5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas Dalam Kehidupan Sehari-Hari !

Pernahkah Anda merasa malas? Bohong kalau Anda menjawab tidak. Setiap orang pasti pernah memiliki rasa malas dalam hidupnya, bahkan orang yang paling rajin sekalipun pasti pernah mengalami yang rasanya malas. Rasa malas sepertinya sudah menjadi hal yang biasa dalam diri manusia.

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Pengertian Rasa Malas

Malas adalah sebuah kondisi di mana seseorang merasa sulit beranjak dari suatu hal untuk melakukan hal yang lain.

Malas juga merupakan suatu sikap di mana seseorang enggan untuk melakukan sesuatu dan memiliki konsep berfikir yang negatif terhadap sesuatu sehingga tidak memiliki keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Penyebab Rasa Malas


Malas dapat disebabkan oleh berbagai hal. Rasa malas dapat timbul karena disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal atau faktor yang berasal dari diri seseorang itu sendiri maupun faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar diri seseorang.

Faktor internal yang menjadikan seseorang malas biasanya disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut:

1. Kurangnya motivasi dalam diri

Rasa malas dapat terbentuk karena kurangnya motivasi dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Seseorang yang tidak memiliki motivasi akan lebih cepat bosan untuk melakukan sesuatu.

Selain itu seseorang yang kurang motivasi juga akan merasa bahwa apa yang dia lakukan itu kurang memiliki manfaat bagi dirinya.

2. Faktor mood seseorang

Tak bisa dipungkiri memang mood sangat menentukan apakah seseorang semangat untuk melakukan sesuatu atau justru malah akan malas untuk melakukan sesuatu. Setiap orang tentu sering mengalami perubahan mood dalam kehidupannya. Bahkan mood seseorang dapat berubah dalam hal sekejap saja.

Baca Juga: 8 Cara Presentasi yang Baik dan Tidak Membosankan

Sebagai contoh, si Rujend dia bangun pagi dan memiliki semangat yang tinggi untuk pergi ke sekolah dan belajar. Namun, tiba-tiba di jalan saat menuju ke sekolahannya, si Rujend mendapat musibah, yaitu ban sepedanya bocor.
Mood Rujend yang tadinya semangat untuk bersekolah seketika hilang karena hal tersebut.

3. Pemikiran negatif terhadap suatu hal

Seseorang yang memiliki pikiran yang negatif biasanya akan menganggap bahwa suatu hal itu susah untuk dilakukannya.

Orang yang malas biasanya juga menganggap enteng sesuatu hal. Karena menganggap remeh suatu hal, maka seseorang cenderung menunda-nunda pekerjaan. " Ah ini mah gampang, dikerjain sejam aja udah kelar nih tugas ". 

Contohnya adalah seperti demikian. Karena anggapan tersebut, tentu akan menimbulkan rasa malas dalam diri seseorang.

4. Tidak memikirkan konsekuensi

Orang malas juga dapat disebabkan karena tidak memikirkan konsekuensi dari rasa malas itu sendiri. Mereka tidak memikirkan apa yang terjadi jika tugas kelompok tidak selesai, tidak memikirkan jika PR tidak dikerjakan, tidak berfikir jika nilai ujian jelek dan sebagainya. Karena hal tersebut maka seseorang akan merasa " Ah ya udah, nilai jelek gapapa yang penting kan lulus ", analoginya adalah seperti itu.
Faktor-faktor penyebab rasa malas yang timbul dari luar diri seseorang adalah sebagai berikut:

1. Keluarga

Keluarga adalah elemen terpenting dalam membangun mindset seseorang. Seorang akan gampang mencontoh apa yang orang tuanya lakukan dibandingkan dengan apa yang gurunya lakukan di sekolah.

Jika orang tua pemalas, rumah selalu berantakan, rumah jarang disapu dan sebagainya maka secara tidak langsung hal itu akan membangun pola pikir seseorang dalam hal ini seorang anak. Seorang anak akan menganggap jika rumah kotor dan berantakan itu adalah hal yang biasa sehingga dia tidak perlu menyapunya.

2. Lingkungan

Lingkungan juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan seorang memilih untuk malas. Lingkungan yang pemalas akan membangun seorang yang pemalas juga dan berlaku sebaliknya.

3. Pekerjaan terlalu menumpuk

Hal ini merupakan hal yang sering terjadi. Seseorang akan merasa lelah jika pekerjaannya menumpuk. Apalagi jika pekerjaan yang satu belum selesai namun sudah datang lagi pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Karena rasa lelah akibat pekerjaan yang menumpuk tersebut, maka seseorang juga akan merasa keberatan dan cenderung tidak semangat lagi untuk menyelesaikannya.

Cara Mengatasi Rasa Malas

Setiap suatu masalah pasti juga memiliki solusi. Tidak ada masalah dalam dunia ini yang tidak dapat diatasi. Pada kesempatan kali ini, Rumah Jendela akan memberikan lima cara untuk mengatasi masalah rasa malas sebagai berikut:

1. Membangun niat 

Rasa malas akan tergerus jika seseorang memiliki niat yang kuat dalam diri untuk melakukan sesuatu. Jika seseorang memiliki niat, maka orang tersebut juga akan selalu ikhlas untuk melakukan sesuatu, sehingga tidak merasa terbebani. 

Orang yang sudah tertanam niat dalam dirinya untuk menyenangkan orang tuanya melalui nilai ujian, maka orang tersebut akan selalu berusaha keras untuk mendapatkan nilai yang terbaik.
Baca Juga: 6 Manfaat Menulis
Orang yang berniat memiliki otot kuat maka akan sering pergi ke gym secara rutin. Intinya adalah tanamkan niat yang kuat dalam diri tentang sesuatu hal sehingga niat tersebut dapat menstimulus semangat untuk melakukan sesuatu.

2. Membuat tujuan atau target yang jelas

Dengan membuat tujuan apa yang ingin diraih, maka seseorang akan senang untuk melakukan sesuatu. Tujuan akan menjadikan alasan yang kuat bahwa bermalas-malasan adalah hal yang tidak berguna.

Sebagai contoh Rujend ingin membeli sebuah rumah dalam dua tahun yang akan datang, maka Rujend tentunya tidak akan bermalas-malasan untuk bekerja sehingga dala dua tahun mendatang rumah yang dia impikan mampu dibelinya.

Inilah cara kerja manusia, jika seseorang memiliki target, maka otak juga akan meresponnya dalam bentuk semangat dan sebagainya.

3. Membuat reward atau apresiasi terhadap diri sendiri

Manusia akan lebih bersemangat jika mendapatkan suatu apresiasi. Ketika ada sebuah reward maka seseorang cenderung tidak akan merasa malas.

Sebagai contoh, jika kita mendapat nilai 100 dalam ulangan matematika, maka berilah reward terhadap diri kita sendiri, contohnya adala merasa bangga atas pencapaian tersebut.

Yang sering terjadi seringkali reward ini tidak jelas sehingga orang akan malas untuk melakukan sesuatu.

4. Memaksa dan membiasakan diri

Kebiasaan adalah suatu sikap yang tebentuk karena sesuatu hal yang telah dilakukan berulang-ulang.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika seseorang melakukan suatu hal secara terus menerus dalam jangka waktu 21 hari, maka besar kemungkinan hal tersebut akan menjadi kebiasaan dalam hidupnya. 
 
Kebiasaan yang dibangun dalam hal ini adalah kebiasaan yang positif. Jika Anda memiliki rasa malas, maka paksalah diri anda untuk melawan rasa malas tersebut.
Baca Juga: Cerpen Motivasi: Adi Sang Pejuang Mimpi
Contohnya jika kita malas belajar, paksalah diri kita untuk belajar secara rutin setiap harinya walaupun itu hanya 10 menit saja misalnya. Hal kecil ini jika dilakukan secara terus-menerus maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang positif sehingga rasa malas dapat diatasi.

5. Pikirkan konsekuensi yang akan diterima

Seseorang harus memikirkan konsekuensi yang akan diterima jika malas mengerjakan sesuatu.

Seorang murid yang menyadari jika ulangannya jelek maka dia tidak lulus tentu akan belajar dengan tekun.

Seseorang yang tahu jika dia tidak memakai helm maka akan ditilang tentu akan memakai helm. Terapkanlah pemikiran-pemikiran tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga rasa malas tidak akan muncul. 

Demikianlah cara untuk menghadapi rasa malas yang bisa Rumah Jendela bagikan, kiranya bermanfaat bagi Anda yang sedang berjuang untuk menghadapi rasa malas.

Silakan hubungi kami melalui contact yang telah disediakan jika kalian ingin bertanya-tanya secara langsung atau tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa.

0 Response to "5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas Dalam Kehidupan Sehari-Hari !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel