20 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kamu Ketahui

20 Manfaat Membaca Buku


Halo, selamat datang di RUJEND. Kesempatan ini akan membahas tentang apa saja manfaat dari membaca buku. Tidak usah pakai lama lagi, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Berdasarkan penjelasan dari wikipedia, membaca memiliki pengertian yaitu kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan.

Dapat diartikan juga bahwa membaca adalah sebuah kegiatan untuk memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung dalam sebuah bahan yang tertulis (koran, majalah, gadget, dsb).

Itu sedikit penjelasan mengenai arti dari membaca.

Kita pasti sering mendengar istilah "membaca adalah jendela dunia". Hal ini menurut saya tidak berlebihan, karena memang dengan membaca kita dapat tahu 'segala' hal.

Dengan membaca kita bakalan tahu jadwal piala dunia hari ini, tahu tentang sejarah, tahu tentang permasalahan yang sedang terjadi di dunia, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, membaca bagi sebagian orang menjadi hal yang malas untuk dilakukan. Orang lebih suka menonton video dan gambar dibandingkan membaca.

Minat baca di Indonesia sendiri sangat rendah. Indonesia memperoleh peringkat 60 dari 61 negara terkait minat baca berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Central Connectitut State University di Amerika Serikat (seperti dilansir oleh cnnindonesia.com)

Dilandasi oleh hal tersebut, artikel ini dibuat untuk menggugah Anda supaya lebih suka untuk membaca buku dengan mengetahui manfaat dari membaca itu sendiri.

Berikut RUJEND rangkumkan 20 manfaat membaca bagi kehidupan sehari-hari. Cekidot...

20 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kamu Ketahui


1. Menambah wawasan dan pengetahuan.

Manfaat ini pasti sudah dirasakan oleh banyak orang setelah membaca buku. Hal ini dikarenakan setiap bahan bacaan yang kita baca, pasti memberikan informasi bagi para pembacanya. Informasi ini dapat berupa informasi yang positif maupun negatif, semua kembali kepada pembacanya.

Informasi yang didapatkan dari membaca juga tidak selalu berguna pada saat itu juga, tapi berguna pada suatu waktu nanti. Sehingga, semakin banyak kita membaca maka semakin banyak tabungan pengetahuan kita dan kita akan semakin diperkaya dengan ilmu yang berguna untuk menghadapi setiap tantangan di masa mendatang. 

Mari kita tabung ilmu dengan membaca bacaan-bacaan yang positif ya...

2. Membaca sebagai sarana hiburan.

Salah satu sarana hiburan yang paling populer adalah televisi. Banyak orang yang rela menghabiskan waktu mereka di depan televisi untuk mencari hiburan.

Namun sebenarnya ada cara lain loh untuk mendapatkan hiburan. Salah satunya adalah dengan membaca. 

Dengan membaca komik, novel, cerita komedi, cerita horor dan sebagainya kita akan mendapatkan hiburan dengan sensasi yang berbeda. Kita akan masuk ke dalam khayalan untuk mengilustrasikan cerita yang kita baca, inilah sensasi berbeda yang kita dapatkan dari membaca.

Era modern ini, kita tidak perlu khawatir tidak punya uang untuk membeli buku. Sudah banyak sekali perpustakaan digital yang tersedia di internet. Bahkan pemerintah sendiri telah menerbitkan e-library dengan nama iPusnas yang dapat kita download di Play Store maupun App Store.

Jadi tunggu apalagi, mari membaca!

3. Mencegah penyakit Alzheimer.

Membaca memang betul-betul bisa langsung menaikkan daya ikat otak. Pada saat membaca, otak kita bakalan dirangsang serta stimulasi secara teratur bisa membantu untuk menghindari masalah pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa membaca dapat menunda atau menghindari kehilangannya memori. 

Alzheimer sendiri adalah penyakit atau gangguan pada otak manusia atau demensia (pikun). Penyakit ini biasanya menyerang oang yang berusia lanjut. Namun tak menutup kemungkinan juga penyakit ini menyerang kalangan remaja. Hal tersebut sering dikarenakan otak jarang diasah dengan membaca atau belajar. 

Yakin nih masih mau males baca ?

4. Meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Salah satu manfaat membaca lainnya adalah dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang. Ketika kita membaca buku, pasti secara tidak langsung fokus dan konsentrasi akan terpusat pada kalimat-kalimat yang ada dalam buku tersebut. 

Saat membaca kita akan berusaha memahami detil setiap kalimat sehingga melupakan sejenak hal-hal lainnya. Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dan konsentrasi dalam melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

5. Menambah perbendaharaan kata.

Tak bisa dipungkiri, dengan membaca memang kosakata kita akan bertambah. Dengan membaca buku secara teratur lama-kelamaan kosakata yang kita miliki juga bertambah. Hal ini karena di dalam buku yang kita baca terdapat kandungan kosakata yang luas, tak jarang juga kita menemui kata-kata baru di setiap buku yang kita baca. Bahkan para peneliti memperkirakan bahwa kita belajar sebanyak 5%-15% dari semua kata yang kita tahu melalui membaca. Hal ini sangat penting bagi kita untuk membaca, karena kosakata yang kita miliki secara langsung akan berkaitan dengan apa yang telah kita baca.

6. Menjadi percaya diri.

Dengan membaca juga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Hal ini karena dengan membaca buku kita dapat menjadi lebih cerdas, berwawasan luas, pintar, dan pandai berbicara. Nah, hal tersebut akan memberikan nilai plus tersendiri bagi kita sehingga kita akan lebih percaya diri dalam setiap pembicaraan, baik itu diskusi kelompok, rapat, seminar, dan sebagainya.
Selain itu dengan membaca buku juga akan memberikan kebijaksanaan bagi kita, sehingga kita mudah untuk berinteraksi dengan baik, tahu kapan waktunya untuk berbicara, serta bisa memilah kata apa yang harus kita keluarkan.

7. Menjadi pandai dalam berbicara.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, membaca buku juga bisa membuat kita menjadi pandai dan luwes dalam berbicara. 

Kita pasti pernah merasa bingung dengan apa yang mau diucapkan ketika sedang berbicara di depan umum. Hal ini bisa jadi karena kita gerogi, malu, dan juga karena perbendaharaan kita sedikit. 

Nah, dengan membaca kita bakalan mempunyai wadah yang kaya akan kata. Sehingga kita ridak akan bingung tentang apa yang akan kita ucapkan.

Kata-kata secara otomatis akan selalu bermunculan ketika kita sedang berbicara. Kata-kata yang muncul juga tidak monoton jika kita sering membaca. 

Bayangkan deh jika Anda pintar ngomong di depan umum pasti akan banyak orang yang kagum dengan Anda. 

So, lets reading!

8. Mengurangi stress.

Setiap orang pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Tak jarang juga orang menjadi stress dan terbebani karena kesibukan tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mencari cara untuk menghilangkan stres. Salah satunya adalah dengan membaca buku.

Dengan membaca selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca kita dapat menekan tingkat stress hingga 67%.

Hal ini karena setiap kata dalam sebuah tulisan memiliki keindahan yang mampu menenangkan dan mengurangi stress. Apalagi jika buku yang kita baca merupakan buku fiksi atau humor, pasti akan sangat menghibur dan menghilangkan stress. 

Membaca buku juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu orang untuk memiliki ketenangan batin dan relaksasi.

9. Menjaga keremajaan dan kesehatan otak.

Menurut studi terbaru dari Rush University Medical Center, membenamkan diri dalam buku yang bagus akan memperpanjang umur pikiran seseorang. Hal ini dilansir oleh majalah Prevention. 

Orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual seperti membaca, memiliki kemungkinan 32% lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

"Aktivitas yang melibatkan latihan otak membuat otak lebih efisien mengubah struktur untuk terus berfungsi dengan baik, terlepas dari hal-hal neuropatologi yang berkaitan dengan usia", kata Robert S. Wilson, PhD, Profesor Neuropsikologi di Rush University Medical Center.

10. Pola tidur menjadi sehat.

Banyak dari kita yang mengalami gejala susah tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Kebiasaan buruk ini dapat diperbaiki dengan cara membaca buku.

Caranya adalah dengan membawa buku ke tempat tidur, kemudian membaca beberapa halamannya. Aktivitas membaca buku tersebut dapat menenangkan pikiran serta mengisyaratkan tubuh untuk memejamkan mata. Hal ini akan sangat membantu untuk mendapatkan pola tidur yang sehat dan pulas bagi kita.

BACA JUGA : 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris

11. Meningkatkan kualitas memori.

Dengan membaca buku dapat berperan untuk meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat berbagai macam informasi yang telah kita baca. 
Sebagai contoh ketika kita membaca sebuah novel yang di dalamnya terdapat berbagai macam tokoh, latar belakang, ambisi, dan juga sejarah maka semua informasi dalam novel tersebut akan ditampung di dalam otak. 

Setiap ingatan baru yang kita ciptakan dapat menempa memori otak dan memperkuat memori yang sudah ada. Hal ini membantu ingatan-ingatan jangka pendek serta menstabilkan suasana hati. 

Dengan membaca buku akan membantu latihan otak secara maksimal daripada hanya menonton tv atau mendengarkan radio. Direktur dari riset Hanskins Laboratories bernama Ken Pugh, PhD mengatakan jika kebiasaan membaca dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

12. Membuat waktu lebih berharga dan tak sia-sia.

Orang bijak mengatakan jika 'waktu sangatlah berharga'. Jadi sebagai orang yang bijak kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Jangan biarkan waktu yang kita lalui terbuang percuma tanpa melakukan hal yang positif. 

Berapa banyak waktu yang terbuang percuma ketika terjebak dala kemacetan? Berapa lama waktu yang terbuang ketika mengantri di loket? Berapa lama waktu yang terbuang percuma ketika menonton video yang berisi konten tidak bermanfaat? Isilah waktu dengan sebaik mungkin.

Dengan membaca maka waktu kita tidak akan terbuang percuma. Bacaan apapun itu (konten positif) selalu memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi, mulai sekarang jadikanlah membaca sebagai kegiatan rutin sebagai penyelamat kekosongan waktu kita. Sehingga tidak ada waktu kita yang terbuang percuma.

13. Menjadi pandai menulis.

Melalui bacaan kita juga bisa belajar tentang teknik-teknik penulisan orang lain, sehingga kita dapat mencontoh hal-hal tersebut agar kemampuan menulis kita menjadi semakin mahir. Melalui bacaan kita juga bisa mendapatkan ide-ide yang melimpah sebagai bahan rujukan untuk menulis. 

Dengan membaca, maka kosakata bertambah. Sehingga hal tersebut otomatis akan sangat membantu ketika kita akan membuat sebuah karya tulis sendiri.

14. Memperluas pemikiran.

Jika kita gemar membaca buku maka kita akan memiliki tingkat kreatifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang jarang membaca buku. Dengan membaca buku kita juga bisa membagikan pengalaman kita dengan orang lain tentang berbagai macam hal yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk melakukan sesuatu.

15. Kemampuan menganalisa sesuatu bertambah.

Membaca buku juga dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis dan menganalisa suatu masalah yang ada dalam setiap bacaan yang kita baca. 

Pernahkah Anda membaca novel misteri dengan teka-tekinya yang rumit? Apakah Anda dapat memecahkan teka-teki tersebut? Nah, dengan membaca novel tersebut kita diajak untuk mencari apa jalan keluar dari misteri yang disajikan dalam novel tersebut. 

Sehingga dengan membaca, jelas akan melatih kita untuk memahami seluruh rangkaian peristiwa, alur cerita, dan penyelesaian dari cerita tersebut sehingga otak menjadi lebih mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang tersedia.

16. Memberikan sebuah ketenangan. 

Selain relaksasi yang didapat ketika membaca buku yang bagus, ada kemungkinan juga kita mendapatkan sebuah kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa. 

Dengan membaca kitab suci contohnya, kita dapat menurunkan tekanan darah dan menimbulkan rasa tenang dan damai, sementara itu buku self-help telah terbukti mebantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan orang yang memiliki penyakit mental ringan.

17. Terhubung dengan dunia luar. 

Seorang psikolog dari University of Buffalo menyatakan bahwa ketika seseorang sedang membaca buku, hal tersebut dapat membantunya untuk mengidentifikasi karakter dalam buku yang dibacanya. Ia akan mengalami jenis hubungan kehidupan nyata yang dapat meningkatkan rasa inklusi. Demham laya lain, membaca dapat meningkatkan persahabatan dengan dunia luar.

Kita juga tak perlu susah payah untuk mendatangi suatu tempat di luar sana untuk sekedar mengenal tempat tersebut. Melalui sebuah bacaan kita akan memperoleh informasi terkait dengan tempat tersebut hanya dengan duduk manis ditemani sebuah teh hangat ataupun sambil berbaring santai di kamar.

18. Hari-hari yang kita lalui terasa lebih cerah. 

Suatu film kisah dengan happy-ending memang bisa mengangkat semangat kita, namun dengan sebuah bacaan mungkin saja dapat menghidupkan semangat positif di dalam diri kita dengan cara yang lebih halus. 

Bahkan juga beberapa peristiwa sederhana dalam narasi sebuah bacaan mungkin akan mengingatkan kita pada suatu kegiatan indah di masa lalu. 
Sebagai contoh, ketika kita membaca sebuah novel percintaan, maka mungkin juga kita akan teringat akan percintaan masa muda kita yang begitu indah dan mengesankan.

19. Dapat mendorong tujuan hidup seseorang.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Ohio State University, disebutkan jika dengan membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan suatu motivasi dalam mengatasi berbagai permasalahan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai suatu tujuan hidup seseorang.

Disaat seseorang dapat lebih mengidentifikasi karakter atau ciri-ciri, pengalaman, serta berbagai peristiwa yang seakan hal-hal tersebut terjadi pada dirinya sendiri, maka akan semakin besar kemungkinan bagi mereka untuk mengambil suatu tindakan dalam hidupnya.

20. Meningkatkan empati seseorang.

Dengan membaca buku juga dapat meningkatkan empati seseorang. Hal ini dilandasi oleh penilitan yang dilakukan oleh New York University yang menyatakan jika dengan membaca buku maka dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Hal ini karena di saat membaca buku kita akan menciba memahami setiap kalimat-kalimat yang disajikan dan juga merasakan apa yang sedang terjadi di tiap bacaan kita. 
Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita.

Demikianlah rangkuman dari RUJEND seputar 20 Manfaat Membaca Buku. Kiranya informasi ini dapat bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Jangan lupa untuk SUBSCRIBE dan LIKE FANSPAGE kami supaya Anda tidak ketinggalan info-info menarik dan bermanfaat lainnya. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "20 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel