17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat



17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris



Semua orang pasti pengin banget bisa lancar ngomong bahasa Inggris. Termasuk saya. Termasuk Anda juga ya kan?

"Ya iyalah kalo enggak ngapain aku baca artikel ini"

Upss maaf, jangan emosi dulu (hehe).

Kemampuan untuk ngomong menggunakan bahasa Inggris dengan lancar memang sudah menjadi kebutuhan saat ini. Apalagi bahasa Inggris juga merupakan "bahasa segala bangsa" di dunia ini.

Era globalisasi menuntut seseorang menguasai bahasa Inggris.

Tapi ada juga yang bilang kalo "saya ga bakalan kelaparan kok kalo gak bisa ngomong bahasa Inggris". Ya memang betul juga sih. Tapi.....

Tapi ingatlah beberapa hal berikut ini.

1. Perkembangan IPTEK

Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK begitu pesat. Dewasa ini hampir semua teknologi baik itu handphone, PC, laptop, Play Station dan sebagainya telah menggunakan bahasa Inggris.

"Ah elah, sekarang kan udah bisa diubah ke bahasa Indonesia". 

Emmm, ya emang bisa sih.

Namun coba Anda bayangkan ilustrasi berikut ini.

Anda seorang gamers. Saat itu Anda sedang main Mobile Legend. Anda satu tim sama orang luar negeri semua.

Dalam permainan Mobile Legend pasti terjadi suatu interaksi dalam tim. Tujuannya ya biar menang.

Nah, bayangkan kalo Anda gak bisa ngomong Inggris. Interaksi gak bakalan terjalin antara Anda dengan tim Anda. Dan kemungkinan besar tim Anda bisa kalah.

Mungkin bisa aja terjalin interaksi, pakai bahasa-bahasa isyarat gamers (enggak tau juga bahasa isyarat/khusus gamers kaya apa, soalnya gak suka nge-game ehehe).

Kesimpulannya kita menjadi tidak maksimal dalam menikmati perkembangan IPTEK jika tidak bisa berbahasa Inggris.

Perkembangan IPTEK juga membawa dampak pada penggunaan media sosial.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. (sumber: kominfo go id)

Baca Juga: 6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (based on True Story)

Banyak juga pengguna medsos yang menjadikan hal tersebut sebagai lahan bisnis. Mereka memasarkan produknya di medsos supaya dibeli banyak orang.

Bayangkan saja kalau ada orang bule tertarik dengan produk Anda kemudian ngechat Anda. Kalo bisa bahasa Inggris si oke oke aja. Tapi kalau enggak ?

"Ya kali ribet amat, Google Translate kan ada".

Sadarlah bahwa tidak semuanya terjemahan dari google translate itu benar. Bisa-bisa nanti Anda rugi jika hanya mengandalkan Google Translate untuk transaksi Anda dengan seorang bule. 

Bukannya mau ngejelekin Google Translate, tapi inilah kenyataan yang sering dirasakan.
Dan saya yakin Anda juga merasa demikian.

Jadi intinya, kalau Anda ingin menikmati teknologi seutuhnya, maka harus menguasai bahasa Inggris.

2. Tuntutan pekerjaan

Siapa sih yang gak pengen kerja di Google? Pasti semua orang pengen dong. Gaji besar, fasilitas mewah, pokoknya idaman banget deh.

Eits, perusahaan sekelas Google tidak hanya butuh orang-orang yang IQ tinggi, attitude bagus, jago programming saja. Persyaratan lain yang harus dipenuhi salah satunya adalah bisa berbahasa Inggris.

Jadi kalo kita gak bisa bahasa Inggris yaa.....bisa Anda simpulkan sendiri.

Perusahaan besar dan modern era sekarang ini sangat mengedepankan orang-orang yang mampu berbahasa Inggris dalam perekrutannya. Adalah benar jika survey membuktikan bahwa hampir 55% perusahaan di Indonesia menuntut karyawannya mampu berbahasa Inggris.
Hal tersebut dimaksudkan untuk menaikkan reputasi perusahaan di mata masyarakat, klien, maupun investor mereka.

Bahasa Inggris juga merupakan bahasa bisnis yang sudah menjadi keharusan untuk dikuasai oleh karyawan suatu perusahaan.

Perusahaan-perusahaan zaman now juga tentunya ingin berekspansi ke luar negeri. Otomatis dalam hal ini terdapat suatu proses negosiasi antara pihak perusahaan dan pihak lain di luar negeri.

Negosiasi dapat berjalan dengan baik jika komunikasi berjalan lancar. Demikian juga sebaliknya.
Hal tersebut tentunya dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan mitra asing.

Kesimpulan dalam kasus ini adalah sangat penting bisa berbahasa Inggris untuk menunjang karir. Jika Anda memiliki cita-cita gaji besar, kerja di ruangan ber-AC, maka harus mampu menguasai bahasa Inggris.

3. Pendidikan

Setiap orang pasti pengen dong sekoah di luar negeri. Apalagi saya, ngebet banget kuliah di luar negeri.

Mulai banyak mahasiswa sekarang yang tertarik melanjutkan kuliahnya di LN. Bahkan kalo boleh saya bilang, kuliah di luar negeri sudah menjadi trend di era modern ini. Banyak alasan yang mendasarinya.

Biar kelihatan pinter, biar lebih berkembang kemampuan berpikirnya, bayangan mendapatkan tempat penting dalam pekerjaannya saat pulang ke Indonesia dan lain-lain.

Sayangnya, untuk kuliah di luar negeri kunci utamanya bisa ngomong bahasa Inggris secara aktif. Bukan hanya ngomong tanpa arti wkwkw.

Wajar saja, bahasa Inggris akan menunjang kelancaran berkomunikasi kita dengan lingkungan nantinya. Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi alat utama dalam kegiatan pembelajaran di LN.
Karena bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar akademik internasional.

Apalagi saat pendaftaran untuk beasiswa kuliah di LN biasanya akan diminta sertifikat TOEFL. Biasanya standar persyaratan masuk perguruan tinggi di LN adalah TOEFL dengan skor minimal 550. Angka yang sangat tinggi ya...namun angka ini adalah angka rata-rata. Ada yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Jadi pastikan kita memiliki keterampilan yang baik dalam berbahasa Inggris.

Itulah 3 hal penting yang melandasi pentingnya menguasai bahasa Inggris menurut Rumah Jendela.. Sebenernya ada banyak sekali alasan mengapa kita harus bisa berbahasa Inggris dengan baik seperti ...

bisa nonton film tanpa subtitle, biar kelihatan keren di mata orang lain (ehehe), biar bisa berlibur kemanapun tanpa masalah dalam komunikasi, bisa bergaul dengan orang di manapun, bisa menjadi guru private bahasa Inggris, buka kursus bahasa Inggris dan masih BUANYAK lagi alasan mengapa harus bisa berbahasa Inggris dengan baik. Alasan-alasan lain dapat Anda simpulkan sendiri menurut pemikiran dan pandangan Anda.

Okee, bahasa Inggris memang suatu hal yang sulit untuk dipelajari. Dari segi tata bahasanya (grammar), pengucapan katanya, bentuk katanya sampai ke penulisan katanya.

Namun, jangan risau. RUMAH JENDELA  akan berusaha memberikan solusinya.

Berikut 17 Tips efektif dalam belajar bahasa Inggris dengan cepat, sukses, dan lancar. Cekidot ...


17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat, Sukses, dan Lancar!


1. Kemauan

Tanpa kemauan yang kuat, Anda pasti akan merasa berat untuk melakukannya. Jadi pastikan Anda memiliki kemauan kuat.

 Buatlah target... Misalnya saya pengin bisa ngomong Inggris karena saya pengin kuliah di US. Jadi dengan adanya target, maka Anda akan terus terpacu untuk belajar.
Seseorang yang punya tujuan, pasti mendapatkan jalan. Seseorang yang hanya jalan, pasti tidak punya tujuan.
Hal inilah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum melangkah ke cara berikutnya.

2. Membaca materi dasar bahasa inggris

Modal utama yang harus kalian lakukan adalah mengerti dasar-dasar bahasa Inggris. Contohnya kalian tahu subjek, objek, kata benda, kata sifat dan sebagainya dalam bahasa Inggris.

Setelah itu, pahami juga grammar dalam bahasa Inggris. Walaupun sudah dipelajari tapi Anda masih bingung, itu gak masalah. Setidaknya Anda pernah belajar.

Selain grammar, hafalin juga penggunaan tenses dalam bahasa Inggris. Walaupun sudah dipelajari tapi Anda masih bingung, itu gak masalah. Setidaknya Anda pernah belajar (2).

3. Mendengarkan lagu bahasa inggris

"Emang bisa dengerin lagu doang jadi jago bahasa Inggris ?"

Pertanyaan itu pasti sempat terlitas di pikiran Anda. Baiklah saya akan mencoba menjelaskan hal ini.

Menurut Susanna Zaraysky, dia mengungkapkan statement bahwa "bahasa adalah musik". Dia juga menyarankan untuk orang-orang yang pengen belajar bahasa asing, banyak-banyaklah mendengarkan lagu.
Baca Juga: 20 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kamu Ketahui!
Jadi dengerin aja lagu-lagu bahasa Inggris sampai hafal dan bisa Anda nyanyiin. Abis itu baru cari tahu maknanya apa, kata-kata ini maksudnya apa.

Selain bakalan dapat kosa kata baru, pronunciation Anda juga bakalan terlatih. Apalagi kalo Anda sudah sangat sering dan terbiasa mendengarkan lagu bahasa Inggris, pasti kemampuan bahasa Inggris Anda secara tidak langsung akan meningkat.

4. Menonton film berbahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris juga salah satu cara efektif untuk belajar bahasa Inggris. Tapi ya jangan pakai subtitle bahasa Indonesia dong.

Nah, selain melalui suara kita juga perlu mengamati mimik muka dan suara dalam berbahasa Inggris. Karena bahasa itu nggak sekedar suara dan kata-kata, tetapi juga bahasa tubuh.

Dengan nonton film, Anda nggak cuma ngamatin kata-kata yang didengar, tapi juga bagaimana cara pengucapannya. Bahasa tubuhnya waktu ngomong itu kaya gimana sih...

Selama nonton film, dilarang keras pakai subtitle bahasa Indonesia. Pakai subtitle boleh aja, asalkan subtitle-nya bahasa Inggris.

Enggak ada gunanya dong kalo mau belajar bahasa Inggris lewat film tapi masih pakai subtitle bahasa Indonesia. 

Itu sama halnya kayak "masuk kuping kanan, keluar kuping kiri", enggak ada yang diserap.

Sambil nonton, Anda juga mencatat kira-kira kata apa saja yang belum Anda tahu, lalu temukan artinya.

5. Sepuluh kata baru setiap hari

Kosa kata bahasa Inggris tentulah sangat banyak. Jadi Anda juga harus memperkaya diri Anda dengan kata-kata bahasa Inggris.

Caranya mudah...

Cukup dengan menemukan 10 kata baru setiap harinya. Setelah menemukan 10 kata baru, carilah makna dan cara pengucapannya.

Angka 10 memang terlihat kecil, namun bayangkan jika Anda melakukannya secara rutin.

Dalam 1 minggu ada 70 kata baru yang kalian dapatkan. Dalam sebulan ada 300 kata baru yang Anda dapatkan. Bayangkan jika Anda secara rutin melakukannya dalam 1 tahun, 3500 kata baru bakalan Anda kuasai.

Jadi mulailah dengan hal sederhana tersebut, niscaya perbendaharaan kata bahasa Inggris Anda akan selalu bertambah. 


6. Membaca buku bahasa Inggris

Buku adalah jendela dunia. Rujend adalah RUMAH JENDELA ..... *&^^%%$%$^$&^

Santai, santai jangan marah-marah dong wkwkwkw

Jadi gini, banyak-banyaklah membaca buku bahasa Inggris. Satu hal yang perlu Anda ketahui, untuk membaca buku berbahasa Inggris itu enggak perlu ngerti isi bukunya. Karena...

...yang kita mau cari itu belajarnya, bukan soal ngerti isi bukunya.

Ketika Anda membaca buku bahasa Inggris, terus nemu kata yang Anda enggak tahu artinya, tandailah kata tersebut. Abis itu kalian cari di kamus artinya, dan pelajari cara pengucapannya.

Nah, jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk membeli buku, jangan khawatir. Banyak banget buku-buku sudah tersedia dalam versi online. Cari saja di mbah Google, pasti akan keluar bermacam-macam pilihan buku yang dapat kalian unduh.

Atau Anda bisa mencarinya di aplikasi iPusnas. iPusnas ini menyediakan buku-buku yang cukup beragam, dan menurut saya sudah cukup untuk Anda belajar bahasa Inggris.

7. Bermain game

Bermain game merupakan salah satu cara mudah untuk mempelajari bahasa Inggris.

Bermain sambil belajar merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif. Selain mendapatkan rasa bahagia juga mendapatkan ilmu. Namun, enggak berarti bermain sambil belajar bisa dilakukan seenaknya begitu saja. Melainkan di dalam metode pembelajaran yang menggunakan metode bermain sambil belajar, di sana terdapat program bermain yang sudah terencana dan terstruktur.

Begitu banyak game yang telah tercipta. Namun, sebagian besar tujuannya hanya untuk hiburan semata tanpa memberikan edukasi.

Tapi diantara begitu banyaknya game yang ada, ternyata ada yang diciptakan selain untuk menghibur, juga untuk mengedukasi tekhusus untuk belajar bahasa Inggris.

Nah, berikut adalah daftar game android yang dapat membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris.

  • Word Match 
  • Observe and Remember
  • Blindfold
  • What's Missing
  • Crossword Puzzle
  • Anagram
  • Simons Says
  • Hangman
Silakan manfaatkan games tersebut untuk memaksimalkan belajar bahasa Inggris Anda.

8. Cari teman ngobrol bahasa Inggris

Sama seperti olahraga, ngomong juga perlu koordinasi otot. Jadi kita butuh latihan ngomong sampai orang lain paham maksud dari omongan kita apa.

Jadi Anda harus ngebiasain diri Anda untuk ngomong bahasa Inggris. Nah, di sinilah peran pentingnya partner. Tapi partner yang Anda ajak ngomong haruslah lebih jago berbahasa Inggris dari Anda.

Jadikanlah partner tersebut seolah-olah akan menjadi orang tua bahasa Inggris Anda.

Ajak partner tersebut ngobrol secara rutin. Dia akan mencoba memahami apa yang Anda omongin akan mengeceknya dengan memberikan pertanyaan kepada Anda memakai bahasa yang Anda mengerti.

9. Masuk forum atau komunitas bahasa Inggris

Cara untuk belajar bahasa Inggris berikutnya adalah dengan ikut komunitas. Gabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan tujuan Anda, yaitu belajar bahasa Inggris.

Komunitas dalam hal ini bisa berbentuk komunitas secara fisik maupun abstrak.

Komunitas fisik berarti komunitas dimana kita bisa bertemu dan berkumpul secara langsung dengan orang lain. Kita dapat saling bertatapmuka, belajar bersama dan saling bertukar pendapat dengan sesama anggota komunitas.
Baca Juga: 8 Cara Presentasi yang Baik dan Tidak Membosankan
Sedangkan komunitas abstrak adalah komunitas berbentuk online. Jadi, kita hanya dapat saling berkomunikasi, belajar dan bertukar pendapat hanya melalui dunia maya. Komunitas ini banyak dijumpai di sosial media seperti facebook, kaskus, line, wa, dan sosial media besar lainnya.

*konsep komunitas fisik dan abstrak ini berasal dari pemikiran saya sendiri, jadi mohon maaf kalo dasar pemikirannya kurang kuat.

Dengan kita berkomunitas juga akan memberikan banyak keuntungan.

Bisa saling melengkapi informasi satu sama lain, bertukar pendapat, dan juga memperbanyak relasi. Jadi dengan ikut dengan komunitas bahasa Inggris, wawasan kalian juga akan bertambah.

10. Ngomong di depan cermin

Ya memang sih terlihat aneh. Bahkan bakalan jadi seperti orang gi*a.

Tapi, berbicara dengan diri sendiri di depan cermin itu akan mempermudah dan membiasakan Anda untuk berbicara dengan orang lain.

Buatlah percakapan antara dua orang, lalu Anda perankan di depan cermin. Perankan masing-masing dengan berbeda karakter.

Jadi dengan sering-sering melakukan percakapan dalam bahasa Inggris di depan cermin, basically akan membiasakan kata-kata dan pengucapan bahasa Inggris memenuhi otak kita. Sehingga, secara tidak langsung jika ada suatu percakapan bahasa Inggris kita dapat meresponnya dengan cepat.

11. Menulis cerita dalam bahasa Inggris

Menulis memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak banyak juga orang yang suka menulis.

Menulis cerita dengan berbahasa Indonesia aja susah, apalagi harus nulis cerita dalam berbahasa Inggris. 

Tapi ingatlah, "seseorang yang sukses, pasti telah melewati susah demi susah dalam hidupnya". Intinya ya kalau kita mau bisa harus berusaha dulu sesulit apapun itu.

Nah, jika anda telah melakukan tips yang ke-5 maka Anda akan merasakan kemudahan dalam menulis. 

Ketika Anda telah memiliki perbendaharaan kata yang banyak, maka menulis berbahasa Inggris bukan lagi menjadi masalah bagi Anda. 

Tapi, tulisan Anda bukanlah tulisan yang tidak terstruktur. Usahakan selalu pakai grammar dan tenses yang baik dan benar. Jadi dengan menulis, Anda bukan hanya bisa mengaplikasikan kosa kata yang telah Anda kuasai, tetapi juga dapat mengaplikasikan penggunaan tenses dalam setiap kalimatnya.

Istilahnya adalah "sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Keterampilan menulis bahasa Inggris juga dapat menjadi tolok ukur kempampuan seseorang berbahasa Inggris. Selain itu, keterampilan menulis bahasa Inggris juga sangat penting untuk dimiliki. Apalagi buat kalian yang pengin sekolah di luar negeri, sangat berguna bagi pengerjaan tugas Anda.

Selain itu kemampuan menulis bahasa Inggris juga penting untuk dunia bisnis. Ketika Anda ingin memasarkan produk Anda ke luar negeri maupun ketika Anda menjalin hubungan bisnis lewat email dengan perusahaan di luar negeri.

12. Pakai Aplikasi

Zaman sekarang teknologi berkembang sangatlah pesat. Hampir semua orang di dunia sudah "tahu" teknologi.

Teknologi sekarang boleh dikatakan sudah menjadi satu kebutuhan. Bahkan, seseorang akan lebih memilih ketinggalan dompetnya dibanding ketinggalan gadget-nya.

Tak bisa dipungkiri memang adanya teknologi sangat membantu kegiatan sehari-hari. Kita bisa berkomunikasi dengan siapapun tanpa jarak dan sekat. Jika bosan, tinggal main game atau lihat postingan di media sosial.

Teknologi sekarang tidak hanya fokus pada kemudahan komunikasi dan hiburan saja, tetapi juga sudah merambah dunia pendidikan.

Inovasi selalu dilakukan. Aplikasi penunjang pembelajaran pun sudah sangat banyak. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut juga sangat mudah dan murah.

Kali ini saya akan merekomendasikan sebuah aplikasi penunjang kegiatan belajar bahasa Inggris Anda.

Aplikasi ini bernama CAMBLY.

Anda bakalan bisa terhubung dan ngobrol langsung sama tutor yang merupakan native speaker dari US, Canada, UK, Australia serta negara-negara lainnya.

Anda juga bisa pilih topik pembahasan tertentu dan melakukan video chat secara private kapanpun.

Untuk mencoba aplikasi ini, Anda tinggal unduh saja di Google Play atau App Store. Nah, setelah daftar, Anda akan mendapat jatah waktu video chat selama 5 menit dengan si tutor. Kalau Anda suka dengan aplikasinya, Anda juga bisa berlangganan. Yaa daripada kamu harus pergi ke luar negeri dan ikut les, mungkin ini bisa jadi alternatif.

13. Mengambil kursus bahasa Inggris

Jika Anda memiliki budget yang cukup, kursus bahasa Inggris dapat menjadi alternatif belajar berikutnya.

Walaupun banyak di luar sana yang menganggap jika kursus itu hanya buang-buang duit saja, tapi menurut saya pandangan tersebut keliru. Anggapan tersebut harus dikembalikan pada keseriusan orang tersebut dalam mengikuti kursus.

Kalau orangnya serius ya hasilnya bagus. Tapi kalau orang ikut kursus bahasa Inggris cuma pengin keliatan keren yaa hasilnya bakalan kurang maksimal...

"Jadi penasaran deh, sebenarnya apa aja sih manfaat kursus bahasa Inggris ?"

Nah, dengan masuk kursus bahasa Inggris, maka Anda akan berada di lingkungan yang memiliki komitmen untuk bisa bahasa Inggris. Selain itu Anda juga akan diberikan materi-materi bahasa Inggris dari mulai dasar sampai tingkatan yang lebih tinggi.
Baca Juga: 6 Manfaat Menulis yang Bakalan Bikin Kamu Pengin Jadi Penulis
Di kelas kursus, Anda juga akan dipaksa untuk mempraktikan keterampilan-keterampilan bahasa Inggris yang sudah Anda kuasai sebelumnya. Keterampilan writing, reading, speaking, and listening dapat Anda praktikan di kelas kursus.

Tempat kursus juga menyediakan tutor bahasa Inggris. Tutor tersebut tentunya akan membantu Anda.

Anda tidak perlu lagi takut salah dalam berbahasa Inggris, karena tutor Anda akan meralatnya dan menjelaskan yang benar.

Pada tempat-tempat kursus, biasanya juga terdapat fasilitas yang memadai. Seperti ruang listening, komik bahasa Inggris, novel bahasa Inggris, ruangan dengan musik bahasa Inggris dan sebagainya yang menjadikan kegiatan bahasa Inggris Anda terasa lebih menyenangkan.

14. Tinggal di negara yang berbahasa Inggris

Ini adalah tips paling ampuh. Kalau Anda tinggal di negara yang berbahasa Inggris, mau tidak mau Anda harus belajar bahasa Inggris dengan ekstra. Karena itulah satu-satunya alat komunikasi yang dapat digunakan di situ. 

Nah, kalau ngomong bahasa Inggrisnya tidak lancar, bisa-bisa Anda tidak makan, tidak bisa beli barang, tidak bisa kerja atau sekolah, dan lain-lain. 

Namun, yang terpenting ketika Anda berada di negara yang berbahasa Inggris adalah ngobrol dengan orang-orang sana. Karena percuma saja kalau tinggal di negara berbahasa Inggris tapi Anda tidak memanfaatkan itu buat rutin ngomong bahasa Inggris.

15. Menjadi sebuah kebiasaan

Kata bijak mengatakan kalau bisa itu karena terbiasa. Yaa, memang betul sih. 

Jago bahasa Inggris memang bukan perkara mudah. Tapi lain ceritanya kalau Anda membiasakan diri Anda untuk berbahasa Inggris. 

Dengan membiasakan berbahasa Inggris, lama kelamaan Anda akan familiar dan terbiasa untuk mengucapkan kata-kata bahasa Inggris. Sehingga tidak ada lagi kata-kata yang susah untuk diucapkan. Semuanya akan berjalan lancar dan mengalir begitu saja. 

Jadi membiasakan diri dengan berbahasa Inggris merupakan cara yang cepat untuk bisa berbahasa Inggris. Buatlah jadwal di mana Anda harus mengunakan bahasa Inggris sepenuhnya. Misal dari jam 15.00 - 16.00 Anda harus menggunakan bahasa Inggris penuh dan sebagainya.

16. Terus berlatih

Meskipun dengan melakukan tips nomor 1-15 Anda sudah menjadi mahir berbahasa Inggris, tapi Anda juga butuh yang namanya latihan.

Latihan akan membuat Anda lebih baik. Maka praktikan terus kemampuan berbahasa Inggris Anda kapanpun dan di manapun. Jangan pernah malu untuk mempraktikkannya.

17. Serahkan dalam doa

Percayalah jika sepintar apapun Anda dan sebesar apapun usaha Anda untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar, tanpa adanya campur tangan Tuhan maka impian Anda untuk lancar bahasa Inggris akan mengalami kendala.

Maka dari itu, mintalah supaya Tuhan selalu memberkati setiap usaha Anda untuk bisa lancar berbahasa Inggris. Niscaya, Tuhan akan permudahkan langkah kalian.

Jangan lupa juga untuk selalu mensyukuri setiap perkembangan yang Anda rasakan ketika belajar bahasa Inggris. Sekecil apapun itu.

Demikianlah 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris versi Rumah Jendela. Semoga dapat menjadi panduan Anda ketika memulai belajar bahasa Inggris.

Jika kalian suka dengan postingan ini silakan share ke teman Anda ataupun ke group chat Anda. Jangan lupa juga untuk LIKE FANSPAGE DAN SUBSCRIBE blog ini, supaya Anda selalu mendapatkan informasi terbaru dan menarik dari blog ini.

Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

0 Response to "17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel