akan muncul. 

Mungkin 3 komponen tersebut tidak selamanya benar, tetapi itulah yang menurut pandangan saya sangat mempengaruhi semangat seseorang.

Agar tidak terlalu panjang lebar, langsung saja kita masuk ke menu utama. Kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang telah saya lakukan supaya selalu semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

1. Buat rencana harian.

Sebuah rencana yang baik tentu akan membuat hidup seseorang lebih terarah. Dengan membuat rencana kita paham apa-apa saja yang harus dilakukan dan tidak. 

Sebuah rencana membuat kita kebal arus kehidupan. Tidak ikut-ikutan orang lain. Hidup kita tidak berjalan "ngalor-ngidul". Punya hakikat yang konkrit dan pasti.

Rencana harian yang saya maksud dalam bahasan ini adalah hal-hal yang harus kita capai untuk esok hari.

Menurut saya waktu yang paling baik untuk membuat rencana harian adalah malam hari sebelum tidur. Tulislah hal-hal yang ingin dicapai untuk hari esok pada sebuah kertas atau gadget. 

Baca Juga: 8 Cara Presentasi yang Baik dan Tidak Membosankan

Usahakan rencana yang akan dilakukan/dicapai tersebut disertai dengan jangka waktu. Hal tersebut akan lebih membuat kita semangat untuk terus menjalani hari. Karena kita sudah punya tujuan dan langkah yang harus dilakukan setiap hari.

Kali ini saya akan membagikan contoh rencana harian yang saya buat ketika saya akan menghadapi ujian. Saya sering mencatatnya di smartphone. Gambarannya seperti ini.

Klik gambar untuk melihat lebih jelas.

Dengan sebuah rencana harian, saya benar-benar merasakan perbedaan semangat yang cukup mencolok dengan ketika saya tidak membuat rencana harian. Akan ada motivasi lebih untuk mau bergerak. Energi itu semakin bertambah ketika kita melihat rencana tersebut.

2. Senantiasa bersyukur.

Bersyukur masih bisa membuka mata. Bersyukur atas pagi hari yang cerah. Bersyukur atas udara segar. Bersyukur dalam segala hal yang masih bisa kita rasakan setiap hari.

Dengan selalu bersyukur kita akan selalu merasa berkecukupan. Orang yang selalu bersyukur akan menjalani harinya dengan ikhlas. Kalau sudah ikhlas pasti semangat itu akan timbul dengan sendirinya.

Lain halnya dengan orang yang tidak bersyukur. Mereka seringkali menjalani hari dengan bersungut-sungut. Tidak menerima pemberian Tuhan sepenuhnya. Orang yang tidak bersyukur akan selalu mengeluh dan mengeluh. Padahal mengeluh adalah jalan menuju sebuah kegagalan. 

Jadi mari kita bersyukur atas segala hal yang telah diberikan Tuhan kepada kita...

3. Sarapan.

Nah ini juga hal yang sangat penting untuk menunjang semangat kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan untuk sarapan pagi memang sudah sepatutnya dilakukan. Sarapan dengan makanan dan minuman yang sehat tentu akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan siap menjalani rutinitas seharian.
Baca Juga: 20 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kamu Ketahui!
Jujur saja, saya terkadang juga mengabaikan sarapan. Mungkin Anda juga demikian.

Bangun kesiangan, ibu/istri belum selesai masak sedangkan waktu sudah mepet, malas, menganggap sepele sarapan, kurang nafsu makan dan sebagainya merupakan alasan klasik mengapa seseorang jarang untuk sarapan.

Sejatinya sarapan itu seperti bahan bakar sebuah kendaraan bermotor. Apabila bahan bakar kosong, bagaimana sebuah kendaraan bermotor bisa bergerak dengan baik?

Nah, sama halnya manusia. Apabila kita tidak mempunyai pasokan tenaga yang cukup, bagaimana kita akan menjalankan aktivitas dengan baik/semangat? Kemungkinan besar kita akan loyo dalam menjalani hari.

Jadi menurut saya sarapan merupakan suatu hal yang penting terkait dengan semangat seseorang sehari-hari.

NB: sarapan dengan menu favorit semakin menambah mood dan semangat seseorang dalam menjalani hari. 


4. Berikan senyuman terbaikmu.

Senyum adalah ibadah. Senyum-senyum sendiri perlu digugah. Apaan sih enggak jelas deh 😂
....

Sebuah senyuman mampu memancarkan sinyal positif. Baik itu terhadap diri sendiri maupun orang lain. 

Dengan tersenyum hati dan pikiran akan menjadi lebih segar. Senyuman juga dapat menjadikan diri kita dan orang lain terasa nyaman. Orang-orang yang murah senyum juga akan mendapat tempat yang baik di lingkungan sekitarnya. 

Menebarkan senyuman terbaik juga membuat kita merasa lebih percaya diri. Sehingga dalam menjalani kehidupan sehari-hari tanpa ada rasa ragu. Melangkah pasti. Penuh optimisme.

Seorang yang selalu menebarkan senyuman terbaiknya juga akan memiliki hidup yang lebib berwarna dan bergairah sehingga semangat dalam diri selalu muncul.
Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas Dalam Kehidupan Sehari-Hari !

5. Prakarsai pembicaraan dengan banyak orang.

Setiap orang memiliki watak dan perilakunya masing-masing. Dalam setiap otak seseorang juga memiliki pemikiran yang berbeda satu sama lain. 

Dengan memprakarsai sebuah pembicaraan atau interaksi, kita akan mendapatkan hal-hal baru dari orang lain. Biasanya, setiap orang yang kita temui juga memancarkan "aura" yang berbeda-beda. 

Sehingga dengan memprakarsai pembicaraan dengan banyak orang membuat kita tidak merasa bosan, karena suasana yang dipancarkan masing-masing orang berbeda-beda.

6. Jangan menunda ketika alarm berbunyi.

Menunda mengindikasikan ketidaksiapan. Menunda juga mengindikasikan adanya kemalasan. 

Sekarang mari kita renungkan, apa gunanya kita menyeting alarm berulang-ulang kalau kita hanya bangun untuk mematikannya? Bukan malah "berterimakasih" karena telah membangunkan kita.

Alarm juga manusia, pengin dihargai. (Lebay dikit enggak apa-apa kali ya...)

Sebagai umat terbaik di muka bumi ini, mari kita sama-sama hargai alarm dengan bangun tanpa menunda bangun. 

Dengan tidak menunda bangun akan berdampak positif terhadap kondisi psikologis kita. Kita akan merasa siap dan semangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

7. Ingat tujuan utama.

Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup masing-masing. Setiap orang berbeda. 

Sebagai contoh, saya adalah seorang pelajar yang mendambakan ketika saya lulus kuliah nanti, dapat langsung kerja. Sampai akhirnya saya memiliki tujuan untuk masuk ke PKN STAN.  

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu butuh persiapan. Dalam persiapan saya untuk masuk PKN STAN, tentu terdapat banyak kendala. Malaslah, capeklah dan segala macam. Tetapi kendala-kendala yang saya hadapi serasa sirna ketika saya  mengingat kembali tujuan utama saya. Persiapan yang saya lalui menjadi penuh motivasi dan semangat.

Sampai akhirnya saya bisa menjadi mahasiswa PKN STAN di tahun 2017. Nah, apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara masuk PKN STAN, kalian bisa baca pembahasan yang telah saya buat di artikel 6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (Based on True Story) ini.

8. Satu kata motivasi setiap hari.

Orang bijak mengatakan kalau suatu yang besar dimulai dari yang kecil. Pepatah juga mengatakan kalau sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Nah kebiasaan yang saya lakukan agar selalu semangat menjalani hari kali ini dengan membaca kata-kata bijak dari para tokoh terkemuka. Meskipun cuma satu kata setiap hari, tetapi jika dilakukan secara rutin maka akan memberikan dampak yang besar nantinya. 

Saya suka membaca kata motivasi dari Mario Teguh, Bill Gates, Tony Robbins, dan masih banyak tokoh lainnya. Walaupun sekedar membaca sekilas saja, rasanya kata-kata tersebut akan tersimpan dengan baik dalam memori otak saya. 

Hal tersebut juga seringkali menjadi panduan dalam menjalani keseharian saya. Mendorong saya untuk berbuat yang terbaik, semaksimal mungkin, tidak boleh mengeluh, dan selalu semangat. 

Nah, baru-baru ini saya juga sering membagikan kata-kata bijak yang saya baca setiap hari dalam IG. Khususnya di IG @rumah__jendela. Di situ saya sering berbagi tetang kata-kata motivasi. 

Begini penampakan IG @rumah__jendela.

Bagi kalian yang ingin mengecek profilnya secara langsung, bisa klik di sini.

Baik, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan supaya kita selalu bersemangat setiap hari.
Apabila kalian suka artikel ini, silakan di-share ke teman Anda lainnya. Bagi kalian yang tidak ingin ketinggalan info lainnya dari Rujend, bisa like fan page dan berlangganan newsletter dari kami.

Terimakasih dan sampai jumpa di postingan Rujend berikutnya...

0 Response to "8 Cara Supaya Selalu Semangat Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel