6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (Based on True Story)

6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (Based on True Story) - Yap, benar. Artikel ini akan membahas cara masuk PKN STAN berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Sebelum membahas tentang cara masuk PKN STAN berdasarkan pengalaman pribadi, alangkah lebih baiknya jika kita mengenal tentang Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN. 

Langsung saja simak pengenalan tentang PKN STAN berikut.



Mengenal Politeknik Keuangan Negara STAN


Cara Masuk PKN STAN

Apa Itu PKN STAN?

Politeknik Keuangan Negara STAN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

PKN STAN merupakan lembaga yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma di bidang keuangan negara.
Pendirian PKN STAN ini tentunya memiliki landasan hukum, yaitu berdasarkan Keppres RI No 45 Tahun 1974 jo. Keppres RI No 12 Tahun 1967 serta PMK RI No. 1/PMK/1997 yang disahkan tanggal 18 Februari 1997.

Kampus pada awalnya didirikan tahun 1952, yang pada saat itu masih bernama Kursus Djabatan Ajun Akuntan. Selanjutnya pada tahun 1957 berganti nama menjadi Akademi Pajak dan Pabean.

Baca Juga: 9 Cara Belajar Efektif Ini Bantu Prestasimu Semakin Impresif!

Pada tahun 1959 berganti nama lagi menjadi Sekolah Tinggi Keuangan Negara. Kemudian berdasarkan Keppres No. 167 Tahun 1968 kampus ini berubah menjadi Institut Ilmu Keuangan. Selanjutnya pada tahun 1974 Institut Ilmu Keuangan berubah menjadi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Pada tahun 2015 akhirnya kampus ini berubah nama lagi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Perlu diingat bahwa STAN dalam hal ini sudah menjadi sebuah nama, bukan menjadi sebuah singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Kampus ini merupakan perguruan tinggi kedinasan terfavorit. Hal ini dapat dibuktikan dengan selalu menempati peringkat pertama terkait dengan jumlah pendaftar di level perguruan tinggi kedinasan di Indonesia (Berdasarkan data Panitia Seleksi Nasional/Panselnas).

Ada Jurusan Apa Saja di PKN STAN?

Setelah kita sedikit tahu tentang sejarah Politeknik Keuangan Negara STAN, pasti ada yang bertanya-tanya "Sebenarnya apa saja sih jurusan yang ada di PKN STAN?".

Mari disimak penjelasan mengenai jurusan-jurusan apa saja yang ada di PKN STAN.

Kampus Ali Wardhana (Sebutan khusus bagi kampus PKN STAN) ini memiliki empat jurusan. Keempat jurusan tersebut tentunya sangat berhubungan erat dengan keuangan negara. Rincian jurusannya adalah sebagai berikut:

     1. Jurusan Akuntansi
  • Program Studi Diploma III Akuntansi
  • Program Studi Diploma IV Akuntansi
     2. Jurusan Pajak
  • Program Studi Diploma III Pajak
  • Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan atau bisa disebut Penilai
  • Program Studi Diploma I Pajak
     3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai
  • Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  • Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai
     4. Jurusan Manajemen Keuangan
  • Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara 
  • Program Studi Diploma III Manajemen Aset
  • Program Studi Diploma I Kebendaharaan negara
   Itulah sedikit penjelasan tentang jurusan yang ada di Politeknik Keuangan Negara STAN.

Cara Masuk PKN STAN

Inilah yang ditunggu-tunggu, yaitu gimana cara lulus USM atau masuk PKN STAN dan menjadi mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN.

Sebelum masuk jauh ke materi, Saya mau sedikit bercerita tentang siapa diri Saya. Saya adalah Ginting Praba W mahasiswa Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai Tahun 2017 di PKN STAN.
Baca Juga: 20 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kamu Ketahui!
Saya merupakan lulusan SMK, di mana kehidupan pembelajaran di SMK sedikit tidak sesuai dengan pola belajar Saya (mungkin lebih cocok di SMA). "Lalu kenapa masuk SMK?".

Pertanyaan yang bagus untuk Anda ajukan. Pemikiran saya kala itu adalah setelah lulus dari SMK saya bisa langsung kerja sedangkan jika saya lulusan SMA tidak bisa langsung kerja. 

Pemikiran yang salah tersebut ternyata baru saya rasakan ketika saya kelas 2 SMK. Pada saat itu Saya telah merasakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Saya mengamati bidang yang mungkin ke depannya akan menjadi lapangan pekerjaan saya setelah saya lulus dari SMK. Ternyata dunia kerja terkait dengan jurusan yang Saya ambil di SMK ini tidak sesuai dengan passion Saya.

Titik inilah yang menjadi titik awal Saya berfikir untuk segera mencari-cari perguruan tinggi apa yang cocok dengan pola belajar saya dan setelah lulus bisa langsung kerja. Sampai pada akhirnya saya bertemu dan jatuh cinta dengan PKN STAN. Dengan tekad yang kuat, akhirnya pada tahun 2017 Saya menjadi Mahasiswa PKN STAN.

Itu sedikit cerita singkat perjalanan Saya sehingga bisa menjadi mahasiswa PKN STAN.

Baiklah, supaya tidak terlalu jauh melenceng dari topik pembahasan, berikut saya akan bagikan cara atau tips supaya masuk PKN STAN berdasarkan pengalaman yang telah saya lakukan (based on true story).

1. Masuk PKN STAN Harus Punya Motivasi yang kuat

Motivasi dalam hal ini dapat diartikan juga sebagai niat. Motivasi merupakan cara utama bagi Anda agar bisa menjadi Mahasiswa PKN STAN. Bukan hanya untuk itu saja, motivasi juga merupakan modal utama bagi seseorang untuk melakukan segala sesuatu.

Tanpa adanya motivasi tentunya seseorang akan bermalas-malasan dalam mengerjakan sesuatu. Seseorang yang tidak memiliki motivasi juga tidak akan maksimal dalam melakukan sesuatu.

Dalam hal ini, pastikan bahwa Anda memiliki motivasi/niat yang kuat tentang apa yang membuat Anda ingin masuk PKN STAN.
Baca Juga: 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat, Sukses dan Lancar
Sebagai contoh, motivasi saya masuk PKN STAN dulu adalah ingin membahagiakan orang tua secepat mungkin. Oleh karena itu, saya berjuang mati-matian untuk mencari cara masuk PKN STAN.

Buatlah motivasi/niat yang kuat dalam diri Anda sehingga dalam perjuangan Anda untuk menjadi mahasiswa PKN STAN dapat dijalani dengan penuh semangat dan tanpa beban.

Misal Anda pengin menjadi ASN/PNS, karena di PKN STAN setelah lulus akan menjadi ASN/PNS, maka jadikanlah hal itu sebagai motivasi Anda untuk masuk PKN STAN.

Tanpa adanya motivasi yang kuat, baik itu motivasi intrinsik maupun ekstrinsik saya tidak yakin tuh kalau kalian bisa masuk PKN STAN.

2. Kalau Mau Masuk PKN STAN Harus Fokus

Sesuatu akan berhasil jika kita fokus dalam pengerjaannya. Keterkaitan dengan topik ini ialah jika Anda memang benar-benar ingin menjadi mahasiswa dan masuk PKN STAN maka fokuslah dengan hal-hal yg dapat membawa Anda menjadi mahasiswa PKN STAN.

Anda yang biasanya main game 10 jam setiap hari, kurangilah waktu Anda main game untuk belajar. Anda yang doyan banget nge-mall, kurangilah waktu Anda buat nge-mall, dan gantilah waktu tersebut untuk belajar.
 
Ada cerita juga dari teman Saya namanya Ray, dia punya teman seperjuangan dalam belajar. Si Ray ini memang fokus untuk masuk PKN STAN, dia tidak memikirkan perguruan tinggi lain selain PKN STAN.

Sedangkan temannya (temannya Ray), tidak hanya pengin masuk di PKN STAN tetapi juga pengin masuk di perguruan tinggi yang lainnya. Sehingga, fokus orang tersebut menjadi terbagi. Akhirnya, si Ray sekarang menjadi mahasiswa PKN STAN (sekelas dengan saya) sedangkan temannya tidak lolos masuk PKN STAN.
Baca Juga: 8 Cara Presentasi yang Baik dan Tidak Membosankan
Dari cerita tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa jika kita ingin meraih sesuatu yang ingin kita capai, maka fokuslah terhadap hal tersebut. Jangan membagi fokus kita, karena hal itu justru akan menjadi bumerang bagi kita.

3. Cara Masuk PKN STAN Dengan Berusaha Keras dan Tekun

Percayalah jika semua orang sukses di dunia ini pasti memiliki usaha yang keras dan tekun untuk meraihnya.

Thomas A Edison pernah gagal 10.000 kali sebelum dia akhirnya dapat menemukan lampu. Pada awal berdirinya Microsoft, Bill Gates bekerja 18 jam sehari sebelum akhirnya dia bisa masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Hal itu menunjukan bahwa usaha akan selaras dengan hasil yang akan kita nikmati.
Perbanyaklah berusaha dengan cara sering latihan-latihan soal USM PKN STAN, mulai dari tahun paling awal sampai dengan tahun terbaru.

Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam mengerjakan soal saat ujian nanti. Selain latihan soal, sering-seringlah Anda mengikuti Try Out USM PKN STAN. Semakin sering kita latihan soal dan try out, maka kita akan semakin terbiasa dalam menghadapi soal-soal USM PKN STAN.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin. Misalnya, Saya dulu belajar setiap hari minimal 4 Jam untuk latihan soal USM PKN STAN. Anda juga harus demikian, lakukanlah belajar Anda secara rutin.

4. Masuk PKN STAN Butuh Passion

Cara masuk PKN STAN selanjutnya adalah Passion. Passion atau hasrat menjadi hal sangat penting. Hampir sama dengan motivasi, jika kita melakukan sesuatu tidak sesuai dengan passion kita, pasti pekerjaan tersebut akan terasa sangat berat untuk dilakukan.

Jika kita melakukan hal yang tidak sesuai dengan passion, kita juga akan merasa cepat bosan.

Banyak mahasiswa PKN STAN yang kena Dropp Out hanya karena alasan bukan passionnya kuliah di PKN STAN.

Mereka lebih memilih untuk tidak belajar supaya diDO dari PKN STAN dibanding untuk melanjutkan perkuliahannya di PKN STAN. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki passion untuk kuliah di PKN STAN.

5. Masuk PKN STAN Berkat Restu Orang Tua

Hal ini tentunya sudah menjadi hal yang wajib dipenuhi jika kita akan melangkah. Kemanapun kita akan pergi, apapun yang akan kita lakukan, keputusan apa yang akan kita ambil, haruslah hal itu sesuai dengan restu orang tua.

Ada sebuah cerita, seorang anak muda dari Samarinda ingin sekali masuk di PKN. Dia sudah melakukan usaha apapun untuk menjadi mahasiswa PKN STAN.

Namun, ada satu hal yang menjadi kendala baginya. Kendalanya adalah orang tuanya tidak ingin anaknya pergi keluar kota. Otomatis orang tua tidak merestui jika anaknya kuliah di PKN STAN. Orang tuanya pengin dia hanya kuliah di univ lokal Samarinda.

Meskipun demikian, dia tetap nekad untuk ikut Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN. Hasilnya adalah dia tidak lolos. Hal ini membuktikan bahwa kesuksesan Anda juga harus direstui oleh orang tua Anda.

Jadi, mulai sekarang mintalah restu kepada orang tua Anda supaya bisa masuk PKN STAN.

6. Doa yang Tak Pernah Putus

Cara Masuk STAN selanjutnya adalah dengan berdoa.

Mau sepintar, se-jenius, secanggih, secemerlang apapun otak Anda, mustahil jika Anda akan menjadi mahasiswa PKN STAN tanpa adanya rancangan Tuhan.

Manusia hanyalah bisa merancang dan berusaha, namun Tuhanlah yang menentukan nasib kita. Perbanyaklah berdoa, meminta supaya Tuhan merestui Anda menjadi mahasiswa PKN STAN.

Ada sebuah kata-kata mutiara yang bilang bahwa doa tanpa usaha itu konyol, dan usaha tanpa doa itu sombong. Hal itu memang benar adanya. Setelah Anda berusaha maka doakanlah usaha Anda supaya Tuhan selalu memberkati usaha Anda.

Baca Juga Pembahasan Saya tentang Pengalaman Mengesankan Kuliah di PKN STAN

Demikianlah Cara Masuk PKN STAN versi Rumah Jendela. Semoga postingan ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan apapun itu, silakan tinggalkan di kolom komentar atau hubungi Saya secara langsung di contact yang telah disediakan.

8 Responses to "6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (Based on True Story)"

  1. Kak,tips belajar matematika TPA dong. Krna saya paling susah paham matematika :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik. Terima kasih sudah berkunjung di mari.

      Untuk belajar TPA versi saya adalah sering-sering latihan. Dari pengalaman saya, soal-soal TPA itu dari tahun ke tahun mirip-mirip. Jadi butuh banyak latihan supaya kita dengan sendirinya tahu konsep cara mengerjakannya.

      Semangat terus ya, selalu usaha dan berdoa. Semoga bisa jadi mahasiswa PKN STAN. Amin.

      Delete
  2. Aamiin.. Terimakasih kak tipsnya :)

    ReplyDelete
  3. Kk mw nanyak donk..itu kk bsa lolos masuk stan karna les kh? Atw cmn belajar gtu aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dek dulu kakak ikut bimbel buat masuk stan dek.

      Oiya, buat adek dan temen2 yang lain yang mau tanya2 lebih jauh tentang gimana sih pengalaman kakak bisa masuk stan, dan pengalaman kuliah di stan itu seperti apa. Bisa banget langsung kontak kakak yaaa... Kontak kakak udah tertera di kolom contact di bawah postingan ini yaa...

      Semangat terus adek!!

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel